Jawaban Soal Laihan 4.1 halaman 158 Penyajian Relasi Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Soal Laihan 4.1 halaman 158 Penyajian Relasi Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman158. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Relasi dan Fungsi. Selanjutnya pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Relasi dan Fungsi

Penyajian Relasi

Soal Laihan 4.1

Ayo Berpikir Kreatif

1. Apabila diketahui himpunan A = {2, 3, 4, 6, 8, 10} dan himpunan B = {1, 2, 3, 5}I ;maka kemungkinan relasi antara anggota himpunan A dan B adalah dua kali dari. Hasilnya, himpunan pasangan berurutan dari relasi tersebut adalah {(2,1);(4,2);(6,3);(10,5)}. Dapatkah kalian menemukan setidaknya tiga contoh lebih lanjut dari hubungan antara anggota himpunan A dan B? Hubungan tersebut kemudian ditunjukkan dengan menggunakan diagram panah, koordinat Cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.

Jawaban:

Alternatif hubungannya adalah lebih dari, kurang dari, tiga kali dari, dan lain-lain. Selanjutnya untuk jawaban nomor 1 ini serahkan kepada teman Guru.

2. Berdasarkan diagram berikut ini, bagaimana cara menentukan aturan relasi yang mungkin didapat? Jelaskan.

Jawaban:

Kuadrat dari.

3. Perhatikan dua himpunan berikut.

a. Cobalah identiikasi kemungkinan hubungan antara dua himpunan tersebut.

b. Berdasarkan hubungan tersebut yang telah kalian buat, coba gambar diagram panahnya yang menghubungkan setiap anggota himpunan A ke setiap anggota himpunan B.

Jawaban:

a. nama relasi yang mungkin dari diagram tersebut adalah Ibu kota dari

b. silakan diberikan tanda panah pada diagram di atas: Indonesia → jakarta, Malaysia → Kuala lumpur, Jepang → Tokyo, Filipina → Manila, dan India → New Delh

4. Diketahui Himpunan C = {3.4}; himpunan D = {3,4,5}; dan relasi dari himpunan C ke D adalah “kurang dari”. Nyatakan relasi tersebut dalam tiga cara berikut:

a. Diagram panah

b. Diagram Cartesius

c. Himpunan pasangan berurutan

Jawaban:

a. diagram panah; “serahkan kepada teman Guru”

b. diagram Cartesius; “serahkan kepada teman Guru”

c. Himpunan pasangan berurutan yang dimaksud = {(3,4); (3,5); (4,5)}

5. Apabila relasi himpunan E ke F merupakan “akar dari” dengan diketahui himpunan E = {1,2,3,4,5,6} dan himpunan F = {1,2,4,9,12,16,20,25,36,49}I, maka nyatakan relasi tersebut dengan tiga cara berikut ini:

a. himpunan pasangan berurutan.

b. diagram panah;

c. diagram Cartesius.

Jawaban:

a. Himpunan pasangan berurutan yang dimaksud = {(1,1); (2,4); (3,9); (4,16); (5,25); (6,36)}

b. diagram panah; “serahkan kepada teman Guru”

c. diagram Cartesius; “serahkan kepada teman Guru

6. Tunjukkan hubungan antara dua himpunan di bawah ini dengan menggunakan cara diagram panah, diagram Cartesius, atau himpunan pasangan berurutan.

a. Apabila diketahui himpunan P = {2, 6, 8, 9, 15, 17, 21} dan Q = {3, 4, 5, 7}; maka nyatakan hubungan dari himpunan P ke himpunan Q yang relasinya “kelipatan dari” dengan menggunakan cara diagram panah.

b. Apabila diketahui R = {2, 3, 5, 9, 12} dan S = {1, 4, 7, 10, 13}; maka nyatakan hubungan dari himpunan R ke himpunan S yang relasinya “satu lebihnya dari” dengan menggunakan cara diagram cartesius.

c. Apabila diketahui T = {1, 2, 3, 4, 5, 6} dan U = {3, 4, 5, 6, 8};, maka nyatakan hubungan dari himpunan T ke himpunan U yang relasinya “faktor dari” dengan menggunakan cara himpunan pasangan berurutan

Jawaban:

b. “satu lebihnya dari”; “Selanjutnya serahkan kepada teman Guru”

c. “faktor dari”.

d. Himpunan pasangan berurutan yang dimaksud = {(1,3), (1,4), (1,5), (1,6), (1,8), (2,4), (2,6), (2,8), (3,3), (3,6), (4,4), (4,8), (5,5), (6,6)}

Ayo Berpikir Kritis

7. Apabila diketahui dua himpunan K dan L, yaitu K = {0, 1, 2, 3} dan L = {0, 2, 4, 6, 8}. Tuliskan sebanyak mungkin hubungan yang dapat kalain temukan dari himpunan K ke himpunan L dan nyatakan dalam tiga cara yang telah kalian pelajari.

Jawaban:

“serahkan kepada teman Guru”

8. Perhatikan Gambar berikut.

Berdasarkan pemaparan koordinat pada Gambar di atas, tentukan relasi yang mungkin terbentuk, kemudian nyatakanlah dengan cara Diagram Panah dan Himpunan Pasangan Berurutan.

Jawaban:

“serahkan kepada teman Guru”

9. Doni, Alif, Sinta, Burhan, Durahman, dan Ridlo termasuk enam siswa kelas VIII SMP Merdeka Belajar. Mereka memiliki banyak ukuran sepatu. Doni dan Sinta memakai ukuran sepatu yang sama, yaitu ukuran 38. Alif memakai sepatu ukuran 37. Burhan memakai sepatu ukuran 40. Sementara itu, Durahman dan Ridlo sama-sama memakai sepatu ukuran 39.

a. Nyatakanlah dengan cara Diagram Panah yang dapat menghubungkan antara nama siswa kelas VIII SMP Merdeka Belajar dengan ukuran sepatunya.

b. Gunakan koordinat Cartesius untuk menggambar hubungan relasi tersebut.

c. Nyatakanlah dengan cara himpunan pasangan berurutan yang dapat dibentuk hubungan relasi tersebut.

Jawaban:

“serahkan kepada teman Guru”

Ayo Berpikir Kreatif

10. Perhatikan gambar berikut ini.

Candra menyatakan “Meskipun kedua himpunan tidak memiliki satu hubungan di antara mereka, diagram pada gambar di samping ini dapat diklaim sebagai relasi. Hubungannya adalah tidak ada hubungan atau himpunan kosong. Dahlan menyatakan bahwa “Diagram pada gambar di samping ini tidak dapat diklaim sebagai suatu relasi karena dua himpunan tidak ada satu anggota pun yang berpasangan dengan yang lain, namun tetap dianggap sebagai suatu relasi. Sehingga tidak memiliki relasi antara kedua himpunan tersebut”. Pak Mamad mengatakan bahwa pernyataan yang benar adalah milik Candra. Setujukah kalian dengan jawaban Pak Mamad? Apa alasanmu, jelaskan.

Jawaban:

Diagram pada gambar nomor 10 ini bisa dikatakan relasi. Walaupun kedua himpunan tersebut tidak ada satu anggotapun yang memasangkan diantara keduanya, akan tetapi diagram tersebut tetap dikatakan relasi. Relasinya adalah tidak mempunyai hubungan atau himpunan kosong

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Selanjutnya Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *