Jawaban Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu halaman 159 Selat Muria Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

oleh -186 Dilihat

ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu halaman 159 Selat Muria Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 halaman 159. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tema 03 POTENSI EKONOMI LINGKUNGAN. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu

• Bagaimana kedudukan Selat Muria yang menjadi pelabuhan Kerajaan Demak pada saat itu?

Jawaban:

Selat Muria adalah faktor utama dari kejayaan Kerajaan Demak, sebagai jalur perdagangan, transportasi, dan pusat kekuatan maritim. Kedudukan Selat Muria merupakan salah satu jalur transportasi dan juga perdagangan yang ramai dilalui pada masaka Kerajaan Demak. Keberadaan selat Muria pernah menjadikan Kota Demak menjadi kota pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi.

Pembahasan:

Kerajaan Demak mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Trenggono 1521-1546. Semua itu tak lepas dari keberadaan Selat Muria.

Pada masa itu, sebagian wilayah kerajaan Demak berada di lereng Gunung Muria yang masih terpisah oleh Selat Muria dari daratan pulau Jawa bagian utara.

Beberapa wilayah yang kini bernama Pati, Jepara, dan Kudus merupakan beberapa kota yang dulu terpisah dengan pulau Jawa dengan keberadaan Selat Muria.

Kejayaan Demak sebagai kota pelabuhan, sangat didukung oleh keberadaan Selat Muria pada masa itu. Hampir semua kapal dagang yang melintas di perairan utara pulau Jawa akan melintas di Selat Muria.

Selat Muria menjadi salah satu jalur perdagangan dan transportasi laut yang sangat padat di masa kejayaan Kerajaan Demak, sehingga Kota Demak menjadi ramai sebagai kota pelabuhan.

Penduduk yang berada di pulau-pulau utara Jawa, harus melalui Selat Muria jika ingin menuju ke pusat Kerajaan Demak, yaitu kota Demak.

Seperti masyarakat di Pati, Kudus, dan Jepara, selalu menggunakan kapal untuk menyeberang ke kota Demak pada saat melakukan kegiatan perdagangan dan lainnya.

Selain itu, Kerajaan Demak yang sangat terkenal dengan kekuatan maritim, juga tak lepas dari keberadaan Selat Muria.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa Selat Muria adalah faktor utama dari kejayaan Kerajaan Demak, sebagai jalur perdagangan, transportasi, dan pusat kekuatan maritim.

Selat Muria itu sendiri semakin menyempit akibat adanya proses sedimentasi Gunung Muria. Kemudian benar-benar hilang sejak tahun 1657 dan menyatu dengan pulau Jawa.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.