Jawaban Lembar Aktivitas 23 Aktivitas Individu halaman 185 Penyalahgunaan Status Sosial Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

oleh -49 Dilihat

ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 23 Aktivitas Individu halaman 185 Penyalahgunaan Status Sosial Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 halaman 185. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tema 03 POTENSI EKONOMI LINGKUNGAN. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Lembar Aktivitas 23 Aktivitas Individu

• Berikan satu contoh penyalahgunaan status sosial yang dilakukan oleh seseorang!

Jawaban:

Satu contoh penyalahgunaan status sosial yang seseorang lakukan adalah pejabat atau pemimpin daerah yang melakukan korupsi, yaitu mengambil hak milik orang lain yang sifatnya merugikan.

Penjelasanan:

Status sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial, dalam arti lingkungan pergaulan sehari hari, memiliki hak hak serta kewajiban kewajibannya. Manusia hidup secara sosial dan membutuhkan orang lain. Dalam suatu wilayah ada pemimpin yang memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, apabila pemimpin itu tidak melakukan kewajibannya dengan baik dan benar maka ia telah melakukan penyalahgunaan status sosial, seperti melakukan korupsi yaitu mengambil hak milik orang lain, dan perbuatan tersebut merugikan banyak pihak.

• Mengapa Individu cenderung menyalahgunakan status sosialnya?

Jawaban:

Individu cenderung menyalahgunakan status sosialnya karena semakin kuat status sosial seorang individu maka dia akan semakin bebas melakukan tindakan apapun.

Penyalahgunaan wewenang adalah tindakan yang cacat oleh badan atau pejabat pemerintahan, yaitu mereka melaksanakan wewenangnya untuk mencapai tujuan yang berbeda dari tujuan yang seharusnya diberikan wewenang tersebut.

Contohnya ketika kita memiliki jabatan yang tinggi baik di tingkat pemerintahan ataupun swasta kita akan dengan mudah untuk memberikan perintah kepada bawahan, oleh karena itulah jabatan yang tinggi bisa membuat individu lupa diri dan menyalahkan gunakan wewenang atau amanat yang sudah dimandatkan oleh dirinya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.