Jawaban Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Individu halaman 116 Langkah-Langkah Untuk Mencegah Kelangkaan Sumber Daya Alam Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

oleh -277 Dilihat

ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Individu halaman 116 Langkah-Langkah Untuk Mencegah Kelangkaan Sumber Daya Alam Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 halaman 116. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tema 02 KEBERAGAMAN LINGKUNGAN SEKITAR. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Individu

Rencanakan langkah-langkah untuk mencegah kelangkaan sumber daya alam yang ada di sekitar kalian?

Jawaban:

Langkah-Langkah Untuk Mencegah Kelangkaan Sumber Daya Alam

1. Mengelola Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan

Kerusakan alam yang terjadi karena eksploitasi alam yang berlebihan perlu menghentikannya.

Penggunaan sumber daya untuk kebutuhan manusia perlu seimbang dengan melaksanakan pelestarian alam agar sumber daya tetap tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia pada masa yang akan datang.

Misalnya penebangan pohon untuk dimanfaatkan kayunya juga perlu diimbangi dengan penanaman pohon kembali.

2. Meminimalkan Penggunaan Sumber Daya yang Tidak Terbaharukan

Sumber daya alam yang tidak terbaharukan akan habis dan tidak dapat kembali dalam waktu yang cepat.

Sehingga, cara yang dapat kita lakukan adalah penghematan sumber daya. Penghematan sumber daya bertujuan untuk memperpanjang peluang kelangkaan sumber daya yang ada sehingga dapat bermanfaat untuk kehidupan pada masa mendatang.

3. Menggunakan Teknologi yang Tepat Guna

Penggunaan teknologi yang sesuai dapat memaksimalkan hasil produksi. Penggunaan teknologi yang sesuai akan menghasilkan lebih banyak produk.

Sehingga, produk dapat dapat terjual dengan harga yang lebih terjangkau dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Penggunaan teknologi yang sesuai juga akan menghemat bahan baku karena bahan baku yang dimiliki dapat kita olah semaksimal mungkin.

4. Mencari Alternatif Sumber Daya Pengganti

Sumber daya alam yang terbatas seperti minyak bumi, batubara, emas, dan bahan tambang lain akan habis. Ketika sumber daya alam habis maka proses produksi terhenti dan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya.

Menciptakan barang subtitusi merupakan salah satu cara mengatasi sumber daya alam. Sumber daya alam yang berlimpah berguna sebagai bahan pengganti untuk sumber daya yang langka dan hampir habis.

5. Menghemat penggunaan Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam yang jumlahnya terbatas sebaiknya kita gunakan secara bijaksana. Perilaku hemat dan efisien sangat diperlukan untuk menjaga sumber daya alam tetap ada hingga masa yang akan datang. Selain itu pengelolaan Sumber Daya Alam harus dilakukan dengan tepat agar bisa menghasilkan produk yang tepat guna bagi semua masyarakat.

6. Memelihara dan melestarikan Sumber Daya Alam

Memelihara dan melestarikan SDA dapat kita lakukan dengan cara: Penanaman kembali lahan-lahan yang gundul, peremajaan hutan, pembuatan terasering, pembuatan saluran pembuangan air sesuai konturnya dsb.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.