Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 199 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 199 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 halaman 199. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 8 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi. Selanjutnya pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Ayo Cek Pemahaman

A. Amatilah data berikut ini.

Gambar 8.14. Anomali suhu udara Indonesia sepanjang periode data pengamatan sejak 1981-2021
Sumber: BMKG (2021)

1. Berdasarkan data di atas, berapakah suhu udara rata-rata normal untukwilayah Indonesia?

Jawaban:

Berdasarkan informasi pada grafik, suhu rata-rata normal untuk wilayah Indonesia adalah sebesar 26,3°C.

2. Pada tahun berapakah anomali suhu udara rata-rata paling ekstremterjadi di wilayah Indonesia?

Jawaban:

Kenaikan paling ekstrem terjadi di kisaran tahun 1997-1998 dengan nilai peningkatan 1,2°C.

3. Tentukanlah rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Refleksikanlah apa yang telah terjadi di Indonesia dalam kurun waktu tersebut hingga terjadi anomali suhu udara rata-rata didukung dengan data-data dari sumber terpercaya.

Jawaban:

Anomali suhu 10 tahun terakhir

Rata-rata anomali suhu = (0,5+0,8+0,6+0,3+0,2+0,8+0,1+0,3+0,2+0,3)/10 = 0,41oC

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

Kalian telah membaca fakta bahwa es kutub telah banyak mencair. Mengapa informasi tersebut menjadi sangat penting bagi kita? Jelaskan pengaruh mencairnya es kutub terhadap Indonesia. Lengkapi penjelasan Kalian dengan data dan fakta yang Kalian dapatkan dari sumber yang relevan.

Jawaban:

Dampak pencairan es di kutub bagi Indonesia adalah banyaknya daratan-daratan yang hilang, sering terjadi banjir rob di daerah pesisir pantai, terganggunya ekosistem laut, dan lain-lain.

C. Pelajari penjelasan berikut ini.

Para peneliti mencoba melakukan penelitian mengenai pengaruh suhu terhadap jenis kelamin penyu hijau. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa suhu yang lebih hangat menyebabkan menghasilkan lebih banyak penyu betina sedangkan suhu dingin menghasilkan penyu jantan.

1. Tentukanlah benar atau salah pernyataan berikut

Jawaban:

Pernyataan

▶ Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis kelamin penyu. Jawaban: salah

▶ Peneliti akan memberikan berbagai perlakuan suhu yang berbeda saat telur dierami dalam pasir. Jawaban: benar

▶ Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai dasar pembiakan penyu hijau. Jawaban: benar

2. Prediksilah bagaimana jenis kelamin penyu pada tahun ini dibandingkan 20 tahun yang lalu. Mengapa?

Jawaban:

. Lebih banyak betina, jika suhu lingkungan terus meningkat.

D. Simaklah penjelasan berikut ini.

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 372 bencana alam telah terjadi di Indonesia dalam kurun dua bulan terakhir pada tahun 2021.

Dilansir dari antaranews.com, per tanggal 8 Februari 2021, bencana tersebut meliputi 227 kejadian banjir, 66 kejadian puting beliung, 60 kejadian tanah longsor, 7 kejadian gempa bumi dengan magnitudo besar, 7 kejadian gelombang pasang atau abrasi, serta 4 kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Dilansir dari Kompas.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah terjadi 646 gempa bumi terjadi dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat 21 gunung berapi di Indonesia berstatus waspada sepanjang Januari 2021. Jika kita bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, peristiwa yang benar-benar mencolok adalah banjir. Pada Gambar 8.15, terlihat bahwa peningkatan kejadian banjir meningkat secara signifikan di awal tahun 2021.

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa itu bencana hidrometeorologi? Berdasarkan cuplikan berita di atas, uraikanlah jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021.

Jawaban:

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dampaknya  oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameter, seperti peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca ekstrem seperti hujan lebat bersama angin kencang serta kilat atau petir, dan lain sebagainya. Jumlah bencana yang termasuk dalam kategori bencana hidrometeorologi adalah 227 kejadian banjir, 66 kejadian puting beliung, 60 kejadian tanah longsor, serta 4 kejadian kebakaran hutan dan lahan.

2. Perhatikanlah Gambar 8.15, terdapat grafik kejadian banjir dari tahun 2008 hingga Januari 2021 di Indonesia. Menurut Kalian, adakah hubungan antara grafik pada Gambar 8.15 dengan grafik pada Gambar 8.14? Jelaskanlah jawaban Kalian didukung dengan teori dan data terkait yang Kalian dapatkan dari sumber terpercaya.

Jawaban:

Pada tahun 2016, terlihat bahwa terjadi peningkatan suhu dari suhu yang sangat tajam berbanding lurus dengan banyaknya peristiwa banjir yang sedikit, yaitu 72 kejadian banjir.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *