Samsung Innovation Campus (SIC)

Guru perlu melek digital untuk menghasilkan lulusan SMK yang berkualitas, terampil, dan siap kerja

Program pelatihan dan pengembangan keterampilan digital untuk guru dan siswa SMK Kampus Inovasi Samsung (SIC) – Batch 3 – 2021/2022 baru saja selesai programini Training of Trainer (ToT) dengan memberikan pelatihan guru untuk membangun keterampilan pengkodean dan pemrograman sebaik meningkatkan keterampilan digital. Program ToT merupakan salah satu prioritas SIC yang akan mendukung rencana pemerintah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja yang siap menghadapi tantangan Industri 4.0 yang berfokus pada pemaksimalan penggunaan media digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperkirakan 60% guru memiliki keterbatasan pengetahuan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Keterbatasan ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang dapat mempengaruhi target pemerintah 9 juta1 talenta digital pada tahun 2030 mempersiapkan Industri 4.0.

Mendukung keterampilan digital melalui pemanfaatan teknologi bertujuan untuk meningkatkan kemajuan pendidikan, yang kemudian akan mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Data yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan potensi ekonomi digital Indonesia tertinggi di Asia Tenggara dan akan mencapai US$70 miliar pada 2021.2 dan diperkirakan mencapai $146 miliar pada tahun 2025. Samsung mempersiapkan kaum muda untuk dunia kerja melalui Samsung Innovation Campus (SIC) sebagai inisiatif kewarganegaraan perusahaan dengan menanamkan keterampilan digital dasar dalam pelatihan kejuruan. program SIC dipanggang 1.000 siswa dan 150 guru dari 70 sekolah yang tersebar di 38 SMK dan 32 MA/MAK mengikuti kegiatan yang ketiga ini di seluruh wilayah Indonesia.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia menyampaikan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan, mewujudkan penggunaan teknologi yang tepat dalam pendidikan. “Guru memainkan peran yang sangat penting dalam mengembangkan tenaga kerja digital yang terampil di bidang TI. SIC tidak hanya meningkatkan keterampilan guru, tetapi juga mendukung keterampilan TI siswa. Keterampilan seorang guru dan ahli TIK yang baik akan sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran, yang secara langsung akan mempengaruhi kualitas siswa. Keahlian fakultas menentukan pemenuhan misi kami, yaitu menghasilkan tenaga kerja yang terampil, terampil dan siap menghadapi tantangan Industri 4.0. Melalui program ToT kelompok Pada acara ketiga yang dihadiri oleh 150 guru, kami percaya SIC dan ToT adalah langkah awal untuk memenuhi misi ini.”

Program ToT ini menitikberatkan pada penyiapan sumber daya manusia dengan mengutamakan penyediaan infrastruktur agar setiap elemen di lingkungan pendidikan dapat beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi. Program ini mencakup pembekalan guru dan pelatihan tentang teknik pemrograman coding dan pemrograman menggunakan materi dasar coding/pemrograman Python/IoT.

Proses pelatihan ToT Pelatihan kelompok Yang ketiga meliputi pelatihan inovasi berupa:

  • Lokakarya inovasi dan moderasi

Pelatihan Guru yang Inovatif untuk mempersiapkan guru untuk keterampilan inovasi yang penting.

pengarahan online kursus LXD, manajemen proyek, motivasi dan regulasi diri untuk guru.

Salah satu guru yang mengikuti program Pelatihan Pelatih Samsung Innovation Campus (SIC) adalah Pak Tresna Yogaswara, Guru di SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat. Dia merasakan manfaat nyata dari pelatihan yang dia ikuti sebagai bagian dari program ToT. “Program ToT sangat kami hargai karena program ini merupakan solusi bagi siswa SMKN 1 Cimahi khususnya jurusan elektronika yang membutuhkan ilmu yang benar-benar terapan. Sejak SIC diperkenalkan di sekolah kami, guru dan siswa menjadi lebih antusias dalam belajar dan mengajar.” Pak Tresna tertarik untuk mengikuti dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menyediakan bahan ajar yang relevan dengan kebutuhan perkembangan saat ini.

Samsung Innovation Campus diluncurkan pada tahun 2019 dan sejauh ini telah menerapkan berbagai program untuk meningkatkan keterampilan guru dan siswa dengan mengacu pengkodean dan pemrograman di sekolah Samsung membangun. SIC bermitra dengan Skilvul, platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten instruksional keterampilan digital, dengan memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital sesuai dengan kebutuhan industri yang berkembang. Sebanyak 189 guru telah berpartisipasi sejak awal program ini. Pelatihan guru dalam program SIC diberikan kepada guru yang siswanya lulus seleksi untuk mengikuti program tersebut. Guru pendamping dan siswa terpilih menerima manfaat, termasuk pelatihan free internet grant, sertifikat keikutsertaan dan hadiah gadget untuk peserta Bootcamp Pengkodean Terbaik. Pelatihan berlangsung sesuai dengan model pembelajaran campuran metode “pembelajaran campuran”, yang merupakan kombinasi metode on line dan offline sebagai metode pembelajaran jarak jauh yang efektif. Inisiasi SIC adalah bagian darinya Tanggung jawab sosial perusahaan oleh Samsung Indonesia.

Lebih tentang Tanggung jawab sosial perusahaan Samsung, lihat di bawah http://csr.samsung.com.

1 https://kominfo.go.id/content/detail/29630/sekjen-kominfo-kolaborasi-push-perkembangan-talenta-digital/0/sorotan_media

2 Nilai ekonomi digital Indonesia US$70 miliar, tertinggi di Asia Tenggara (kemenkeu.go.id)

You May Also Like

About the Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.