Perjalanan Karier Sepak Bola Cristiano Ronaldo

oleh -93 Dilihat

Ohgreat.id-Kali ini ohgreat akan membahas dunia olahraga di dalam maupun luar negeri. Pada Kesempatan ini kami akan menyajikan berita seputar Sepak Bola Bintang Ternama Yaitu Cristiano Ronaldo. Semoga sajian ini menambah wawasan anda dalam dunia sepak bola.

Perjalanan Karier Sepak Bola Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir pada 5 Februari 1985. Sebagai seorang anak, Ronaldo bermain untuk Andorinha 1992-1995, di mana ayahnya adalah kit man, dan kemudian menghabiskan dua tahun dengan Nacional. Pada tahun 1997, pada usia 12, ia menjalani uji coba tiga hari dengan Sporting CP, yang mengontraknya dengan biaya £1.500. Dia kemudian pindah dari Madeira ke Alcochete, dekat Lisbon, untuk bergabung dengan akademi muda Sporting. Pada usia 14, Ronaldo percaya dia memiliki kemampuan untuk bermain semi-profesional dan setuju dengan ibunya untuk menghentikan pendidikannya untuk fokus sepenuhnya pada sepak bola.

Perjalanan karier sepak bolanya, CR7 (julukan Cristiano Ronaldo) telah beberapa kali berpindah tim. Nah, berikut adalah kisah perjalanan karier Cristiano Ronaldo dari awal masuk ke dunia sepak bola profesional, hingga seperti sekarang ini:

1. Sporting Lisbon (2002-2003)

Cristiano Ronaldo mengawali karier sepak bola profesionalnya melalui klub sepak bola Sporting Clube de Portugal (Sporting CP), atau biasa disebut sebagai Sporting Lisbon. Sebenarnya, Ronaldo sudah memulai kariernya di Sporting Lisbon sejak 1997 sebagai pemain Sub-15.

Saat bersama Sporting Lisbon selama satu musim, Ronaldo berpartisipasi dalam 31 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 6 assist.

2. Manchester United (2003-2009)

Melihat bakat yang dimiliki Cristiano Ronaldo, pelatih Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson, tertarik untuk membawanya ke tim. Dilansir dari Transfermarkt, Manchester United berhasil membawa Cristiano Ronaldo dengan biaya Rp330,25 miliar.

Kariernya bersama klub “Setan Merah” tersebut bertahan selama enam musim, dengan 292 pertandingan serta 118 gol.

3. Real Madrid (2009-2018)

Setelah cukup mengukir prestasi di Manchester United, salah satu klub Spanyol terbesar, yakni Real Madrid, tertarik untuk meminang CR7 ke dalam klub. Pada 2009, Manchester United sepakat untuk melepas Ronaldo ke Real Madrid dengan biaya sebesar Rp1,63 triliun, menjadikannya sebagai pemain termahal kala itu.

Selama sembilan musim, CR7 berhasil bersinar sebagai bintang lapangan dengan ikut serta dalam 438 pertandingan serta mencetak sebanyak 450 gol dan 132 assist. Ia juga menyumbangkan sebanyak 16 trofi bersama dengan Los Blancos.

4. Juventus (2018-2021)

Perjalanan karier Cristiano Ronaldo berlanjut ke Liga Italia. Ia dipinang oleh Juventus dengan biaya mencapai Rp2 triliun.

Dalam klub “Si Nyonya Tua” tersebut, Ronaldo menyumbangkan 101 gol dan 22 assist dalam 134 pertandingan. Ia juga membantu Juventus untuk meraih trofi Liga Italia sebanyak empat kali.

5. Manchester United (2021-2022)

Pada 2021, Manchester United kembali mendatangkan CR7. MU menggelontorkan dana sebesar Rp295 miliar untuk membawa Ronaldo kembali dari Juventus.

Sayangnya, karier Ronaldo di Manchester United tidak secemerlang dulu. Melalui kesepakatan bersama, kontrak Cristiano Ronaldo berakhir sebelum waktunya.

Saat ini, Ronaldo sedang berstatus without club atau tidak tergabung dengan klub sepak bola manapun. Namun, dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022 lalu, Ronaldo menjadi kapten dari timnas Portugal. Namun sayang, Portugal harus gugur pada tahap perempat final setelah dikalahkan oleh timnas Maroko dengan skor 1-0.

6. Al Nassr (2023 – Sekarang)

Pada tanggal 1 Januari 2023, Cristiano Ronaldo bergabung dengan Al Nassr setelah cerai dengan Manchester United. Bersama Al Nassr, Ronaldo akan menerima bayaran sebesar 200 juta euro atau sekitar Rp3,33 triliun per tahunnya.

Selain itu, ia dikontrak selama 2,5 tahun dan menjadi duta untuk membantu pencalonan Arab Saudi bersama Mesir dan Yunani menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Setelah resmi bergabung dengan Al Nassr, CR7 langsung membawa efek sangar untuk kolektor 9 gelar Liga Arab Saudi itu.

Cristiano Ronaldo sedang berada dalam performa terbaiknya bersama Al Nassr. Pada empat laga terakhir di Saudi Pro League, Ronaldo selalu terlibat dalam 10 dari 11 gol yang dicetak Al Nassr.

Ronaldo sempat kesulitan pada awal karier bersama Al Nassr. Pemain 38 tahun gagal mencetak gol pada dua laga awalnya di Al Nassr. Performa Ronaldo dinilai masih jauh dari harapan. Selanjutnya, Ronaldo tampil luar biasa ketika Al Nasser menang 4-0 lawan Al Wehda (10/2/2023). Eks pemain Real Madrid itu memborong semua gol Al Nassr. Ya, Ronaldo mencetak quattrick alias empat gol dalam satu laga.

Selanjutnya, saat Al Nassr berjumpa Al Taawon (17/2/2023), Ronaldo gagal bikin gol. Namun, dia membuat dua assist dan Al Nassr menang 2-1. Paling baru, Ronaldo bikin hattrick ke gawang Damak pada laga Sabtu (25/2/2023) malam WIB. Sampai sekarang CR 7 telah mencentak 8 Gol dan 2 Assist dari 4 Laga.

 

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.