ohgreat.id-Pengayaan Halaman 168 Mengenal Salat Jumat Duha dan Tahajud Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 halaman 168. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 9 Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud
Pengayaan
Pilihlah kegiatan pengayaan berikut!
1. Hafalkan surah-surah pilihan berikut!
a. Q.S. asy-Syams/91
b. Q.S. ad-Duha/93
2. Hafalkan doa sesudah salat pilihan berikut!
a. Doa sesudah salat Duha
b. Doa sesudah salat Tahajud
3. Tunjukkan hafalanmu di depan gurumu!
4. Pelajari lebih lanjut salat taţawwu’ seperti salat Witir.
Pembahasan :
Hafalkan surah-surah
Al-Qur’an Surat Asy-Syams
وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَاۖ ١
Wasy-syamsi wa ḍuḥāhā (QS. 91:1)
Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, (QS. [91] Asy-Syams: 1)
وَالْقَمَرِ اِذَا تَلٰىهَاۖ ٢
Wal-qamari iżā talāhā (QS. 91:2)
Dan bulan apabila mengiringinya, (QS. [91] Asy-Syams: 2)
وَالنَّهَارِ اِذَا جَلّٰىهَاۖ ٣
Wan-nahāri iżā jallāhā (QS. 91:3)
Dan siang apabila menampakkannya, (QS. [91] Asy-Syams: 3)
وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىهَاۖ ٤
Wal-laili iżā yagsyāhā (QS. 91:4)
Dan malam apabila menutupinya, (QS. [91] Asy-Syams: 4)
وَالسَّمَاۤءِ وَمَا بَنٰىهَاۖ ٥
Was-samā`i wa mā banāhā (QS. 91:5)
Dan langit serta pembinaannya, (QS. [91] Asy-Syams: 5)
وَالْاَرْضِ وَمَا طَحٰىهَاۖ ٦
Wal-arḍi wa mā ṭaḥāhā (QS. 91:6)
Dan bumi serta penghamparannya, (QS. [91] Asy-Syams: 6)
وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰىهَاۖ ٧
Wa nafsiw wa mā sawwāhā (QS. 91:7)
Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), (QS. [91] Asy-Syams: 7)
فَاَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰىهَاۖ ٨
Fa al-hamahā fujụrahā wa taqwāhā (QS. 91:8)
Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. (QS. [91] Asy-Syams: 8)
قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ ٩
Qad aflaḥa man zakkāhā (QS. 91:9)
Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, (QS. [91] Asy-Syams: 9)
وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ ١٠
Wa qad khāba man dassāhā (QS. 91:10)
Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (QS. [91] Asy-Syams: 10)
كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ بِطَغْوٰىهَآ ۖ ١١
Każżabaṡ ṡamụdu biṭagwāhā (QS. 91:11)
(Kaum) Tsamud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas, (QS. [91] Asy-Syams: 11)
اِذِ انْۢبَعَثَ اَشْقٰىهَاۖ ١٢
Iżimba’aṡa asyqāhā (QS. 91:12)
Ketika bangkit orang yang paling celaka di antara mereka, (QS. [91] Asy-Syams: 12)
فَقَالَ لَهُمْ رَسُوْلُ اللّٰهِ نَاقَةَ اللّٰهِ وَسُقْيٰهَاۗ ١٣
Fa qāla lahum rasụlullāhi nāqatallāhi wa suqyāhā (QS. 91:13)
Lalu Rasul Allah (Saleh) berkata kepada mereka: (“Biarkanlah) unta betina Allah dan minumannya”. (QS. [91] Asy-Syams: 13)
فَكَذَّبُوْهُ فَعَقَرُوْهَاۖ فَدَمْدَمَ عَلَيْهِمْ رَبُّهُمْ بِذَنْۢبِهِمْ فَسَوّٰىهَاۖ ١٤
Fa każżabụhu fa ‘aqarụhā fa damdama ‘alaihim rabbuhum biżambihim fa sawwāhā (QS. 91:14)
Lalu mereka mendustakannya dan menyembelih unta itu, maka Tuhan mereka membinasakan mereka disebabkan dosa mereka, lalu Allah menyama-ratakan mereka (dengan tanah), (QS. [91] Asy-Syams: 14)
وَلَا يَخَافُ عُقْبٰهَا ࣖ ١٥
Wa lā yakhāfu ‘uqbāhā (QS. 91:15)
Dan Allah tidak takut terhadap akibat tindakan-Nya itu. (QS. [91] Asy-Syams: 15)
Al-Qur’an Surat Ad-Duha
وَالضُّحٰىۙ ١
Waḍ-ḍuḥā (QS. 93:1)
Demi waktu matahari sepenggalahan naik, (QS. [93] Ad-Duha: 1)
وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ ٢
Wal-laili iżā sajā (QS. 93:2)
Dan demi malam apabila telah sunyi (gelap), (QS. [93] Ad-Duha: 2)
مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ ٣
Mā wadda’aka rabbuka wa mā qalā (QS. 93:3)
Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu. (QS. [93] Ad-Duha: 3)
وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ ٤
Wa lal-ākhiratu khairul laka minal-ụlā (QS. 93:4)
Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan). (QS. [93] Ad-Duha: 4)
وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ ٥
Wa lasaufa yu’ṭīka rabbuka fa tarḍā (QS. 93:5)
Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas. (QS. [93] Ad-Duha: 5)
اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ ٦
A lam yajidka yatīman fa āwā (QS. 93:6)
Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu? (QS. [93] Ad-Duha: 6)
وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ ٧
Wa wajadaka ḍāllan fa hadā (QS. 93:7)
Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. (QS. [93] Ad-Duha: 7)
وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ ٨
Wa wajadaka ‘ā`ilan fa agnā (QS. 93:8)
Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. (QS. [93] Ad-Duha: 8)
فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ ٩
Fa ammal-yatīma fa lā taq-har (QS. 93:9)
Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. (QS. [93] Ad-Duha: 9)
وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ ١٠
Wa ammas-sā`ila fa lā tan-har (QS. 93:10)
Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya. (QS. [93] Ad-Duha: 10)
وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ ࣖ ١١
Wa ammā bini’mati rabbika fa ḥaddiṡ (QS. 93:11)
Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan. (QS. [93] Ad-Duha: 11)
Hafalkan doa sesudah salat
Doa sesudah Sholat Dhuha
Usai melaksanakan sholat dhuha, bisa dilanjutkan dengan amalan lain seperti dzikir, tahmid atau berdoa kepada Allah SWT.
Berikut bacaan doa sholat dhuha lengkap beserta artinya:
اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.”
Doa sesudah salat Tahajud
Doa setelah sholat tahajud dibaca usai melaksanakan sholat tahajud, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim berikut ini:
اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Bacaan latin: Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq Wa liqâ’uka haq Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu Wa alaika tawakkaltu Wa ilaika anabtu Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a’lantu, wa mâ anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.
Artinya:
“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”
Salat taţawwu’ seperti salat Witir
Sholat tathawwu adalah ibadah yang dikerjakan seorang mukalaf selain sholat wajib dan sunnah. Menurut Syeikh Abdurrahman Al-Jaziri dalam buku Kitab Shalat Empat Mazhab, sholat ini juga kerap disebut tambahan sholat fardhu tetapi tidak wajib.
Secara bahasa, tathawwu adalah apa yang dilakukan seorang muslim atas dorongan diri sendiri yang tidak diwajibkan. Kata tathawwu ini bersinonim dengan kata nafilah yang berarti sunnah seperti yang dilansir dari kitab Al Qaasamuusul Muhiith.
Rasulullah SAW pernah menyebutkan keutamaan sholat tathawwu yang dapat menutupi kekurangan dari sholat fardhu tersebut. Dari Abu Hurairah, dia berkata Rasulullah bersabda,
إن أول ما يحاسب الناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة قال يقول ربنا عزوجل لملائكته وهو أعلم انظروا في صلاة عبدي أتمها أم نقصها فإن كانت تامة كتبت له تامة وإن كان انتقص منها شيئا قال انظروا هل لعبدي من تطوع ؟ فإن كان له تطوع قال أتموا لعبدي فريضته من تطوعه ثم تؤخذ الأعمال على ذاكم
Artinya: “Amal perbuatan manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat kelak adalah shalat. Allah berfirman kepada para malaikat, karena Dia yang lebih mengetahui: ‘Periksalah shalat hambaKu itu, apakah ia menyempurnakannya atau menguranginya?’ Jika shalatnya itu sempurna maka ditetapkan baginya sebagai shalat yang sempurna dan jika ia kurangi sedikit di dalam melakukannya, maka perhatikanlah, apakah hambaKu itu mengerjakan shalat tathawwu? Jika ia melakukan shalat tathawwu, maka sempurnakanlah shalat fardhu hambaKu yang kurang itu dengan shalat tathawwu yang dikerjakannya.’ Selanjutnya seperti itulah amal fardhunya yang lain diperlakukan (yang sunnah dijadikan penyempurna bagi yang wajib).” (HR Abu Dawud).
Sholat tathawwu juga telah dijelaskan dalam firman Allah melalui QS Al Baqarah ayat 184,
فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ
Arab latin: fa man taṭawwa’a khairan fa huwa khairul lah, wa an taṣụmụ khairul lakum
Artinya: “Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (tathawwu), maka itu lebih baik baginya.”
Shalat Witir
Witir adalah sholat sunah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim. Sholat sunah ini dilakukan pada waktu setelah melaksanakan sholat Isya hingga terbit fajar atau menjelang adzan subuh. Sholat witir juga menjadi penutup bagi sholat malam.
Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah SAW pun menganjurkan umat Islam untuk menunaikan sholat witir. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
عَنْ أَبي نضرة عَنْ أبي سَعِيدٍ الحذري أنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قالَ أَوْتِرُوا قَبْلَ أَنْ تُصْبِحُوا
Artinya: “Sholat witirlah kalian sebelum tiba waktu subuh.” (HR Muslim).
Sholat witir juga menjadi bagian dari sholat rawatib yang memiliki keutamaan lebih dari sholat sunah lainnya.
Jumlah rakaat pada sholat witir harus berjumlah ganjil, paling sedikit yaitu satu rakaat dan paling banyak sebelas rakaat. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tata caranya.
Surat yang dianjurkan untuk dibaca pada rakaat pertama sholat witir setelah Al-Fatihah, yaitu surat Al-A’la. Sementara di rakaat yang kedua dianjurkan untuk membaca surat Al-kafirun, lalu rakaat yang ketiga surat Al-Ikhlas.
Anjuran ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَةِ الْأَوْلَى بِ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى، وفي الثانية بِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَفِي الثَّالِثَةِ بِ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، وَالْمُعْوَذَتَيْنِ
Artinya: “Rasulullah melakukan sholat witir tiga rakaat setelah Isya. Pada rakaat pertama membaca surat Al-A’la, rakaat kedua membaca surat Al-Kafirun, dan rakaat ketiga membaca surat Al-Ikhlas.” (HR At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).
Sholat witir disunnahkan untuk dikerjakan di awal malam hari bagi orang yang tidak yakin dapat terbangun sebelum fajar. Akan tetapi, sebagaimana diriwayatkan oleh banyak perawi dalam sebuah hadits, sholat witir lebih utama jika dikerjakan di sepertiga malam terakhir.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***