ohgreat.id-Jawaban Rajin Berlatih Halaman 270 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 halaman 270. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Rajin Berlatih
I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.
1. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Banyak pelajar datang ke Baghdad untuk belajar di bayt al-ḥikmah
(2) Banyak perpustakaan didirikan di kota-kota besar di seluruh wilayah Abbasiyah
(3) Banyak bangsawan Abbasiyah yang belajar ke luar negeri untuk mengembangkan bayt al-ḥikmah
(4) Perkembangan ilmu pengetahuan dipengaruhi oleh tradisi literasi yang kuat di wilayah Abbasiyah
Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)
B. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
Jawaban: B. (1), (2), dan (4)
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Dinasti Abbasiyah sudah memiliki rumah sakit untuk merawat orang sakit
(2) Rumah sakit Abbasiyah memiliki perpustakaan medis dan tempat kursus kedokteran
(3) Banyak ilmuwan Abbasiyah yang tertarik karya-karya terjemahan pengobatan Yunani
(4) Rumah sakit Abbasiyah baru melayani pasien laki-laki dari para bangsawan Abbasiyah
Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ….
B. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)
A. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
Jawaban: A. (1), (2), dan (4)
3. Perhatikan narasi berikut!
Ia adalah seorang ilmuwan pada masa Dinasti Abbasiyah. Ia dikenal sebagai seorang dokter. Karya bukunya yang berjudul “al-Qānūn fi al-Ṭibb” dijadikan sebagai teori dasar kedokteran yang dipelajari oleh mahasiswa kedokteran di seluruh dunia.
Sosok yang dimaksudkan pada narasi adalah ….
A. Ali al-Tabari C. Al-Majusi
B. Al-Razi D. Ibnu Sina
Jawaban: D. Ibnu Sina
4. Perhatikan tabel berikut!
Pasangan ilmuwan dan inspirasinya yang betul adalah ….
A. 1-B, 2-A, 3-C, 4-D C. 1-C, 2-A, 3-C. 4-D
B. 1-B, 2-C, 3-D, 4A D. 1-C, 2-D, 4-A, 3-B
Jawaban: B. 1-B, 2-C, 3-D, 4A
5. Perhatikan tabel berikut!
Pasangan ilmuwan dan karyanya yang tepat adalah ….
A. 1-C, 2-D, 3-A, 4 B C. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A
B. 1-C, 2-D, 3-B, 4-A D. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B
Jawaban: C. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A
6. Perhatikan narasi berikut!
Ilmu ini membidangi segi-segi formal peribadatan dan hukum dalam Islam. Selanjutnya Ilmu ini mempelajari tentang pemahaman mengenai pelaksanaan hukum Islam, baik dalam hal ibadah maupun muamalah, yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad Saw.
Ilmu yang dimaksud pada narasi tersebut adalah ilmu …
.A. Kalam C. Fikih
B. Hadis D. Tafsir
Jawaban: C. Fikih
7. Perhatikan tabel berikut!
Pasangan ilmuwan dan bidang ilmu yang tepat adalah ….
A. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D C. 1-D, 2-B, 3-C, 4-A
B. 1-A, 2-C, 3-B, 4-D D. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A
Jawaban: B. 1-A, 2-C, 3-B, 4-D
8. Perhatikan narasi berikut!
Kitab ini merupakan kitab akhlak. Isinya tentang ilmu jiwa. Selanjutnya Kitab berfungsi sebagai peletak dasar ilmu jiwa agama. Kitab ini disusun oleh Imam al-Ghazali.
Kitab yang dimaksud pada narasi adalah ….
A. Al-Qānūn fi al-Ṭibb C. Al-Aḥkam al-Sulṭāniyyah
B. Jamī’ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān D. Ihyā’ ulūm al-dīn
Jawaban: D. Ihyā’ ulūm al-dīn
9. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Pada awal masa Dinasti Abbasiyah, ilmu tafsir masih menjadi bagian ilmu hadis.
(2) Ilmu tafsir adalah ilmu yang dikembangkan untuk memahami isi kandungan al-Qur’an.
(3) Kitab tafsirnya berjudul Jamī’ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān merupakan kitab tafsir pertama yang cukup lengkap.
(4) Kitab tafsirnya berjudul Jamī’ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān ditulis oleh ahli tafsir Ibnu Kasir
Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)
B. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
Jawaban: A. (1), (2), dan (3)
10. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Bercerita tentang kisah Raja Syahriar dan permaisuri Syahrazad
(2) Bercerita tentang kehidupan Khalifah Harun al-Rasyid
(3) Bersumber dari Persia kuno berjudul Hazār Afsāna
(4) Kitab ini berjudl Alf Laylah wa-Laylah
Hikayat “1001 malam” ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)
B. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
Jawaban: D. (2), (3), dan (4)
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan umum pada masa Abbasiyah? Bagaimanakah kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern?
Jawaban:
Mengalami perkembangan pesat seperti pada bidang kedokteran, matematika, astronomi, kimia, seni, dan lain-lain. Kontribusinya bermanfaat untuk umat Islam, kemanusiaan, renaisance Eropa, dan dunia dengan melahirkan berbagai macam penemuan di bidang ilmu pengetahuan umum seperti kedokteran, matematika, astronomi, kimia, seni, dan lain-lain.
2. Bagaimanakah perkembangan ilmu pengetahuan agama pada masa Abbasiyah? Bagaimanakah kontribusinya bagi keberagamaan Islam pada saat sekarang?
Jawaban:
Ilmu pengetahuan agama mengalami perkembangan pesat diantaranya, Ilmu Kalam, Ilmu Fikih, Ilmu Akhlak, Ilmu hadis, dan Ilmu Tafsir. Banyak dihasilkan buku-buku karya ilmuwan muslim di bidang ilmu agama yang terkenal di seluruh dunia.
3. Bagaimanakah kontribusi nilai-nilai kemanusiaan pada masa Bani Abbasiyah terhadap demokrasi di era modern?
Jawaban:
Mengembangkan intraksi sosial yang egaliter. Para penguasa memberikan kesempatan kepada siapapun, untuk berkarya di bidangnya masing-masing. Interaksi sosial yang egaliter menyebabkan munculnya pengakuan terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Salah satunya adalah hak dalam beragama. Para penguasa Daulah Abbasiyah menjamin hak dan kebebasan dalam beragama. Semua orang yang tinggal di wilayah Daulah Abbasiyah memiliki kebebasan untuk memeluk agama dan menjalankan agama sesuai dengan keyakinan masing-masing.
4. Seni apa sajakah yang berkembang pada masa Bani Abbasiyah? Bagaimana kontribusinya terhadap kesenian di era modern?
Jawaban:
Seni yang berkembang pada peradaban Daulah Abbasiyah di antaranya seni arsitektur, patung, lukis, industri, kaligrafi, musik dan sastra. Kontribusi terhadap seni di era modern adalah mewarnai dan menginspirasi pada semua bidang seni yang dikembangkan pada era modern baik di bidang seni arsitektur, patung, lukis, industri, kaligrafi, musik maupun sastra.
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sewaktu belajar sains, Budi membaca sebuah buku yang menyatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan modern berawal dari era pencerahan atau renaisance Eropa. Di buku itu dijelaskan bahwa pada era renaisance itu masyarakat Eropa banyak mempelajari berbagai ilmu pengetahuan dari era Yunani kuno. Dari situlah berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi modern hingga ditemukannya mesin uap yang menjadi tonggak terjadinya revolusi industri.
Bagaimanakah pandangan kalian terhadap buku yang dibaca Budi?
Jawaban:
Buku itu perlu ada yang mengkritisi karena tidak memasukkan informasi tentang peran peradaban Islam masa Bani Abbasiyah sebagai penerjemah buku-buku Yunani ke dalam bahasa Arab sebelum diterjemahkan oleh orang-orang Eropa ke dalam bahasa latin.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***