ohgreat.id-Kali ini, Ohgreat akan membahas tentang Soal CPNS yaitu Mengenai Trick Jitu Menaklukan Soal TKP.
Trick Jitu Menaklukan Soal TKP
Mengenal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan juga menyatakan tanpa melakukan pengolahan, akan tetapi kemampuan berpikir pada tingkat yang lebih tinggi, berupa kemampuan untuk menelaah informasi secara kritis, kreatif, berkreasi, dan mampu memecahkan masalah.
Taksonomi Bloom
Berdasarkan Taksonomi Bloom, tingkat pemikiran dapat mengkategorikan ke dalam beberapa kategori, dengan urutan mulai dari yang rendah sebagai berikut:
1. Mengingat (remember)
2. Memahami (understand)
3. Mengaplikasikan (apply)
4. Menganalisis (analyze)
5. Mengevaluasi (evaluate)
6. Mencipta (create)
Tingkat pemikiran dari no 1 sampai dengan no 3, dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS). Sedangkan tingkat pemikiran no 4 sampai dengan 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Soal HOTS adalah satu cara untuk menguji apakah seseorang bisa menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti, menganalisis, membandingkan, memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif dan sebagainya.
Contoh Soal HOTS TKP
1. Anda adalah seorang customer service di sebuah rumah sakit daerah. Pagi ini ketika sedang sibuk-sibuknya melayani customer lain, seorang ibu-ibu tua mendatangi Anda dan ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya agar sakitnya tidak bertambah parah. Setelah Anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan.
Sikap anda adalah…
a. Menjelaskan secara pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan
b. Menjelaskan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih fokus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda akan membantu ibu tersebut untuk proses pengurusannya
c. Menjelaskan secara perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa yang santun agar sang ibu paham maksud dari apa yang anda jelaskan
d. Meminta sang ibu untuk memanggil salah satu anggota keluarganya agar anda bisa menjelaskan hal tersebut kepadanya…
e. Meminta kepada teman anda yang lebih berpengalaman dalam melayani keluarga pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada.
PEMBAHASAN:
Jawaban D. Topic pelayanan public, indicator daya tanggap pelayanan terhadap masyarakat, memenuhi kebutuhan penerima layanan dan segera mungkin.
Permasalahan pada soal ibu-ibu tua yang tidak paham prosedur penggunaan BPJS untuk rawat inap padahal sudah anda jelaskan bahkan dengan bahasa yang mudah dimengerti tapi sang ibu tetap tidak paham, solusinya adalah menjelaskan kepada anggota keluarga yang lain.
Nilai
A = 2
B = 1
C = 3
D = 5
E = 4
2. Seorang pasien mengeluh karena pelayanan yang diberikan rumah sakit anda bertele-tele. Tindakan yang anda lakukan sebagai kepala bidang pelayanan adalah…
a. Tetap menjaga prosedur untuk menjaga mutu pelayanan
b. Membuka loket pendaftaran lebih awal sehingga pasien lebih cepat tertangani
c. Mengevaluasi masukan pasien, sehingga bila memungkinkan memperpendek prosedur tanpa mengurangi mutu pelayanan
d. Memperbanyak jumlah tenaga administrative dan sebagian pasien dipersilahkan untuk langsung mendaftarkan diri ke poli yang dituju
e. Membuat kotak saran untuk mengevaluasi kinerja dan pelayanan.
PEMBAHASAN:
Jawaban C. Topic pelayanan public.
Terkait prosedur pelayanan yang menurut pasien bertele-tele, kita sebagai pihak rumah sakit harus menerima masukan dari pasien sehingga bisa mengevaluasi apa yang dikeluhkan dan membuat pasien nyaman.
A = 3
B = 2
C = 5
D = 4
E = 1
3. Dalam rangka merayakan ulang tahun anak rekan kerja anda yang sangat dekat dengan anda. Rekan anda mengundang anda dan miminta anda untuk datang ke acara ulang tahun anak nya tersebut yang akan di adakan besok malam di sebuah restoran cepat saji tidak jauh dari kontrakan anda. Anda tahu persis sudah pasti akan diadakan pesta untuk anak-anak yang sangat meriah. Padahal anda sendiri sangat tidak menyukai anak-anak, maka yang anda lakukan…
a. Menelepon dan memohon maaf karena tidak akan hadir dan memberi kado di lain kesempatan
b. Hadir sebentar saja, memberikan kado dan segera pulang untuk menghargai undangannya
c. Datang dengan ekspresi yang tidak menyenangkan karena banyak anak-anak
d. Datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai
e. Tidak datang tanpa konfirmasi apapun karena jika datang anda akan merasa sangat terganggu dengan keberadaan anak-anak.
PEMBAHASAN:
Jawaban D. Topik kemampuan beradaptasi. Indicator kemampuan beradaptasi dengan kondisi lingkungan apapun dan tetap tenang terhadap perubahan hal baru.
Permasalahan undangan pesta anak-anak dan anda sendiri tidak suka anak-anak, sedangkan teman anda mengharapkan anda hadir, maka opsi D di dalam kondisi ini anda dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar anda dengan hadir dan ikut acara sampai selesai anda sudah menghargai teman anda.
A = 3
B = 4
C = 1
D = 5
E = 2
4. Bulan ini anda menerima berbagai macam keluhan dari pelanggan anda terkait pelayanan dari perusahaan terhadap mereka. Sebagai perusahaan yang memberikan layanan anda sudah sepatutnya mengerti akan kebutuhan pelanggan agar mereka tetap menggunakan jasa perusahaan anda, ketika ada seorang pelanggan yang datang menyampaikan keluhannya, yang anda lakukan…
a. Meminta pelanggan tersebut untuk menyampaikan keluhannya
b. Menanyakan keluhan pelanggan tersebut dan menjadikan bagian dari solusi
c. Mendengarkan setiap keluhan yang mask kepada anda dengan seksama
d. Mengatasi keluhan yang masuk dengan tetap tenang dan fokus
e. Mencoba mengerti keluhan pelanggan terhadap perusahaan
PEMBAHASAN:
Jawaban B. Topik orientasi terhadap pelayanan
Memberikan pelayanan terbaik, dan optimal dan cepat tanggap kepada pelanggan serta menyelesaikan keluhan mereka dengan solusi yang terbaik.
A = 2
B = 5
C = 3
D = 4
E = 1
5. Anda bekerja di perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi. Siang ini pimpinan perusahaan akan mengadakan diskusi singkat dengan karyawan dan meminta usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya agar banyak dari customer yang memakai jasa perusahaan anda, sikap anda…
a. Memberikan usulan jika ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali
b. Mengusulkan adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia
c. Mengusulkan agar pada hari libur massal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda
d. Memberikan usulan agar perusahaan menyediakan fasilitas khusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia
e. Mengusulkan agar alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi.
PEMBAHASAN:
Jawaban D. Topik orientasi pada pelayanan. Indicator memberikan pelayanan terhadap pelanggan secara cepat dan mengerti kebutuhan pelanggan tapi disesuaikan dengan SOP perusahaan
Permasalahan ingin meningkatkan pelayanan, opsi D adalah opsi yang paling mungkin dengan memberikan fasilitas khusus kepada golongan ibu hamil, menyusui dan lansia agar merasa nyaman pada saat perjalanan. Jangan terjebak pada opsi A itu bukan jawaban yang diinginkan, perusahaan sudah punya SOP jadi standart layanannya.
Nilai
A = 1
B = 2
C = 3
D = 5
E = 4
6. Dalam sebuah rapat disepakati bahwa kantor tempat saya bekerja memutuskan untuk mengganti system pelaporan menggunakan email menggantikan laporan manual dengan kertas. Menurut saya…
a. Pelaporan dengan email tersebut bagus untuk menghemat pengeluaran kertas
b. Pelaporan dengan email tersebut bagus untuk efektifitas dan efisiensi system pelaporan
c. Sebagian besar pegawai akan lebih nyaman dengan system pelaporan dengan menggunakan kertas
d. Pelaporan dengan email tersebut kurang tepat Karena tidak semua pegawai bisa menggunakan email
e. Pelaporan dengan email tersebut kurang tepat karena tidak semua pegawai memiliki perangkat computer
Pembahasan Metode HOTS:
1) Dari soal dapat kita analisa bahwa sebuah keputusan telah disepakati, sehingga seluruh pegawai harus menjalankan dan mampu beradaptasi.
2) Berikutnya dapat kita evaluasi bahwa hal terbesar yang dapat dirasakan manfaatnya dari pelaporan dengan menggunakan email adalah meningkatnya efektifitas dan efisiensi system pelaporan.
Nilai
A = 4
B = 5
C = 1
D = 3
E = 2
7. Hal pertama yang ada di pikiran anda ketika melihat orang lain kesusahan adalah…
a. Bersyukur karena hidup anda baik-baik saja
b. Berdoa semoga kesusahan orang tersebut bisa segera berlalu
c. Berharap semoga kesusahan tersebut tidak menimpa anda
d. Menyadari betapa adilnya dan pencipta
e. Saya tidak memikirkan apa-apa.
PEMBAHASAN:
Jawaban B. Topik kemampuan mengendalikan diri.
Ketika melihat orang lain kesusahan kita sebaiknya berdoa agar kesusahan orang tersebut segera berlalu dan tidak menimpa kita juga.
Nilai
A = 4
B = 5
C = 3
D = 2
E = 1
Demikian Penjelasan Mengenai Trick Jitu Menaklukan Soal TKP. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kita kemudahan dalam mengerjakan Soal CPNS dan Semoga kita dapat diterima menjadi PNS.
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***