Soal dan Kunci Jawaban Post Tes Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD, SMP, SMA/Paket C

Ohgreat – Soal dan Kunci Jawaban Post Tes Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD, SMP, SMA/Paket C pada Platform Merdeak Mengajar atau Sering disebut PMM

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)

1. 1) Wawancara.
2) Pemilihan informasi yang relevan.
3) Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
4) Merumuskan misi sekolah.
5) Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah….
A. 1-2-3-4-5
B. 1-2-3-5-4 
C. 2-1-3-5-4
D. 1-3-2-4-5

2. Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:

1) sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
2) sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
3) semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
4) sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?
A. Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK, dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila
B. Mencetak lulusan yang pintar, unggul dalam berbagai mata pelajaran, serta berwawasan mendunia
C. Menjadi institusi terdepat dalam menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan lulusan yang berprestasi, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab
D. Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab
E. Mencetak lulusan yang mampu bersain di lingkungan kerja secara profesional dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila

3. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah
Benar 
Salah

4. Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali

A. Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
B. Permendikbud No.64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah
C. Permendikbud No.82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
D. Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Mengelola Pembelajaran
E. Permendikbud No.18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

5. Perhatikan beberapa komponen berikut:
1) Menyusun alur tujuan pembelajaran
2) Memahami Capaian Pembelajaran
3) Merumuskan tujuan pembelajaran
4) merancang pembelajaran

Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran adalah….
A. 2-1-3-4
B. 2-3-1-4 
C. 4-2-3-1
D. 2-1-4-3

6. Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah ….

A. Alur tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemampuan prasyarat antarkompetensi
B. Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama 
C. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan Capaian pembelajaran
D. Alokasi jumlah JP dalam 1 tahun harus dipertimbangkan saat menyusun tujuan pembelajaran

7. Bu Ika adalah seorang guru PJOK. Saat menyusun alur tujuan pembelajaran, Bu Ika memperhatikan tingkat kemampuan yang diharapkan dari murid, mulai dari gerakan dasar yang sederhana sampai ke gerakan yang lebih kompleks.

Hal yang dilakukan Bu Ika sesuai dengan prinsip alur tujuan pembelajaran, yaitu …
A. Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP
B. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan
C. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran
D. Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *