Penilaian Pengetahuan Pendidikan Pancasila Kelas 4 Unit 2 Tentang Konstitusi dan Norma di Masyarakat

Penilaian Pengetahuan Pendidikan Pancasila Kelas 4 Unit 2 Tentang Konstitusi dan Norma di Masyarakat – Hallo adek – adek semua, kali ini kaka akan memberikan referensi jawaban pada Penilaian Pengetahuan untuk adik – adik kelas 4 SD atau MI di mata pelajaran pendidikan Pancasila.

Nah pada Unit 2 adik – adik mendapatkan materi tentang Norma serta Konsitusi dan tentunya sudah Buguru atau pak guru sampaikan kepada adik – adik di kelas. Sebagai bahan belajar berikut ada beberapa rekomendasi jawaban di soal pengetahuan yang ada pada materi tersebut. Tapi sebelumnya adik – adik perlu ketahui bahwa jawaban yang kaka berikan adalah contoh jawaban yang tentunya adik – adik bisa eksplore atau kembangkan sendiri. Ok adik – adik.

langsung saja, yuk kita bahas soal dan jawaban pada Unit 2 matapelajaran Pendidikan pancasila Kurikulum Merdeka kelas 4 SD !

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 Unit 2

Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma?

Jawab : Norma adalah aturan yang mengikat pada masyarakat tertentu.

Sebutkan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat!

Jawab : Ada empat norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Tentunya, akan ada sanksi atau hukuman bagi mereka yang melanggar norma-norma tersebut.

Untuk menjawab soal nomer 3 simak bacaan berikut !

Desa Sukasari merupakan desa yang mengalami berbagai kemajuan. Masyarakat desa tersebut hidup rukun satu sama lainnya. Mereka pun hidup tertib penuh kedamaian. Jarang sekali terdengar perselisihan atau pertentangan di antara warga masyarakat desa tersebut. Setiap warga merasa senang hidup di desa Sukasari.

Berkaitan dengan cerita singkat tersebut, silakan jawab pertanyaan berikut:

a. Menurut kalian apa yang menyebabkan Desa Sukasari mengalami berbagai kemajuan?

Jawab : Masyarakat desa tersebut hidup rukun satu sama lainnya. Mereka pun hidup tertib penuh kedamaian. Jarang sekali terdengar perselisihan atau pertentangan di antara warga masyarakat desa tersebut.

b. Menurut pendapat kalian, apa saja manfaat norma bagi masyarakat Desa Sukasari?

Jawab : Masyarakat desa Sukasari hidup tertib penuh kedamaian. Disana jarang ada perselisihan atau pertentangan . Setiap warga disana juga merasa senang.

Berikut Jawaban Versi Videohttps://youtu.be/FaP2LR25qwg

Terimakasih..

Disclaimer:

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

You May Also Like

About the Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.