Menemukan bentuk umum dari Persamaan Linier Satu Variabel halaman 109 Memahami Konsep Persamaan Linier Satu Variabel Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Menemukan bentuk umum dari Persamaan Linier Satu Variabel halaman 109 Memahami Konsep Persamaan Linier Satu Variabel Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman109. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Persamaan Linier dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Memahami Konsep Persamaan Linier Satu Variabel

Menemukan bentuk umum dari Persamaan Linier Satu Variabel

Ayo Bereksplorasi

Berikut diberikan beberapa kalimat yang dihubungkan oleh tanda persamaan (=) atau tanda pertidaksamaan (<,≤ ,≥ >, ) . Berdasarkan pemahaman kalian sebelumnya, pasangkan kalimat terbuka tersebut dengan pasangan yang sesuai.

Berdasarkan kegiatan di atas, dapatkah kalian menemukan karakteristik dari persamaan linier dengan satu variabel?

Jawaban:

Contoh 3.3

1. Buatlah pernyataan di bawah ini menjadi suatu persamaan.

a. Suatu bilangan r dan 9, jika dijumlahkan sama dengan 25.

b. Selisih antara bilangan z dan 5 adalah 4.

c. Hasil kali p dengan 3 sama dengan 45.

2. Sebanyak 96 siswa tereliminasi di babak penyisihan sebagai siswa berprestasi. Babak kualiikasi ini memungkinkan 24 siswa untuk maju ke babak berikutnya. Tulislah persamaan yang dapat digunakan untuk menentukan jumlah awal siswa yang terlibat dalam memilih siswa berprestasi.

Alternatif penyelesaian

1. Persamaan dari beberapa pernyataan di atas adalah

a. r + 9 = 25
Jadi, persamaannya adalah r + 9 = 25.

b. z – 5 = 4
Jadi, persamaannya adalah z – 5 = 4 .

c. 3p = 45
Jadi, persamaannya adalah 3p = 45

2.

Misalkan variabel s adalah banyak siswa awal yang terlibat dalam pemilihan siswa berprestasi, maka kalimat di atas dapat ditulis menggunakan persamaan s – 96 = 24.

Jadi, persamaannya adalah s – 96 = 24.

Ayo Mencoba

Isikan tabel berikut berdasarkan beberapa persamaan yang kalian temukan sebelumnya.

Berikut alternatif penyelesaian.

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *