Jawaban Uji Pemahaman Halaman 75 Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Uji Pemahaman Halaman 75 Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Unit 1 Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut!

a. Apa yang kalian ketahui tentang Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945?

Jawaban:

Konstitusi adalah sebuah hukum dasar yang menjadi landasan serta pegangan dalam penyelenggaraan suatu wilayah atau negara.

UUD (Undang-Undang Dasar) tahun 1945adalah keseluruhan naskah yang terdiri dari pembukaan beserta pasal-pasalnya.

b. Sebutkan contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

Berikut contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari:

1) Mendapat perlindungan hukum Pasal 27 ayat (1)

2) Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak Pasal 27 ayar (2)

3) Ikut serta dalam upaya bela negara Pasal 27 ayat (3)

4) Pemenuhan hak asasi manusia pasal 28 A sampai 28 J

5) Tentang kebebasan dan perlindungan agama Pasal 29

6) Terkait dengan hak memperoleh pendidikan pasal 31 dan 32

7) Terkait dengan perekonomian nasional dan kesejahteraan sosial pasal 33 dan 34.

c. Apa yang akan kalian lakukan agar implementasi UUD NRI Tahun 1945 dapat sesuai dengan pandangan ideal peserta didik?

Jawaban:

Yang dapat dilakukan agar implementasi UUD NRI Tahun 1945 di sekolah adalah dengan:

1) menghormati guru,

2) tidak mencontek saat ujian.

3) berdoa sebelum dan sesudah belajar,

4) menghargai perbedaan dalam bergaul bersama teman tidak memandang agama, suku, ras.

5) menaati aturan-aturan yang ada di sekolah,

6) gotong royong pada kegiatan kerja bakti atau piket kelas,

d. Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban:

Berikut contoh surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945:

UUD NRI 1945 merupakan hukum dasar yang tertulis. Selain UUD 1945 terdapat hukum dasar yang tidak tertulis. Hukum dasar yang tidak tertulis tersebut merupakan aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara dikenal dengan nama ‘Konvensi’.

Selanjutnya sebagai hukum dasar, UUD 1945 berisi norma-norma, dan aturan- aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua komponen lapisan masyarakat Indonesia.

Dalam hubungan ini, UUD NRI 1945 juga mempunyai fungsi sebagai alat kontrol, dalam pengertian UUD 1945 mengontrol apakah norma hukum yang lebih rendah sesuai atau tidak dengan norma hukum yang lebih tinggi, dan pada akhirnya apakah norma-norma hukum tersebut bertentangan atau tidak dengan ketentuan UUD 1945.

Sebagai hukum dasar, UUD NRI 1945 merupakan sumber hukum tertinggi dari keseluruhan produk hukum di Indonesia. Produk-produk hukum seperti undang-undang, peraturan pemerintah, atau peraturan presiden, dan lain-lainnya, bahkan setiap tindakan atau kebijakan pemerintah harus dilandasi dan bersumber pada peraturan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan UUD 1945.

Ketentuan dalam UUD NRI Tahun 1945 dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang antara lain bidang pemerintahan, kenegaraan, hak asasi manusia, dan kedaulatan rakyat. Berikut implementasi UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

1) Bidang pemerintahan, misalnya mengadakan rapat membahas masalah-masalah kenegaraan dengan cara musyawarah mufakat.

2) Bidang penegakan hak asasi manusia, misalnya pemerintah memberikan hak kebebasan berserikat dan berkumpul untuk warga negara.

3) Bidang kedaulatan rakyat, mencerminkan dan mewujudkan kondisi demokrasi yang efektif. Masyarakat bisa menyampaikan aspirasi kepada lembaga negara lewat para wakilnya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***