Jawaban Uji Kompetensi halaman 142 Sistem Persamaan Linear Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Uji Kompetensi halaman 142 Sistem Persamaan Linear Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 142. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 5 Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Uji Kompetensi

1. Bu Sri bertugas untuk menyiapkan hadiah untuk siswa berprestasi di sekolah. Kemudian telah menetapkan bahwa hadiah berupa alat tulis (buku tulis, pena, dan penghapus). Bu Sri mengunjungi dua toko alat tulis dan mendapati alat tulis dijual dalam bentuk paket sebagai berikut.

Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko A dan toko B, hitunglah harga dari setiap alat tulis di masing-masing toko (buku tulis, pena, dan penghapus). Selanjutnya  jawablah pertanyaan berikut.

a. Harga buku mana yang lebih mahal:  sebuah buku tulis di toko A atau di toko B?

b. Manakah yang lebih mahal: harga  penghapus di toko A atau di toko B?

c. Mana yang lebih mahal: harga sebuah pena di toko A atau di toko B?

Jawaban:

Apabila b menyatakan harga sebuah buku tulis, p menyatakan harga sebuah pena, dan menyatakan harga sebuah penghapus, maka model matematikanya adalah sistem persamaan linear

a. Toko B

b. Harganya sama

c. Toko A

2. Pak Budi memiliki uang sebanyak Rp10.000.000,00. Ia ingin mendepositokan uangnya. Bank A memberikan bunga sebesar 4% dan bank B memberikan bunga sebesar 6%. Pak Budi ingin mendapatkan bunga setidaknya Rp550.000,00 namun ia tidak ingin mendepositokan uangnya pada satu bank saja. Apakah hal itu mungkin? Jika ya, sebutkan salah satu kemungkinannya.

Jawaban:

Jika a dan b adalah banyaknya uang yang didepositokan di Bank A dan Bank B secara berturut-turut, maka sistem pertidaksamaan linear yang dibentuk (dalam satuan juta rupiah) adalah

dan grafiknya adalah

Ya, salah satu kemungkinannya adalah (1,9) yaitu mendepositokan Rp10.000.000,00 di Bank A dan Rp90.000.000,00 di Bank B.

 

Pengayaan

Proyek ini bersifat opsional dan dapat diberikan sebagai tugas tambahan.

1. Perhatikan sampul bab ini.  Kemudian tentukan harga tiap jenis makanan/minuman.

2. Pergilah ke warung/restoran yang menjual makanan secara paket. Pilihlah paket-paket yang dapat dinyatakan sebagai sistem persamaan linear, kemudian tentukan harga setiap jenis makanan/minumannya.

Jawaban:

Apabila x menyatakan harga tiap porsi burger, y menyatakan harga tiap porsi kentang, dan z menyatakan harga tiap gelas soda, maka sistem persamaan linearnya adalah

x  + y + z = 24

2x + 2y+ z = 58

3x + y + 2z= 74

dan solusinya adalah

x = 15, y = 9, y = 10

Tiap porsi burger berharga Rp15.000,00, harga tiap porsi kentang Rp9.000,00, dan tiap gelas soda berharga Rp10.000,00.

 

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar