Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 halaman 203 Relasi dan Fungsi Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 halaman 203 Relasi dan Fungsi Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman 2. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Relasi dan Fungsi. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Relasi dan Fungsi 

Uji Kompetensi Bab 4
A. Pilihlah jawaban pada soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat

1. Keempat pemuda memiliki nama masing-masing adalah Abdul, Tohir, Anam, dan Tauiq; mereka memiliki minatnya masing-masing. Kesukaan Abdul Belajar kelompok dan menulis cerpen, kesukaan Tohir Bermain komputer dan renang, kesukaan Anam menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Tauiq renang saja. Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tidak suka belajar kelompok adalah …..

a. Abdul
b. Tohir
c. Anam
d. Tauiq
Jawaban: c. Anam

2. Diketahui himpunan pasangan berurutan:

(i). {(0, 0); (2, 1); (4, 2); (6, 3)}
(ii). {(1, 3); (2, 3); (1, 4); (2, 4)}
(iii). {(1, 5); (2, 5); (3, 5); (4, 5)}
(iv). {(5, 1); (5, 2); (4, 1); (4, 2)}
yang merupakan pemetaan (fungsi) adalah ……….
a. (i) dan (ii)
b. (i) dan (iii)
c. (ii) dan (iii)
d. (iii) dan (iv)
Jawaban: b. (i) dan (iii)

3. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = -3 adalah -15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 adalah 9, nilai dari f(-2) + f(2) adalah ….

a. 4
b. 6
c. –4
d. –6
Jawaban: d. –6

4. Diketahui suatu fungsi dapat ditentukan dengan rumus berikut:

           {2x + 1, untuk x genap
f(x) =
            {2x + 1, untuk x ganjil
Apabila nilai a adalah bilangan asli, maka nilai yang tidak mungkin untuk fungsi f(a) adalah ….
a. 21
b. 39
c. 61
d. 77
Jawaban: b. 39

5. Sebuah rumah memiliki tempat penampungan air. Air mengalir dari reservoir ke bak mandi melalui pipa. Setelah 5 menit, volume air di bak mandi menjadi 25 liter, dan setelah 12 menit menjadi 46 liter. V(t) = (V0 + at) liter adalah volume air di bak mandi setelah mengalirkan air selama t menit, di mana V0 adalah volume air di bak mandi sebelum air dialirkan dan a adalah debit air per menit. volume air di bak mandi sebelum air dialirkan dan volume air di bak mandi setelah 27 menit adalah …..

a. 0 liter dan 27 liter
b. 10 liter dan 75 liter
c. 10 liter dan 91 liter
d. 15 liter dan 75 liter
Jawaban: c. 10 liter dan 91 liter
B. Kerjakan soal-soal berikut dengan benar

6. Pak Madhuri mempunyai empat orang anak bernama Sulastri, Idris, Halim, dan Tohir. Selanjutnya Pak Muarif mempunyai tiga orang anak bernama Mawardi, Muhasshanah, dan Mukhsin. Pak Asid mempunyai dua orang anak bernama Marhawi dan Sunaida.

a. Tunjukkan relasi “ayah dari” dalam diagram panah.
b. Apakah relasi pada poin a) merupakan fungsi? Jelaskan.
c. Tunjukkan relasi “anak dari” dalam diagram panah.
d. Apakah relasi pada poin c) merupakan fungsi? Jelaskan.
Jawaban:
a.
b. relasi pada poin a) bukanlah fungsi karena  relasi khusus yang menghubungkan setiap anggota daerah asal tidak tepat satu dengan anggota daerah kawan.
c.
d. relasi pada poin c) merupakan fungsi karena relasi khusus yang menghubungkan setiap anggota daerah asal dengan tepat satu anggota daerah kawan.

Ayo Berpikir Kreatif

7. Suatu Relasi dideinisikan dengan “setengah kali dari” dari himpunan P ke himpunan Q dengan P = {1, 2, 3, 4, 5} dan Q = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}. Sehingga himpunan pasangan berurutan dari relasi tersebut adalah {(1, 2); (2, 4); (3, 6); (4, 8); (5, 10)}. Cobalah untuk membuat setidaknya tiga contoh lagi relasi dari himpunan P ke himpunan Q. Kemudian, nyatakan relasi tersebut dengan cara diagram panah, koordinat Cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.

Jawaban:
a. diagram panah
b. koordinat Cartesius
c. himpunan pasangan berurutan
Himpunan pasangan berurutan dari {(1, 2); (2, 4); (3, 6); (4, 8); (5, 10)} dapat membentuk menjadi pola matematika sebagai berikut.
(1, 2) menjadi (1,2 x 1)
(2, 4) menjadi (2,2 x 2)
(3, 6) menjadi (3,2 x 3)
(4, 8) menjadi (4,2 x 4)
(5, 10) menjadi (5,2 x 5)

8. Fungsi f dideinisikan dengan rumus f(x) = 5 – 3x dan diketahui daerah asalnya adalah {–2, –1, 0, 1, 2, 3}

a. Buatlah tabel dan himpunan pasangan berurutan dari fungsi tersebut.
b. Gambarlah graiknya.
Jawaban:
Alternatif Jawaban:
a. Rumus fungsi f(x) = 5 – 3x
b. Graik fungsi dari f(x) = 5 – 3x

Ayo Berpikir Kritis

9. Mawardi dan Mukhsin sedang mendiskusikan tentang fungsi linier pada gambar berikut ini.

Mawardi berpendapat bahwa fungsi linier garis k dan l di samping merupakan graik fungsi. Pada sisi lain, Mukhsin tidak setuju dengan anggapan Mawardi. Karena Mukhsin mempunyai pendapat lain, yaitu Gambar tersebut meunjukkan bahwa fungsi linier dari garis k adalah suatu fungsi, akan tetapi garis l tidak termasuk fungsi. Apakah kalian setuju dengan penilaian Mukhsin? Jelaskan.
Jawaban:
“Serahkan kepada teman Guru”

10. Seorang petani menanam pohon apel yang berbentuk persegi (bujursangkar). Petani tersebut menanam pohon pinus di sekeliling kebunnya untuk melindungi pohon apel dari angin. Diagram berikut menggambarkan tata letak pohon apel dan pohon pinus untuk sejumlah (n) kolom pohon apel.

a. Coba kalian lakukan kegiatan dengan mengisi isi tabel di bawah ini:
b. Apabila diasumsikan petani tersebut ingin menanami kebun yang lebih besar dengan banyak barisan pohon. Manakah yang akan tumbuh lebih cepat di kebun petani antara jumlah pohon apel atau jumlah pohon pinus? Jelaskan bagaimana kalian sampai pada kesimpulan tersebut.
Jawaban:
Soal PISA (Pohon Apel)
a. Tabel lengkap
b. Yang akan meningkat lebih cepat adalah jumlah pohon apel. Mengapa? Berdasarkan tabel di atas, coba jelaskan menurut argumen kita masing-masing.

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***