Jawaban Soal Penjumlahan dan Pengurangan halaman 31 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Soal Penjumlahan dan Pengurangan halaman 31 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 31. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Bilangan Bulat. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Penjumlahan dan Pengurangan

Hitungan dengan Dua Operasi: Penjumlahan dan Pengurangan

Mempelajari hitungan yang melibatkan dua operasi penjumlahan dan pengurangan sekaligus.

Berikan kalimat matematika yang memuat dua operasi. Dapatkah kamu menemukan cara menjawabnya?

1. (+2) + (-5) – (-4)                               2. (-6) – (+7) – (-6)

Jawaban:

Hitung dengan mengonversi ke rumus tambahan saja

(1) (+2) + (-5) _ (-4)
= (+2) + (-5) + (+4) = +1

(2) (-6) – (+7) – (-6)
= (-6) – (+7) + (+6) = -7

Kita dapat mengubah kalimat matematika yang mengandung penjumlahan dan pengurangan menjadi penjumlahan saja.

Pada kalimat matematika penjumlahan (+2) + (-5) + (+4), maka bilangan-bilangan yang kita jumlahkan: +2, -5, dan +4 disebut suku-suku dari pernyataan matematika tersebut. +2 dan +4 adalah suku-suku positif -5 adalah suku negatif.

1. Ubahlah pernyataan-pernyataan berikut ini menjadi kalimat penjumlahan saja. Sebutkan suku-suku positif dan negatifnya.

(1) (+4) – (-3)                             (2) (+7) – (+2)

(3) (-9) + (-4) – (-6)                  (4) (-5) – (-3) – (-8)

Jawaban:

(1) bentuk penjumlahan = (+4) + (+3)
bentuk positif +4, bentuk positif +3

(2) bentuk penjumlahan = (+7) + (-2)
bentuk positif +7, bentuk negatif -2

(3) bentuk penjumlahan = (-9) + (-4) + (+6)
bentuk positif…+6,
bentuk negatif…-9, -4

(4) bentuk penjumlahan = (-5) + (+3) + (+8)
bentuk positif..+3, +8
bentuk negatif…-5

K i t a d a p a t m e n u l i s k a n k a l i m a t m a t e m a t i k a p e n j u m l a h a n t a n p a menuliskan tanda + dalam kurung. Selain itu, jika suku pertama positif, maka tanda + bisa dihapus.

2. Ubahlah pernyataan berikut ini menjadi pernyataan penjumlahan saja, kemudian hapus tanda kurung dan sajikan dengan susunan suku-sukunya.

(1) (+10) – (+15)                           (2) (-7) – (-9)

(3) -1) + (-4) – (-7)                       (4) (+6) – (-8) – (+16)

(5) (+7) – (+3) + (-5) – (-1)         (6) (-2) + (+9) – (+1) – (-4)

Jawaban:

(1) (+10) + (-15)
= 10 – 15

(2) (-7) + (+9)
= -7 + 9

(3) (-1) + (-4) + (+7)
= -7 – 4 + 7

(4) (+6) + (+8) + (-16)
= 6 + 8 – 16

(5) (+7) + (-3) + (-5) + (+1)
= 7 – 3 – 5 + 1

(6) (-2) + (+9) + (-1) + (+4)
= -2 + 9 -1 + 4

3. Nyatakan dalam menggunakan tanda + dan kurung.

(1) 6-8             (2) -14 – 13        (3) -4 + 9 – 7           (4) 7 – 8 + 6 – 2

Jawaban:

(1) (+6) + (-8)

(2) (-14) + (-13)

(3) (-4) + (+9) + (-7)

(4) (+7) + (-8) + (+6) + (-2)

4. Selesaikan Soal 2 dan Soal 3.

Jawaban Soal 2

(1) -5                 (3)  3                 (5) 0

(2) 2                  (4) -2                (6) 10

Jawaban Soal 3

(1) -2               (3) -2

(2) -27            (4) 3

5. Hitunglah.

(1) -3 + (-2) – (-9)                         (2) 8 – (+7) – 5

(3) -2 – (-3) + 7 + (-4)                  (4) 3 + (-8) – (-5) – 1

Jawaban:

(1) 4                 (3) 4

(2) -4               (4) -1

6. Hitunglah.

(1) 11 – 17 + 13                    (2) -14 + 19 + 12 – 20

(3) -3,1 – 5,9                      (4) -0,6 – (-1)

(5) (1/6 ) –(3/4 )          (6) (-2/7) +(6/7)– (3/7)

Jawaban:

(1) 7                       (4) 0.4

(2) -3                     (5) – 7/12

(3) -9                     (6) 1/7

Cermati

Di Sekolah Dasar kita belum belajar bilangan lebih kecil kurangi bilangan yang lebih besar. Sebagai contoh, “6 – 8”. Dengan menggunakan bilangan-bilangan negatif, 0, dan positif, maka kita dapat melakukan pengurangan tersebut. Kita dapat memandang “6 – 8” sebagai “6 minus 8”. Berdasarkan penjelasan pada halaman 31, kita juga dapat melihatnya sebagai susunan suku-suku atau “6 plus -8”

Pada rumus (+6) + (-8), tanda positif + dan simbol aritmatika + memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu, operasi ini biasanya dibaca sebagai “plus 6 plus minus 8”. Ini akan lebih mudah kita pahami jika tanda ditulis lebih kecil dari simbol aritmatika dan ditulis sebagai (+ 6) + (- 8), seperti yang digunakan di beberapa negara.

Tidaklah diinginkan untuk secara tidak sadar membaca “6-8” sebagai “6 kurangi 8” atau “6 kurangi 8”. Akan tetapi, untuk mempelajari penjumlahan aljabar, ambil salah satu dari dua pembacaan tersebut.“6-8” dapat dibaca sebagai “6 kurangi 8” jika kita anggap sebagai perpanjangan dari metode pengurangan ke sekolah dasar. Di sisi lain, dalam studi tentang penjumlahan aljabar (halaman 31-33), perlu pelajari bahwa rumus penjumlahan “(+ 6) + (-8)” dapat kita tulis sebagai “6 -8” hanya dengan menyusun suku-suku. Artinya, “6-8” dapat dibaca sebagai “6 kurangi 8” dengan menganggapnya sebagai ekspresi penjumlahan. Oleh karena itu, pada tahap ini, “6-8” dapat dibaca sebagai “6 dikurangi 8” atau “6 minus 8”.

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *