ohgreat.id-Jawaban Soal Penggunaan Bilangan Positif dan Negatif halaman 50 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 50. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Bilangan Bulat. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Penggunaan Bilangan Positif dan Negatif
Mempelajari bagaimana menggunakan bilangan positif dan negatif pada dunia nyata dan kehidupan sehari-hari.
Q. Sebuah uji kebugaran telah dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Harapan Bangsa. Berikut ini tabel yang menyajikan lompatan terjauh dari empat anak. Berdasarkan tabel tersebut, hitunglah rata-rata lompatan empat anak tersebut.
Tabel Data Loncatan Terjauh
Jawaban:
Dari data berikut (181 + 208 + 169 + 194) ÷ 4 = 188, rata-rata lompatan empat anak tersebut adalah 188 cm.
Rata-rata sama dengan jumlah total nilai dibagi banyaknya nilai.
1. Berdasarkan , Toni mengamati bahwa data keempat anak tersebut lebih dari 150 cm. Dia menyusun kalimat matematika untuk menentukan rata-rata data lompatan. Diambil 150 cm sebagai titik acuan.
Kalimat matematika: 150 + (31 + 58 + 19 + 44) : 4
Jelaskan arti kalimat matematika Toni di atas. Hitunglah rata-rata menggunakan cara tersebut. Periksa apakah hasilnya sama dengan hitungan menggunakan rumus yang diberikan di Q .
Jawaban:
catatan empat orang direpresentasikan dengan angka positif relatif terhadap 150 cm, hitung rata-rata, kemudian ditambahkan ke referensi 150 cm.
150 + (31 + 58 + 19 + 44) : 4 = 150 + 152 : 4
= 150 + 38 = 188 (cm)
2. Hasan menyusun kalimat matematika untuk menghitung rata-rata data lompatan dengan menetapkan datanya sendiri 194 cm sebagai titik acuan. Isilah ( ) dengan kalimat matematika yang sesuai, kemudian hitunglah rata-ratanya.
Kalimat matematika: 194 + ( ) : 4
Jawaban:
194 + ( -134 + 14 – 25 + 0 ) : 4 = 194 + (-24) : 4
= 194 – 6 = 188 (cm
3. Berdasarkan Q di halaman sebelumnya, titik manakah yang dijadikan titik acuan agar lebih mudah dalam menghitung rata-rata? Tentukan titik acuanmu sendiri, kemudian hitunglah rata-rata dengan menggunakan acuan tersebut.
Jawaban:
190 cm sebagai acuan
190 + (-9 + 18 -21 + 4) : 4 = 190 + (-8) : 4
= 190 – 2= 188 (cm)
4. Tabel di samping ini menunjukkan data kecepatan lari 50 m dengan peserta 12 anak perempuan di kelas Marni. Selanjutnya tentukan titik acuan, kemudian hitung rata-ratanya.
Jawaban:
9,0 detik sebagai acuan
9,0 + 0,1 – 0,3 – 0,5 + 0,5 + 0
-0,4 – 0,7 – 0,2 + 0,2 + 0,1
-0,3 + 0,3 : 12 = 9,0 + (-1,2) : 12
= 9,0 – 0,1 = 8,9 detik
5. Berdasarkan yang telah kita pelajari dari 1 sampai dengan 4 ,selanjutnya buatlah rangkuman bagaimana kita memudahkan dalam menghitung rata-rata.
Jawaban:
a. Permudah penghitungan dengan menentukan nilai standar.
b. Untuk menjaga jumlah sekecil mungkin, disarankan untuk menetapkan nilai standar sehingga bilangan positif dan negatif muncul dengan tepat.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***