Jawaban Soal Pembagian halaman 43 Perkalian dan Pembagian Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Soal Pembagian halaman 43 Perkalian dan Pembagian Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 43. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Bilangan Bulat. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Perkalian dan Pembagian

Pembagian

Mempelajari pembagian bilangan positif dan negatif menggunakan perkalian.

Q. Isilah dengan bilangan yang sesuai.

(1) (  ) × (+2) = +6                               (2) (  ) × (+2) = -6

(3) (  ) × (-2) = +6                               (3) (  ) × (-2) = -6

Jawaban:

(1) +3                            (3) -3

(2) -3                            (4) +3

Menentukan bilangan untuk diisikan di ( ), kita menggunakan pembagian sebagai kebalikan perkalian.

Operasi pembagian bilangan positif dan negatif juga disebut pembagian. Hasil dari pembagian disebut hasil bagi.

1. Perhatikan 3 dan 4 pada , isilah dengan bilangan yang sesuai.

(1) Karena (-3) × (-2) = +6, (+6) : (-2) = ( )

(2) Karena (+3) × (-2) = -6, (-6) : (-2) = ( )

Jawaban:

(1) -3                        (2) +3

2. Apa hubungan antara tanda dan nilai mutlak dari hasil bagi serta tanda dan nilai mutlak dari bilangan-bilangan dalam pembagian bilangan positif dan negatif? Gunakan empat pernyataan matematika pada Contoh 1 dan Soal 1.

Jawaban:

Tanda : Positif bila bilangan yang akan dibagi sama, dan negatif bila keduanya berbeda.

Nilai mutlak: Hasil bagi dari nilai mutlak kedua bilangan tersebut.

Pembagian Menggunakan Tanda dan Nilai

3. Hitunglah.

(1) (+18) : (+9)

(2) (-12) : (-2)

(3) (+25) : (-5)

(4) (-100) : (+10)

Jawaban:

(1) (+18) : (+9) = +2

(2) (-12) : (-2) = +6

(3) (+25) : (-5) = -5

(4) (-100) : (+10) = -10

Pembagian bilangan positif dan negatif dapat dirangkum sebagai berikut.

Pembagian Bilangan Positif dan Negatif

1. Hasil bagi dua bilangan dengan tanda sama

Tanda: positif

Nilai mutlak: Hasil bagi nilai-nilai mutlak dua bilangan dalam pembagian

2. Hasil bagi dua bilangan dengan tanda berbeda

Tanda: negatif

Nilai mutlak: Hasil bagi nilai-nilai mutlak dua bilangan dalam pembagian

Jika 0 dibagi bilangan positif atau negatif, maka hasil bagi selalu 0.

4. Hitunglah.

(1) (+10) : (+2)

(2) (-8) : (-4)

(3) (+16) : (-2)

(4) (-24) : (+8)

(5) 0 : (-5)

(6) (-3) : (-6)

(7) (+84) : (-12)

(8) (-1,2) : (+4)

(9) (-6,3) : (-9)

Jawaban:

(1) (+10) : (+2) = +5

(2) (-8) : (-4) = +2

(3) (+16) : (-2) = -8

(4) (-24) : (+8) = -3

(5) 0 : (-5) = 0

(6) (-3) : (-6) = +1/2

(7) (+84) : (-12) = -7

(8) (-1,2) : (+4) = -0,3

(9) (-6,3) : (-9) = +0,7

Dalam melakukan pembagian, kita menghapus tanda + pada penyataan matematika dan pada jawaban. Kita juga dapat menghapus tanda kurung pada bilangan pertama.

Pembagian dan Kebalikannya

Q. Bagaimanakah caranya menghitung hasil pembagian bilangan-bilangan pecahan berikut ini?

5/7 : 2/3

Jawaban:

5/7 : 2/3 = 5/7 x 3/2 = 15/14

Kalian dapat mengubah pembagian menjadi perkalian dengan kebalikan pembagi. Bilangan negatif juga memiliki kebalikannya.

5. Tentukan kebalikannya.

(1) -4/7                       (2) -1/6                         (3) -5                        (4) -1

Marilah kita menggunakan kebalikan untuk mengubah pembagian menjadi perkalian.

Jawaban:

(1) -7/4                         (2) -6                                (3) -1/5                         (4) -1

Q. Hitunglah a dan b kemudian bandingkan hasilnya.

a. 15 : (3)                          b. 15 x (-1/3)

Berdasarkan Q di atas, membagi bilangan positif atau negatif sama dengan mengalikan dengan kebalikan pembaginya.

Jawaban:

A, B sama sama menghasilkan -5

6. Hitunglah.

(1) (-1/3) : 3/4                        (2) (-3/5) : (-9/10)

(3) 6 : (-4/3)                           (4) (-5/6) : (-3)

Jawaban:

(1) (-1/3) : 3/4 = -1/3 x 4/3 = 4/9

(2) (-3/5) : (-9/10) = -3/5 x 10/9 = -6/9 = -2/3

(3) 6 : (-4/3) = 6 x 3/4 = 18/4

(4) (-5/6) : (-3) = -5/6 x -1/3 = 5/8

Operasi Campuran Perkalian dan Pembagian

Q. Yuda menyelesaikan soal 24 : (-3) × 2 seperti ditunjukkan di samping ini. Apakah menurutmu benar? Jelaskan alasanmu.

24 : (-3) × 2 = 24 : (-6) = -4

Jawaban:

Tidak benar, yang benar adalah menjawab dari sebelah kiri

persamaan yang ditetapkan = (-8) × 2 = -16

Untuk menyelesaikan pernyataan matematika yang melibatkan perkalian dan juga pembagian, sebaiknya diubah dahulu menjadi bentuk perkalian saja.

Dalam perhitungan campuran antara pembagian dan perkalian, prinsipnya adalah menghitung berurutan dari sebelah kiri, dan merupakan hal yang harus dipastikan. Dengan memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi, selanjutnya guru bisa menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh Yuda.

7. Hitunglah.

(1) (-7) : 2 × (-4)                                            (2) 20 x (-5) : (-1/3)

(3) 6 : (-2/3) x (-5/9)                                   (4) 2/3 : (-3/8) : 4

Jawaban:

(1) 14                              (3) 5

(2) 300                         (4) -4/9

Cermati

Dapatkah Kita Membagi dengan 0?

Dalam matematika, kita tidak membagi dengan 0, seperti 3 : 0. Berikut ini alasannya.

1. Jika kita menulis 3 : 0 = , maka kita dapat menyatakan ( ) × 0 = 3. Tidak ada bilangan yang jika dituliskan di , Jadi, tidak ada hasil pembagian 3 : 0

2. Jika kita menulis 0 : 0 = , maka kita dapat menyatakan ( ) × 0 = 0. Kita dapat menempatkan sembarang bilangan pada . Jadi, tidak ada jawaban pasti untuk 0 : 0

Dalam matematika, kita tidak mengenal pembagian dengan 0. Akan tetapi, dimungkinkan bagi guru untuk memperdalam pembelajaran perkalian dan pembagian dengan menunjukkan kepada siswa alasannya.

Salah satu metodenya terdapat pada halaman 44, yang harus kita bahas kembali pada halaman ini. Cobalah untuk mengajarkannya dengan mempertimbangkan situasi siswa dan kemajuan kelas.

Ada pula cara menjelaskan soal seperti pada halaman ini

(1) 3 : 0 = ? (2) 0 : 0 = ?

Ada baiknya berdiskusi untuk mengetahui apakah dapat dihitung atau tidak.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *