Jawaban Soal Jaring-Jaring Bangun Ruang halaman 210 Berbagai Cara Mengamati Bangun Ruang Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Soal Jaring-Jaring Bangun Ruang halaman 210 Berbagai Cara Mengamati Bangun Ruang Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 210. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 6 Bangun Ruang. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Berbagai Cara Mengamati Bangun Ruang

Jaring-Jaring Bangun Ruang

Siswa dapat memahami berbagai jaring-jaring bangun ruang.

Q. Cobalah ingat kembali jaring-jaring prisma empat persegi panjang dan tabung yang telah kita pelajari di sekolah dasar.

(1) Gambar di bawah ini merupakan sketsa prisma empat persegi panjang dan jaring-jaringnya. Tuliskan titik-titik sudut prisma empat persegi panjang pada [] .

Jawaban:

(2) Pada gambar tabung di bawah ini, temukan panjang yang sesuai kemudian gambarlah jaring-jaringnya.

Jawaban:

Jaring-jaring adalah gambar pada bidang yang menyajikan setiap permukaan bangun ruang yang terpotong dan terbuka sepanjang rusuk-rusuknya dan garis pelukisnya. Dalam jaring-jaring, kita menunjukkan panjang sebenarnya setiap rusuk dan bagian bangun ruang.

Jaring-Jaring Limas dan Kerucut

Q. Gambar di bawah ini memperlihatkan limas persegi dan jaring-jaringnya. Pada rusuk manakah limas tersebut kita potong kemudian kita buka?

Jawaban:

Rusuk OA, AD, AB, BC

1. Seperti pada limas yang ditunjukkan di Q , gambarlah jaring-jaringnya jika dipotong sepanjang rusuk OA, OB, dan OD, kemudian dibuka.

Jawaban:

Jika kita memotong sepanjang garis pelukis, kemudian kita buka, maka permukaan miring kerucut disebut sektor, seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini.

2. Berdasarkan jaring-jaring kerucut di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

(1) Bagian mana dari kerucut mula-mula mempunyai panjang yang sama dengan jari-jari sektor?

Jawaban:

Panjang garis pelukis

(2) Bagian mana yang panjangnya sama dengan panjang busur AB?

Jawaban:

Panjang keliling alas (Lingkaran O’)

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *