ohgreat.id-Jawaban Rajin Berlatih halaman 20 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 20. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Rajin Berlatih
I. Pilih jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.
1. Bagi umat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Ilahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk:
A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebatilan
B. Menerangkan serta menguatkan hukum-hukum yang terdapat dalam Hadis
C. Sebagai Bayān dan muhaqqiq (penjelas dan penguat)
D. Memberikan penguatan pada kehidupan sehari-hari
Jawaban: A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebatilan
2. ….يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ lanjutan bacaan ayat tersebut adalah….
A. ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
B. فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ
C. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ
D. إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ
Jawaban: C. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ
3. فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ
Arti kalimat yang digaris bawahi adalah ….
A. Dan hari kemudian
B. Di kemudian hari
C. Akhir zaman
D. Hari akhir
Jawaban: A. Dan hari kemudian
4. Arti dari penggalan ayat وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ adalah….
A. Dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman
B. Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab
C. Kepada mereka apa yang mereka perselisihan
D. Melainkan agar kamu dapat menjelaskan
Jawaban: A. Dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman
5. Kata yang artinya “taatilah Allah” yang tertulis di dalam Q.S. an-Nisā’/4:59 adalah terjemahan dari kata….
A. أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ
B. وَأَطِيعُوا۟
C. ٱلرَّسُولَ
D. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ
Jawaban: A. أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ
6. Perhatikan ayat berikut!
إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ
Pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan Alif Lām Syamsiyyahsebanyak ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban: C. 3
7. Tabel berikut menyajikan contoh hukum bacaan Alif Lām qamariyyah dan Alif Lām syamsiyah yang sering kita jumpai dalan Al-Qur’an.
Tabel 1.8
Contoh Hukum Bacaan alif lām qamariyyah dan alif lām syamsiyyah
Contoh Hukum Bacaan Alif Lām qamariyyah dan Alif Lām syamsiyahYang merupakan contoh hukum bacaan Alif Lām qamariyyah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
Jawaban: B. 1 dan 3
8. Pernyataan berikut merupakan contoh implementasi dari perilaku taat dalam kehidupan sehari-hari
1) Disiplin dan selalu menaati tata tertib sekolah.
2) Selalu taat kepada Allah Swt., rasul dan pemimpin.
3) Senang mengikuti kompetensi yang diadakan oleh sekolah-sekolah lain.
4) Berlomba-lomba untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan di sekolah.
5) Belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-citanya.
Yang merupakan implementasi perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan Q.S. an-Nisā’/4: 59 ditunjukkan pada nomor….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)
Jawaban: A. 1) dan 2)
9. Ketika kalian menemukan permasalahan atau perselisihan pendapat, masing-masing menganggap dirinya paling benar atas pendapatnya, maka sikap kalian yang benar….
A. Tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang
B. Membela salah satu dari mereka yang dianggap benar
C. Berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
D. Melaporkan kepada pihak yang berwajib
Jawaban: C. Berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
10. Ulil amri adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah….
A. Ketua kelas
B. Kepala desa
C. Wali kota/ bupati
D. Paguyuban
Jawaban: D. Paguyuban
II. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Kita diperintahkan untuk untuk patuh dan taat kepada Allah Swt. Taat kepada Allah Swt. adalah mengikuti ajaran Al-Qur’an, sedangkan taat kepada Rasulullah saw. dengan mengamalkan sunahnya, begitu pula menaati ulil amri. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat kepada Allah Swt., rasul dan ulil amri!
Jawaban:
Surat An-Nisa Ayat 59
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū aṭī’ullāha wa aṭī’ur-rasụla wa ulil-amri mingkum, fa in tanāza’tum fī syai`in fa ruddụhu ilallāhi war-rasụli ing kuntum tu`minụna billāhi wal-yaumil-ākhir, żālika khairuw wa aḥsanu ta`wīlā
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
2. Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amriselama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis?
Jawaban:
Mentaati pimpinan menjadi kewajiban orang yang beriman. Ketaatan tersebut bermanfaat yang besar untuk umat yang sesuai dengan ajaran Islam
3. Alif lam Qamariyyah merupakan Alif lam yang berhadapan dengan salah satu huruf Alif Lām Qamariyyah. Tuliskan hukum bacaan Alif Lām Qamariyyah yang ada pada Q.S. an-Naḥl/16: 64 ! Berikan alasannya!
Jawaban:
ٱلْكِتَٰبَ karena alif lām bertemu dengan huruf kaf (ك)
4. Buatlah peta konsep tentang perbedaan sunah, Hadis, aṡar, dan khabar!
Jawaban:
a. Sunnah
Semua yang bersumber dari Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam baik perkataan, perbuatan, taqrir̅ , tabiat, budi pekerti atau perjalanan hidupnya.
b. Hadits
Perkataan, perbuatan, dan taqrir̅ yang bersumber Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam. Ada pula ulama yang menyamakan sunah dengan Hadits.
c. Khabar
Sesuatu yang berasal atau disandarkan kepada nabi dan selain nabi.
d. Aṡar
Sesuatu yang disandarkan sahabat dan tabiin.
5. Jelaskan fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an!
Jawaban:
Fungsi hadis terhadap Al-Qur’an
a. Menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an
b. Menafsirkan terhadap ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum
c. Memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al-Qur’an dan membatalkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***