Jawaban Persamaan dan Fungsi Linear halaman 78 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Persamaan dan Fungsi Linear halaman 78 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 78. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Persamaan dan Fungsi Linear

Dewi berpikir bahwa persamaan fungsi linear itu serupa dengan persamaan linear dua variabel.

1. Untuk mencari penyelesaian persamaan linear dua variabel 2x + y = 1, Dewi membuat tabel berikut.

(1) Lengkapi tabel di atas.

Jawaban:

(2)Gambarkan titik-titik koordinat, yang merupakan pasangan x dan y, pada bidang sebelah kiri.

Jawaban:

(3)Diskusikan hubungan antara x dan y.

Jawaban:

Jika menyelesaikan persamaan dalam y, maka jawabannya akan sama dengan bentuk fungsi linear.

Penjelasan dan Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Pengantar Grafik Persamaan Dua Variabel

Sedikit peserta didik yang memiliki pandangan yang jelas tentang hubungan antara fungsi linear dan persamaan linear dua variabel. Mengajak Peserta didik  melihat kembali arti dari persamaan linear dua variabel yang mereka pelajari di bab sebelumnya dan ada banyak penyelesaian dari persamaan linear dua variabel. Selanjutnya meminta Peserta didik menganalisis apa yang akan terjadi jika penyelesaian tersebut dinyatakan sebagai titik pada bidang.

2. Penggunaan 1

Buatlah peserta didik menyadari bahwa menyelesaikan persamaan linear dua variabel dalam y dapat memudahkan dalam mencari penyelesaiannya. Selain itu, dengan menyelesaikannya dalam y, mungkin ada peserta didik yang menyadari pada tahap ini bahwa yang mereka peroleh adalah bentuk fungsi linear.

Sebagai tambahan, dengan menggambarkan titik-titik penyelesaian persamaan linear dua variabel pada bidang koordinat, peserta didik akan memiliki wawasan bahwa titik-titik tersebut akan menjadi garis. Berharap dalam diskusi, peserta didik dapat mengungkapkan bahwa grafik persamaan garis akan menjadi sama dengan grafik fungsi linear.

3. Penggunaan Ilustrasi Percakapan

Jika titik yang merupakan penyelesaian persamaan linear dua variabel dianggap titik koordinat pada sumbu koordinat, maka peserta didik dapat memprediksi bahwa titik-titik tersebut akan membentuk suatu garis. Melalui hal ini, berharap peserta didik dapat menghubungkan persamaan linear dua variabel dengan fungsi linear.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *