Jawaban Percobaan Aktivitas 1.4 Halaman 15 Mengamati Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Percobaan Aktivitas 1.4 Halaman 15 Mengamati Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pengenalan Sel. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Pengenalan Sel

Percobaan Aktivitas 1.4

Mengamati Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Tujuan:

mengamati dan menggambar sel tumbuhan serta sel hewan

Alat-alat dan bahan:

a. Mikroskop cahaya

b. Potassium iodin

c. Kertas isap

d. Kaca preparat/ gelas objek

e. Penetes/dropper

f. Gelas penutup

g. Sampel lapisan bawang merah

h. Preparat jadi sel hewan

Prosedur pembuatan sel basah tumbuhan:

1. Kupas setipis mungkin bagian luar dari bawang merah.

2. Siapkan sampel preparat basah lapisan bawang; lihat kembali percobaan di Aktivitas 1.2, tambahkan potassium iodin sebagai pewarna.

3. Amati spesimen dengan menggunakan dua perbesaran terbesar.

4. Sketsa gambar spesimen yang terbentuk di kertas atau buku catatanmu, dan bandingkan fitur-fitur yang terbentuk dari perbesaran tersebut dengan Gambar 1.14.

5. Identifikasi bagian-bagian/ organel yang terlihat.

Prosedur pengamatan preparat jadi sel hewan

1. Letakkan preparat sel hewan di meja preparat.

2. Amati spesimen dengan menggunakan dua perbesaran terbesar.

3. Sketsa gambar spesimen yang terbentuk di kertas atau buku catatanmu, dan bandingkan fitur-fitur yang terbentuk dari perbesaran tersebut dengan Gambar 1.14.

4. Identifikasi bagian-bagian/organel yang terlihat

Bandingkan sketsa sel tumbuhanmu dengan sketsa preparat sel hewan!

Apa yang membedakan antara sel hewan dengan sel tumbuhan?

Fitur-fitur apa saja yang ada dan tidak ada pada sketsamu bila dibandingkan dengan gambar sel hewan dan sel tumbuhan? Apa yang menyebabkannya?

Refleksi: Dari hasil pengamatanmu, kira-kira bagian apa yang paling menarik dari kegiatan ini? Dan bagian mana yang harus kamu perbaiki? Tulislah refleksi mengenai kegiatan ini di buku catatanmu

Jawaban:

Beberapa fitur yang membedakan sel hewan dengan sel tumbuhan

1. Dinding Sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang kuat dan kaku yang terbuat dari selulosa. Dinding sel ini memberikan dukungan dan perlindungan tambahan pada sel tumbuhan.

Sel hewan tidak memiliki dinding sel, sehingga struktur sel hewan lebih fleksibel.

2. Vakuola

Sel tumbuhan memiliki vakuola sentral yang besar yang berfungsi menyimpan air, nutrisi, dan limbah sel. Vakuola sentral memberikan turgor (tekanan) pada sel tumbuhan.

Sel hewan biasanya memiliki vakuola kecil atau bahkan tidak memiliki vakuola.

3. Kloroplas

Kloroplas adalah organel yang terdapat di dalam sel tumbuhan, berperan dalam fotosintesis untuk mengubah energi matahari menjadi gula.

Sel hewan tidak memiliki kloroplas karena mereka tidak melakukan fotosintesis.

4. Bentuk Sel

Sel tumbuhan umumnya memiliki bentuk yang lebih tetap karena dinding sel yang kaku, memberikan bentuk yang teratur.

Sel hewan memiliki bentuk yang lebih beragam dan dapat berubah bentuk secara lebih leluasa karena tidak ada dinding sel yang menghalangi.

5. Organel Selulosa

Sel tumbuhan memiliki organel selulosa, seperti plasmodesma, yang memungkinkan pertukaran zat antara sel tumbuhan yang berdekatan.

Organel selulosa tidak ada pada sel hewan.

6. Klorofil

Klorofil adalah pigmen hijau yang hadir dalam kloroplas sel tumbuhan, memberikan warna hijau pada daun.

Klorofil tidak hadir dalam sel hewan, sehingga sel hewan tidak berwarna hijau.

Dalam sketsa sel tumbuhan dan sel hewan, perbedaan-perbedaan ini dapat tercermin dalam fitur-fitur yang terlihat.

Sketsa sel tumbuhan akan menunjukkan adanya dinding sel yang kaku, vakuola besar, dan kemungkinan adanya kloroplas.

Sementara itu, sketsa sel hewan akan menunjukkan bentuk sel yang lebih bervariasi, tidak ada dinding sel yang terlihat, dan vakuola yang lebih kecil atau tidak ada.

Perbedaan struktural ini menyebabkan perbedaan fungsi dan karakteristik antara sel tumbuhan dan sel hewan.

Memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan dan fungsinya masing-masing dalam organisme.

Bentuk Refleksi Percobaan

Dari hasil pengamatan saya mengenai sel tumbuhan dan sel hewan, yang paling menarik bagi saya adalah perbedaan struktural yang signifikan antara keduanya.

Menggunakan mikroskop untuk mengamati sel-sel ini memberi saya kesempatan untuk menyaksikan dunia mikroskopis yang biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang.

Saya sangat kagum melihat bagaimana sel tumbuhan memiliki dinding sel yang kokoh dan vakuola besar yang memberikan dukungan struktural dan menyimpan berbagai zat.

Di sisi lain, sel hewan yang lebih fleksibel dan beragam bentuknya juga menarik untuk diamati.

Melakukan sketsa dari sel tumbuhan dan sel hewan juga merupakan bagian yang menarik dari kegiatan ini.

Proses mengamati secara detail dan mencoba menggambarkan apa yang saya lihat membantu saya lebih memahami struktur dan karakteristik sel-sel tersebut.

Namun, ada beberapa bagian yang perlu saya perbaiki dalam kegiatan ini.

Pertama, saya merasa perlu untuk lebih memahami perbedaan fungsi dari masing-masing organel yang ada dalam sel tumbuhan dan sel hewan.

Meskipun saya dapat mengidentifikasi beberapa organel, pemahaman yang lebih mendalam tentang fungsinya akan meningkatkan pengetahuan saya tentang biologi sel.

Selain itu, saya juga menyadari bahwa saya belum sepenuhnya mengoptimalkan penggunaan mikroskop.

aya harus lebih terampil dalam menyesuaikan fokus dan pencahayaan untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas dan detail dari sampel sel.

Kemahiran ini akan sangat bermanfaat dalam pengamatan mikroskopis selanjutnya.

Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang berharga bagaimana mengamati dan mengenali sel tumbuhan dan sel hewan.

Saya menyadari bahwa dunia mikroskopis ini sangatlah kompleks dan menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut.

Dengan memperbaiki keterampilan dan pemahaman saya, saya yakin bahwa saya akan dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dengan lebih baik di masa depan.

Kegiatan ini juga mengajarkan saya pentingnya observasi dan menggambar dalam proses pembelajaran, karena dengan mengamati dan menggambarkan, kita dapat memahami sesuatu dengan lebih mendalam.

Saya bersemangat untuk terus belajar dan mengeksplorasi lebih banyak hal menarik dalam bidang biologi dan ilmu pengetahuan lainnya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like