Jawaban Nilai Representatif halaman 234 Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Nilai Representatif halaman 234 Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 234. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 7 Menggunakan Data. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data

Nilai Representatif

Siswa memahami apakah data seseorang termasuk panjang atau pendek di antara data-data lainnya.

Q. Tabel 1 menunjukkan data posisi tangkapan penggaris siswa Kelas A di halaman 233. Data disusun dari yang terpendek ke yang terpanjang. Jika data Yuni adalah 10,7, maka diskusikan informasi apa yang diperlukan agar mengetahui posisinya di Kelas A.

Tabel 1:Data tangkap penggaris siswa Kelas A (cm)

Jawaban:

Contoh

a. Nilai rata-rata catatan rekor

b. Nilai tengah catatan rekor

c. Catatan rekor terpanjang dan terpendek

Rata-Rata

Jika satu nilai dipakai untuk mewakili karakteristik keseluruhan data, maka nilai ini disebut nilai representatif atau kecenderungan pusat. Rata-rata adalah nilai representatif yang paling sering digunakan.

1. Berdasarkan Tabel 1, hitunglah rata-rata data posisi tangkapan penggaris siswa Kelas A. Selidiki apakah data Yuni 10, 7 termasuk yang panjang atau pendek dibandingkan rata-rata kelas.

Jawaban:

Dari 339 ÷ 31 = 10,9354…, maka nilai rata-rata 10,9 cm.

Karenanya catatan Yuni yang 10,7 cm lebih pendek dari nilai rata-rata.

Catatan: Rata-rata = Jumlah Semua Nilai Data : Banyak Data

Median

Ketika data diurutkan berdasarkan besarnya, nilai yang ditengah data disebut Median.

contoh 1

Seperti ditunjukkan pada Tabel 1 di halaman 234, kita menyusun data 31 tangkapan penggaris siswa Kelas A berdasarkan panjangnya. Nilai ke 16 adalah 10, 5 cm yang berada di tengah-tengah. Inilah mediannya.

Catatan: Jika banyaknya data genap, maka median adalah rata-rata dua nilai di tengah.

2. Berdasarkan Tabel 1 di halaman 234 dan Contoh 1, selidiki apakah data Yuni 10, 7 cm termasuk panjang atau pendek dibandingkan median. Bandingkan hasilnya dengan jawaban di Soal 1 pada halaman 234. Diskusikan hasil temuanmu tersebut.

Jawaban:

Karena median 10,5 cm, rekor Yuni 10,7 cm lebih panjang dari median.

(Contoh hal yang disadari)

a. Rekor Yuni lebih pendek dari rata-rata, tetapi lebih panjang dari median.

b. Kesimpulan yang berbeda dapat kita ambil tergantung pada nilai perwakilan (representatif) yang kita gunakan untuk menentukan apakah catatan Yui lebih panjang atau lebih pendek di kelas.

3. Jika terdapat 63 nilai data, di manakah letak median jika data terurut berdasarkan besarnya?

Jawaban:

Nilai ke-32

Modus

Nilai yang paling sering muncul pada data disebut modus.

Berdasarkan Tabel 1 di halaman 234, nilai 10, 3 muncul paling sering. Jadi, modus data Kelas A adalah 10, 3 cm.

4. Ada 10 Sekolah Menengah Pertama di suatu kota. Banyaknya kelas di masingmasing sekolah ditunjukkan di bawah ini. Hitunglah rata-rata, median, dan modusnya.

6 , 12 , 9 , 7 , 6 , 18 , 4 , 9 , 6 , 12

Jawaban:

Karena jumlah data adalah 89, maka nilai rata-rata adalah 8,9 dari

Rata-Rata = Jumlah Semua Nilai Data : Banyak Data
= 89 : 10 = 8,9

Q. Yuni ingin meneliti data posisi tangkapan penggaris kelas lain. Ketika dia menyelidiki data Kelas B dengan cara yang sama seperti di Kelas A, data yang dikumpulkan adalah sebagai berikut.

Hitunglah rata-rata, median, dan modus. Bandingkan dengan nilai representatif Kelas A.

Jawaban:

Catatan rekor tangkappenggaris kelas B

Tabel di sebelah kanan menunjukkan catatan Grup B yang tersusun dalam urutan menaik. Selanjutnya dari tabel ini, mean, median, dan modus dapat Kita hitung.

<Nilai rata-rata>

339,1 ÷ 31 = 10,938…

maka rata-rata 10,9 cm

<Median>

Karena ini adalah nilai ke-16, jadi 11,2 cm.

<Modus>

Nilai paling umum adalah 9,1 cm

<Perbandingan dengan Grup A>

a. Nilai rata-rata sama.

b. Nilai median Grup A lebih pendek 0,7 cm.

c. Modusnya lebih pendek 1,2 cm di Grup B.

5. Diskusikan apakah data Yuni 10,7 cm termasuk panjang atau pendek di antara data Kelas B.

Jawaban:

Contoh

a. Karena rekor Yuni lebih pendek dari rata-rata dan nilai median Grup B, maka dapat kita katakan lebih pendek dalam kelompok B.

b. Rekor Yuni hampir sama dengan nilai rata-rata Grup B, jadi tidak bisa kita katakan panjang atau pendek.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *