ohgreat.id-Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 33 Pengukuran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 33. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Mari Uji Kemampuan Kalian
1. Identifikasilah pernyataan berikut apakah benar atau salah. Ubahlah pernyataan yang salah hingga menjadi benar.
Gambar 1.18 Siswa melakukan pengukuran suhu.
a. Mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan secara kualitatif.
Jawaban:
pernyataan salah, seharusnya mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan kuantitatif.
b. Warna suatu larutan adalah contoh pengamatan kualitatif.
Jawaban:
pernyataan benar, Warna hanya dapat diamati mata sebagai indera penglihat.
c. Satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah detik.
Jawaban:
pernyataan salah, seharusnya satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah meter.
d. Jam adalah satuan untuk waktu sesuai Standar Internasional.
Jawaban:
pernyataan salah, seharusnya detik adalah satuan untuk waktu sesuai Standar Internasional.
e. Volume adalah contoh besaran turunan.
Jawaban:
pernyataan benar, Besaran volume diturunkan dari besaran panjang dan memiliki satuan m³.
2. Apakah dua kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada Gambar 1.18?
Jawaban:
Dua kesalahan siswa pada Gambar 1.18
a. Tidak melakukan pencatatan terhadap hasil pengukuran.
b. Tidak mempunyai indikator pengukuran yang jelas.
c. Ujung termometer tidak mengenai cairan.
d. Pengamatan tidak dilakukan sejajar dengan skala benda yang diukur.
3. Lihatlah sekeliling kelas kalian dan buatkan dua (2) pengamatan kualitatif dan dua (2) pengamatan kuantitatif.
Jawaban:
Pengamatan kualitatif:
a. Warna tembok ruang kelas adalah biru.
b. Tinggi meja belajar setinggi pinggang.
c. Tekstur permukaan papan tulis dengan spidol bertekstur licin.
d. Tekstur dari meja kayu kasar.
Pengamatan kuantitatif:
a. Lebar papan tulis di kelas adalah 2,4 meter.
b. Tinggi pintu ruang kelas adalah 2 meter.
c. Tinggi dari meja yang biasa digunakan guru adalah 80cm.
4. Sebutkan nama alat ukur di bawah ini lalu nyatakan hasil pengukuran dilengkapi satuannya.
Gambar 1.19 Hasil pengukuran dengan beberapa alat ukur.
Jawaban:
Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur suatu benda. Ada banyak macam alat ukur yang memiliki fungsinya masing-masing.
Nama alat ukur dan hasil pengukuran
a. Termometer, hasil pengukurannya adalah 20° C. Satuannya derajat celcius.
b. Timbangan, hasil pengukurannya adalah 1,5 gram. Satuannya gram.
c. Gelas ukur, hasil pengukurannya adalah 33 ml. Satuanya ml.
5. Ketika kalian menyentuh air hangat, maka kalian dapat mengetahui bahwa suhunya lebih tinggi dari air di bak kamar mandi kalian. Kalian juga dapat merasakan dinginya es batu ketika kalian memegangnya, namun mengapa tangan tidak dapat dijadikan satuan baku?
Jawaban:
Karena benda yang tingkat panasnya sama dirasakan berbeda oleh tangan kanan dan kiri. Jadi, suhu benda yang diukur dengan indra perasa menghasilkan ukuran suhu kualitatif, yang tidak dapat dipakai sebagai acuan.
Suhu seharusnya kita ukur secara kuantitatif dengan alat ukur suhu, yakni termometer.
Jadi, jawaban yang tepat adalah tangan tidak dapat kita jadikan satuan baku karena dengan tangan tidak akan didapat nilai dari besaran suhu tersebut serta tidak berlaku universal.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***