Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 105 Suhu Kalor dan Pemuaian Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 105 Suhu Kalor dan Pemuaian Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 105. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Suhu, Kalor dan Pemuaian

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Tuliskan dan jelaskanlah salah satu pemanfaatan fenomena pemuaian lainnya yang dapat kalian temukan di rumah/di sekolah.

Jawaban:

Pemanfaatan Fenomena Pemuaian

a. Rel kereta api

Trek yang berfungsi sebagai trek selalu terpasang secara berkala. Pemasangan rel tidak pernah ketat, karena bahan padat yang membentuk rel kertas dapat mengembang. Mengencangkan rel berisiko membengkokkannya dan membahayakan kereta yang lewat.

Saat suhu naik di siang hari, trek memanjang. Saat mengembang, relnya menjadi lebih panjang dan lebih lebar, dan relnya lebih rapat di siang hari.

b. Jendela kaca

Kaca jendela bekerja dengan prinsip yang sama seperti rel kereta api. Saat memasang kaca jendela, akan selalu ada celah di bingkai jendela. Pada suhu tinggi, kaca mengembang dan berubah ukuran, sehingga mendekati bingkai jendela. Kaca jendela kembali ke ukuran aslinya ketika suhu berubah dari tinggi ke rendah. Proses pemuaian kaca jendela bersifat sementara dan dipengaruhi oleh kenaikan suhu lingkungan.

c. Kabel listrik

Kabel listrik selalu diletakkan dari satu kutub ke kutub lainnya. Memperhatikan hal ini, peletakan kabel listrik selalu dilakukan dengan koneksi yang longgar di antara mereka. Peletakan longgar adalah untuk menjaga kabel agar tidak patah pada suhu rendah.

d. Hubungkan dua pelat logam

Dua pelat logam bergabung dengan paku keling. Dua pelat kita bor dan kita hubungkan dan paku keling panas dipasang. Saat paku mendingin, paku akan menyusut dan menyatukan dua lembaran logam. 

Cara objek meregang dan berkontraksi sudah dikenal oleh para profesional konstruksi. Bahan elastis sering digunakan untuk jalan, jembatan, dan bangunan. Jalan yang retak dan rusak sering terjadi pada musim kemarau karena panas dan aspal yang mengelupas.

2. Perhatikan Tabel 3.2. Jika sebuah bimetal dibuat dari bahan tembaga dan kuningan, gambarkanlah kemana kelengkungan lempeng bimetal tersebut.

Tabel 3.2 Koefisien Muai Panjang Beberapa Jenis Logam

Sumber: Buku IPA kelas 7 Kemdikbud RI, 2017

Jawaban:

Koefisien muai panjang tembaga = 0,000017/⁰C

Koefisien muai panjang kuningan = 0,000019/⁰C

Karena koefisien muai panjang kuningan lebih besar dari pada tembaga, maka pertambahan panjang kuningan lebih besar dari tembaga. Logam kuningan mendesak logam tembaga, sehingga bimetal akan melengkung ke arah logam dengan koefisien muai yang lebih kecil.

3. Carilah informasi lebih jauh tentang festival lomba balon udara yang dilaksanakan tingkat internasional. Apa sajakah kategori sebuah balon udara dinyatakan sebagai pemenang? Tuliskanlah gagasan kalian agar balon udara yang kalian buat dapat menjadi juara.

Jawaban:

Festival lomba balon udara tingkat internasional salah satunya adalah SAGA. Kompetisi tersebut bahwa pilot bersaing untuk melihat seberapa akurat dapat memindahkan balon mereka ke sasaran yang telah panitia tentukan.

Balon sendiri ini hanya bergerak ke atas dan ke bawah, melainkan tidak ke samping, sehingga pilot harus bisa menyesuaikan pembakar untuk memaksa balon bergerak mengikuti angin tersebut.

Di setiap jenis kompetisi balon dapat disebut dengan tugas. Kemudian juga ada sekitar 20 tugas di mana sebagian besar merupakan kompetisi jarak, akurasi, dan kecepatan.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar