Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 10 Laboratorium IPA Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 10 Laboratorium IPA Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 10. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Apa saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan hal-hal di bawah ini?

a. Mengukur volume air sebanyak 25 mL.

Jawaban:

gelas ukur atau pipet volumetrik.

b. Memanaskan air.

Jawaban:

gelas kimia, kaki tiga, kawat kasa, dan bunsen.

c. Mengukur suhu air setelah dipanaskan.

Jawaban:

termometer dan gelas kimia.

d. Mencampur bahan kimia dalam jumlah yang sedikit.

Jawaban:

tabung reaksi dan pipet.

e. Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan.

Jawaban:

kaca arloji dan spatula.

f. Mengaduk garam agar dapat larut dalam air.

Jawaban:

batang pengaduk dan gelas kimia.

2. Bandingkanlah alat-alat laboratorium berikut ini dengan menyebutkan persamaan dan perbedaannya.

a. Batang pengaduk dan spatula.

Jawaban:

Persamaan: Batang pengaduk dan spatula sekilas terlihat sama-sama memiliki bentuk yang lurus panjang seperti stik.

Perbedaan: Batang pengaduk terbuat dari bahan kaca, sedangkan spatula terbuat dari logam.

b. Gelas kimia dan labu Erlenmeyer.

Jawaban:

Persamaan: keduanya menjadi wadah untuk menapung bahan kimia cair dan juga untuk membuat larutan.

Perbedaan: gelas kimia dan labu Erlenmeyer adalah bentuknya yang berbeda, serta ketelitiannya juga berbeda.

c. Kawat kasa dan segitiga porselen.

Jawaban:

Persamaan: Sama-sama berfungsi sebagai penyangga.

Perbedaan: Kawat kasa berfungsi untuk menyangga gelas kimia ketika dipanaskan di atas bunsen, sedangkan segitiga porselen berfungsi untuk menyangga wadah bahan-bahan yang dipanaskan di atas kaki tiga.

d. Tabung reaksi dan cawan penguap.

Jawaban:

Persamaan: Sama-sama berfungsi sebagai wadah zat yang direaksikan.

Perbedaan: Tabung reaksi digunakan dalam reaksi berbasis larutan, sedangkan cawan penguap digunakan dalam reaksi bahan yang tidak mudah menguap.

3. Perhatikanlah gambar berikut

Gambar 1.9 Suasana di laboratorium IPA.

Apakah pendapat kalian mengenai kejadian pada gambar di atas? Tuliskanlah semua peraturan keselamatan yang dilanggar dan juga sarankan bagaimana memperbaikinya.

Jawaban:

Berdasarkan gambar, terlihat banyak siswa yang melakukan praktikum dengan dengan tidak serius dan melanggar peraturan laboratorium.

Beberapa hal yang terlihat tidak sesuai aturan laboratorium adalah :

a. Saat terjadi pemanasan reaksi kimia posisi zat kimia terlalu dekat dengan wajah

b. bebapa zat kimia terlihat berceceran di meja dan tidak dibersihkan

c. beberapa siswa terlihat bermain-main sendiri

d. beberapa siswa terlihat sedang makan di dalam laboratorium

e. penggunaan APD yang tidak lengkap

Saran perbaikan aturan di laboratorium :

a. Saat terjadi pemanasan reaksi kimia, jauhkan zat kimia dan arah uap/gas dari wajah.

b. Bersihkan segera cairan kimia yang tumpah

c. Tidak makan dan bermain di dalam laboratorium

d. Gunakan APD seperti sarung tangan, masker, kacamata, dan jas lab ketika praktikum

4. Gambarlah diagram 2D untuk susunan alat-alat secara lengkap yang digunakan untuk memanaskan air yang suhunya akan diukur setiap3 menit.

Jawaban:

5. Dalam kelompok kecil, pilihlah salah satu peraturan keselamatan laboratorium, lalu buatkan poster mengenai peraturan itu dengan tulisan yang mudah terbaca dari jauh dengan disertai gambar. Poster itu dapat ditempel di laboratorium, untuk mengingatkan kalian dengan temanteman kalian tentang peraturan itu.

Jawaban:

6. Lakukanlah percobaan dari aktivitas 1.5 berikut ini bersama guru dan teman-teman kalian di laboratorium IPA dengan menjalankan peraturan keselamatan yang telah kalian tentukan. Setelah melakukan kegiatan percobaan, evaluasilah kembali langkah-langkah yang kalian lakukan dengan menjawab pertanyaan pada bagian Refleksi.

Jawaban:

Menjaga keselamatan selama melakukan percobaan di laboratorium.

a. Selalu mengenakan jas praktikum, kacamata praktikum, masker, dan sarung tangan saat melakukan percobaan dengan bahan kimia.

b. Jangan makan atau minum di dalam laboratorium.

c. Jangan menghirup bahan kimia apapun.

d. Jika terkena bahan kimia, segera bilas dengan air bersih mengalir dan hindari untuk menggaruk.

e. Jangan membawa bahan kimia atau alat eksperimen ke luar laboratorium tanpa seizin guru.

f. Setelah selesai melakukan praktikum segera cuci tangan dengan air bersih mengalir.

g. Jangan menaruh gelas kimia atau erlenmeyer di pinggir meja.

h. Dilarang masuk ke laboratorium tanpa seizin guru.

i. Saat melakukan percobaan dengan bahan kimia yang mudah terbakar jauhkan dari sumber panas.

j. Selalu mematuhi ucapan dari guru atau asisten laboratorium agar terhindar dari kecelakaan.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *