Jawaban Mari Kita Periksa dan Cermati halaman 90 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Mari Kita Periksa dan Cermati halaman 90 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 90. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Kita Periksa

1. Penerapan Fungsi Linear

Ketika persiapan mandi, kita misalkan suhu air y°C setelah air dipanaskan selama x menit. Setelah menyelidiki hubungan antara x dan y, kita peroleh tabel di bawah. Jawablah pertanyaan berikut.

(1) Berdasarkan tabel, gambarkan pasangan titik-titik koordinat x dan y pada bidang koordinat Cartesius di sebelah kanan.

Jawaban:

(2) Mengingat y adalah fungsi linear dalam x dan grafiknya melalui dua titik (0 , 25,1), (25 , 37,6), carilah persamaan garisnya.

Jawaban:

Grafik melewati titik (0, 25,1), maka intersep yadalah 25,1. Jika kemiringannya dimisalkan a, maka persamaan garisnya adalah y = ax + 25,1.

Garis ini melewati (25, 37,6). Dengan substitusi

x = 25 dan y = 37,6, maka memperoleh

37,6 = 25a + 25,1

a = 0,5

Jadi, persamaan garis yang dicari adalah

y = 0,5a + 25,1

(3) Tentukan setelah berapa menit suhu air mencapai 42°C.

Jawaban:

Jika y = 42 disubstitusi ke persamaan garis tersebut, maka memperoleh

42 = 0,5x + 25,1
x = 33,8

Jadi, suhu air mencapai 42oC setelah 33,8 menit.

2. Penerapan Grafik

Yudi pergi ke perpustakaan yang jaraknya 1.200 m dari rumahnya. Di sana ia meminjam buku, dan kemudian pulang kembali melewati jalan yang sama. Gambar berikut menyajikan hubungan antara waktu sejak Yudi pergi dan jaraknya dari rumah. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

(1) Berapa lama Yudi berada di perpustakaan?

Jawaban:

Lamanya 25 menit

(2) Carilah kecepatan Yudi baik ketika pergi maupun ketika pulangnya.

Jawaban:

Keberangkatan 1.200 : 15 = 80 (m/menit)

Kepulangan 1.200 : 20 = 60 (m/menit)

Cermati

Diagram Perencanaan Pelayanan Kereta Api

Grafik yang menyajikan secara jelas tentang pelayanan kereta api dalam sekejap mata dinamakan diagram. Kita dapat mengetahui tidak hanya waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api, tetapi juga waktu dan tempat saat kereta api bertemu satu sama lain atau saat kereta api tertentu melewati kereta api lain dari diagram.

Pikirkan pertanyaan 1 sampai 4 di bawah ini dengan mengacu diagram berikut.

(1) Carilah kecepatan dari kereta api 3 .

Jawaban:

Dari 360 : 1,5 = 240, maka jawabannya 240 km/jam.

(2) Kapankah kereta api 3 melewati stasiun D?

Jawaban:

Pukul 07.50

(3) Kapan dan di mana kereta api 2 melewati kereta api 4 ?

Jawaban:

Di stasiun F pukul 07.15

(4) Kapan dan di mana kereta api 1 dan kereta api 2 berpapasan?

Jawaban:

Di stasiun C pukul 07.55

Apa lagi yang dapat kamu ketahui dari diagram di atas?

Contoh:

a. Kecepatan kereta ① adalah 216 km/jam.

b. Kereta ① bertemu kereta ③ dan ④ di antara stasiun C dan D.

c. Kereta ③ akan menyusul kereta ④ di stasiun E sekitar jam 07.43.

d. Kereta ④ berhenti di setiap stasiun, setidaknya selama 5 menit.

Penjelasan dan Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Diagram

Diagram mengacu pada ilustrasi jadwal operasi untuk transportasi kereta api. Tidak hanya untuk jadwal kereta api, alat transportasi lainnya juga dapat dibuatkan jadwalnya.

Diagram yang ditunjukkan di Buku Siswa adalah fiktif (tidak nyata). Akan tetapi, dapat kita ilustrasikan, misalnya jadwal kereta api dari stasiun di Surabaya ke Jakarta yang melewati Yogyakarta, Bandung, dan kota-kota lainnya.

2. Penggunaan 1

Berharap Peserta didik  memahami bahwa kecepatan merupakan tingkat perubahan, yaitu merupakan kemiringan grafik.

Karena ③ adalah garis dari titik awal ke titik akhir, maka dapat dikatakan bahwa kereta api bergerak sejauh 360 km dalam waktu 1 jam 30 menit, sehingga kecepatannya dapat dicari.

3. Penggunaan 2 , 3 , 4

Peserta didik diminta membaca grafik seperti berikut.

a. Grafik ① bergerak turun ke kanan dan berlawanan arah dengan kereta api lainnya.

b. Perpotongan grafik menunjukkan bertemunya dua kereta api.

c. Pada grafik ④, bagian yang sejajar dengan sumbu horizontal menunjukkan kereta api berhenti di stasiun selama beberapa saat.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *