Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 183 Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 183 Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban IPS SMA Kelas 10 halaman 183. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku IPS SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tema 03 Ilmu Ekonomi. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Pasar dan Aktivitas Ekonomi

Setelah kalian memahami konsep permintaan, penawaran, harga keseimbangan, atau terbentuknya harga pasar, kini kalian akan mempelajari pengertian pasar dan aktivitas yang ada di dalamnya. Pasar dapat kita artikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk transaksi. Pengertian ini tidak terbatas pada pasar fisik, tetapi juga secara daring (online).

Saat ini bentuk pasar memang tidak hanya pasar berupa wujud fisik seperti yang biasa kalian lihat. Pasar di era modern ini juga dapat berupa jual beli online yang dapat kalian akses melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).  Selanjutnya melalui berbagai aplikasi belanja berbasis TIK, kalian dapat bertransaksi tanpa perlu bepergian ke mana-mana.

Secara umum, keduanya dapat kita bedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak. Selain dibedakan menjadi pasar konkret dan abstrak. Selanjutnya kita lihat dari strukturnya, pasar juga dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang paling ideal karena pasar ini dapat menjamin terwujudnya kegiatan ekonomi yang lebih efisien. Pasar persaingan sempurna memiliki banyak penjual dan pembeli serta harga terbentuk melalui mekanisme pasar sehingga penjual maupun pembeli tidak dapat memengaruhi keadaan pasar. Tidak ada satu penjual atau pembeli yang dominan dalam pasar persaingan sempurna. Namun, dalam praktiknya, pasar persaingan sempurna tidak ada. Yang ada hanyalah ciri-ciri pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna.

Selain pasar persaingan sempurna, terdapat pula pasar persaingan tidak sempurna. Umumnya, pasar persaingan tidak sempurna ini juga terbagi menjadi beberapa jenis antara lain, pasar monopoli, monopolistis, dan oligopoli. Pada pasar persaingan tidak sempurna umumnya akan ada penjual atau pembeli yang dominan dan dapat memengaruhi pasar.

Lembar Aktivitas 6

Petunjuk kerja:

a. Kerjakan tugas di bawah ini secara berkelompok.

b. Gunakan berbagai sumber untuk mengerjakan tugas.

c. Amatilah lingkungan sekitar kalian untuk menjawab pertanyaan di bawah ini.

d. Tulis atau ketik laporan kalian.

e. Jawablah dan diskusikan dengan temanmu beberapa pertanyaan di bawah ini.

f. Sampaikan pendapat kalian di kelas.

Pertanyaan:

Carilah perbedaan pasar berdasarkan strukturnya!

jawaban:

Dilihat dari strukturnya, pasar dapat dibedakan menjadi dua, yakni:

1. Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya ada banyak penjual, dengan karakteristik barang atau jasa relatif seragam. Harga dalam pasar ini tidak ditentukan sepihak oleh produsen, melainkan dari hasil kesepakatan penawaran dan permintaan.

Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual hasil pertanian, seperti beras, buah, dan sayur.

Menurut Vincent Gaspers dalam buku Ekonomi Manajerial: Pembuatan Keputusan Bisnis (1996), suatu pasar bisa dikatakan memiliki persaingan sempurna apabila memenuhi empat kriteria berikut:

a. Produk tiap perusahaan hampir sama

b. Ketentuan bersama di antara semua produsen dapat memengaruhi harga pasar

c. Tidak ada batasan untuk masuk atau keluar bagi produsen

d. Semua perusahaan memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai produk.

2. Pasar persaingan tidak sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang hanya memiliki satu atau beberapa penjual. Harga dalam jenis pasar ini bisa penjual tentukan. Terlebih lagi, barang atau jasa yang penjual tawarkan memiliki perbedaan karakteristik atau jenis.

Pasar persaingan tidak sempurna terbagi menjadi lima jenis, yakni pasar monopoli, oligopoli, persaingan monopolistik, monopsoni, dan oligopsoni.

a. Pasar monopoli

Adalah pasar di mana hanya terdapat satu jenis barang atau jasa.

b. Pasar oligopoli

Merupakan jenis pasar di mana hanya ada beberapa penjual untuk suatu barang tertentu. Sehingga antara penjual yang satu dan lainnya bisa mempengaruhi harga.

c. Pasar persaingan monopolistik

Adalah pasar yang di dalamnya ada banyak penjual dengan barang sejenis tetapi corak atau karakteristiknya berbeda.

d. Pasar monopsoni

Dilansir dari buku Ekonomi Syariah (2021) oleh Fuadi dkk, pasar monopsoni adalah pasar yang memiliki banyak penjual dan satu pembeli.

e. Pasar oligopsoni

Jenis pasar ini memiliki beberapa perusahaan yang menghasilkan barang, dan ada pula yang bertindak sebagai konsumen.

Gambarlah kurva permintaan dan penawaran yang sesuai dengan struktur pasar!

Jawaban:

Kurva Permintaan dan Penawaran Pasar Persaingan Sempurna

Pada gambar diatas terlihat bahwa harga (Po) yang ditentukan oleh pasar/industry barley (sejenis padi-padian, biasanya sebagai bahan sereal) di USA menjadi harga bagi seluruh produsen barley di USA. Seandainya seorang produsen ingin menjual produknya diatas harga pasar, maka produknya tidak akan laku, dan ia terpaksa menurunkan harga hingga harga pasar. Sebaliknya jika seorang produsen menjual produknya dibawah harga pasar, seluruh konsumen akan membeli dari produsen tersebut. Hal ini menyebabkan meningkatnya biaya produksi secara signifikan karena ia harus menambah kapasitas produksi secara berlipat dengan menambah barang-barang modal seperti mesin-mesin. Dengan demikian, ia harus menaikkan kembali harga jualnya hingga harga pasar

Kurva Permintaan dan Penawaran Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Monopoli

Permintaan yang perusahaan monopoli hadapi bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah tapi lebih curam atau bersifat inelastis. Karena ciri-ciri tersebut, seorang produsen dalam pasar monopoli memiliki kekuasaan penuh pada pasar tersebut (complete market power). Salah satu alasan terjadinya monopoli adalah karena biaya yang luar biasa besar mereka butuhkan untuk memulai suatu usaha.

Pasar Oligopoli

Bentuk kurva permintaan yang pasar oligopolis hadapi berbentuk kurva permintaan terpatah. Kondisi kurva permintaan yang demikian karena adanya “perang harga” antara perusahaan oligopolis. Kurva tersebut menunjukkan ketegaran harga jika satu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan lain di pasar juga ikut menurunkan harga, tapi jika perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan lain tidak ikut menaikkan harga.

Pasar monopolistik

Kurva permintaan yang  produsen miliki  pada pasar monopolistik menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan bersifat elastis, hal ini karena produsen dapat menentukan harga pasar

Analisislah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur pasar!

Jawaban:

Pasar persaingan sempurna mempunyai keunggulan dan kelemahan.

Kelebihan pasar persaingan sempurna :

a) mampu mendorong penghematan;

b) pembeli dan penjual bebas bertindak;

c) harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau satu pembeli saja.

Kekurangan pasar persaingan sempurna antara lain:

a) Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk;

b) terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli;

c) produsen memberi gaji dan upah terlalu rendah pada karyawannya demi penghematan.

Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai keunggulan dan kelemahan

Pasar monopoli

Keunggulan pasar monopoli :

a) monopoli dapat mendorong berkembangnya teknologi dan inovasi terutama dalam upaya menekan biaya produksi,

b) memaksimumkan keuntungan dengan melakukan diskriminasi harga yaitu melakukan penjualan dengan harga yang berbeda pada dua pasar yang berbeda.

Kelemahan pasar monopoli :

a) distribusi pendapatan tidak merata,

b) penetapan harga jual produk tanpa menghiraukan daya beli masyarakat.

Pada kondisi seperti saat ini, manakah pasar yang paling menguntungkan untuk masyarakat, mengapa?

Jawaban:

Pasar konkret

Pasar konkret merupakan pasar dengan barang yang mereka jual ada ditempat dan bisa langsung dibawa pembeli.

Contohnya: pasar tradisional, pasar ikan, pasar elektronik, pasar swalayan, supermarket, hypermarket, mall dan supermall.

Hal ini karena dalam pasar konkrit masyarakat dapat masuk dan keluar dengan mudah. Selain itu sangat sedikit intervensi dari pihak lain dalam pasar konkret. Serta dengan maraknya pasar elektronik memudahkan msyarakat dalam bertransaksi.

Analisislah perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak (daring)

Jawaban:

Bentuk pasar menurut wujudnya meliputi pasar konkret dan pasar abstrak antara lain:

a) Pasar Konkret (pasar nyata) adalah pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli, contoh pasar konkret adalah pasar tradisional, supermarket, mall, serta swalayan, dan lain-lain.

b) Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), adalah pasar di mana antara pembeli dan penjual bertemu, tetapi barang yang diperjual belikan tidak secara langsung dapat diperoleh oleh pembeli. Pada pasar abstrak penjual hanya memperlihatkan contoh-contoh barang yang dijual, contoh pasar abstrak adalah telemarket dan pasar modal.

Bagaimana pengaruh pesatnya perkembangan teknologi infomasi terhadap pasar?

Jawaban:

Dampak kemajuan iptek terhadap pasar

adalah semakin meningkatnya pasar abstrak. Adanya kemajuan teknologi, pembeli dan penjual tidak perlu lagi bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi.  Selanjutnya melalui pasar abstrak (e-commerce) pembeli dan penjual dapat melakukan transaksi dengan mudah, cepat, dan aman.

Analisislah pengaruhnya bagi pasar konkret!

Jawaban:

Pengaruhnya bagi pasar konkret

Perkembangan teknologi informasi saat ini mempengaruhi kegiatan jual beli masyarakat di pasar konkret. Jumlah penjual dan pembeli dipasar konkret semakin menurun karena masyarakat beralih ke pasar abstrak yang dianggap lebih efisien dalam hal waktu, tenaga, dan biaya transportasi. Berkat kemajuan teknologi informasi, kegiatan jual beli bisa kita lakukan dengan mudah melalui jual beli online sehingga masyarakat lebih tertarik untuk melakukan jual beli secara online. Hal ini, menyebabkan pasar konkret tidak seramai sebelumnya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Selanjutnya jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *