Jawaban Lembar Aktivitas 3 halaman 12 Pengaruh Kondisi Geografi sterhadap Keragaman Sosial Budaya Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 3 halaman 12 Pengaruh Kondisi Geografi sterhadap Keragaman Sosial Budaya Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 8 halaman 12. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tema 01 KONDISI GEOGRAFIS DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Lembar Aktivitas 3

Bagaimana Pengaruh Kondisi Geografi sterhadap Keragaman Sosial Budaya?

Kalian dapat menemukan berbagai kebudayaan masyarakat Indonesia baik berkaitan dengan mata pencaharian, kerajinan, kesenian, maupun upacara keagamaan. Bagaimana hubungan kondisi geografis dengan keragaman sosial budaya?

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 peserta didik

2. Jawablah pertanyaan berikut

a. Carilah hasil kebudayaan berdasarkan mata pencaharian, kesenian, upacara keagamaan di Indonesia?

Jawaban:

Berikut ini adalah hasil kebudayaan pada suku dayak berdasarkan beberapa aspek:

1) Mata pencaharian, yaitu dalam berladang mereka mengembangkan suatu sistem kerja sama dengan cara membentuk kelompok gotong-royong yang biasanya berdasarkan hubungan tetanggaan atau persahabatan.

2) Kesenian, Adanya tarian-tarian tradisional seperti Tari Gantar, Tari Kancet Papatai / Tari Perang, dan lain sebagainya.

3) Keagamaan, agama asli dari penduduk pribumi adalah agama Kaharingan. Sebutan kaharingan diambil dari Danum Kaharingan yang berarti air kehidupan. Umat Kaharingan percaya bahwa lingkunan sekitarnya penuhdengan mahluk halus dan roh-roh (ngaju ganan).

Kondisi gografis dari suku Dayak yaitu orang-orang Dayak di Kalimantan Tengah mendiami desa-desa yang terletak jauh satu dari yang lain seperti di tepi atau dekat sunagi. Komunikasi antara satu desa dengan desa lain pada umumnya melalui air, dan jarang sekali melalui darat. Hal ini disebabkan karena daerah dimana desa-desa itu didirikan masih merupakan daerah hutan tropis dansemak belukar bawah yang padat.

b. Diskusikan bagaimana hubungan kondisi geografis dengan hasil kebudayaan tersebut?

Jawaban:

Kondisi geografis adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi kehidupan sosial budaya dari suatu kelompok masyarakat. Hal ini bisa terjadi karena kehidupan sosial budaya dari masyarakat akan disesuaikan dengan suhu, cuaca, dan juga kekayaan sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. Contohnya adalah pada tempat tinggal atau rumah adat yang merupakan salah satu bentuk dari kebudayaan yang dipengaruhi oleh kondisi geografis. Hal ini bisa tampak pada rumah adat yang ada di dataran rendah akan menggunakan anyaman bambu sebagai dindingnya untuk celah masuk angin ke dalam rumah sehingga suhu di dalam rumah menjadi sejuk.

Mata pencaharian juga merupakan hal yang sangat dipengaruhi oleh kekayaan sumber daya alam yang ada di suatu daerah. Contohnya adalah mata pencaharian yang berupa nelayan hanya bisa ditemukan pada masyarakat yang tinggal di daerah perairan karena daerah perairan memiliki kekayaan sumber daya laut.

c. Bagaimana kaitan kondisi geografis dengan hasil kebudayaan?

Jawaban:

Secara aspek kebudayaan, letak geografisnya suatu wilayah mengakibatkan budaya menjadi beragam.

Sebagai contoh letak geografis Indonesia yang strategis, menjadi jalur lalu lintas perdangangan dunia.

Para pedangang banyak yang transit bahkan menjadikan Negara Indonesia menjadi tujuan pelayaran/perdagangan.

d. Bagaimana manfaat keragaman keragaman budaya bagi saling ketergantungan antar wilayah?

Jawaban:

Manfaat keragaman budaya, di antaranya:

1) Sumber pengetahuan bagi dunia

2) Sebagai identitas di mata internasional

3) Memupuk sikap toleransi

4) Menumbuhkan sikap nasionalisme

5) Menjadikan perbedaan sebagai alat pemersatu bangsa

Dengan memafaatkan hal-hal tersebut, maka menghindari perpecahan yang didasarkan pada perbedaan suku bangsa, ras, agama, kepercayaan, dan budaya. Perbedaan yang ada di Indonesia, harus bisa mewujudkan persatuan dankesatuan bangsa, dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

3. Tuliskan hasil diskusimu pada format tabel di bawah ini.

Jawaban Pada Tabel

a. Mata Pencaharian

Hasil Kebudayaan: Perahu pinisi
Lokasi: Sulawesi Selatan
Kaitan dengan Kondisi Geografis: Daerah laut memberikan keterampilan mencari hidup dari laut.

b. Kesenian

Hasil Kebudyaan: Batik
Lokasi: Solo, Jawa Tengah
Kaitan dengan Kondisi Geografis: Lekat dengan pusat budaya Jawa, yaitu Keraton Kasunanan.

c. Upacara Keagamaan

Hasil Kebudyaan: Sedekah Laut
Lokasi: Yogyakarta
Kaitan dengan Kondisi Geografis: wilayah Yogyakarta bagian pesisir membuat masyarakatnya percaya akan berkah dari hasil laut.

4. Tukarkan hasil pekerjaan kelompokmu dengan teman yang lain

5. Sempurnakan tugas kalian setelah diberikan komentar temanmu

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *