Jawaban Lembar Aktivitas 1 halaman 207 Suku di Bali Yang Memiliki Kebudayaan Yang berbeda Dalam Merawat Jenazah Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

oleh -345 Dilihat

ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 1 halaman 207 Suku di Bali Yang Memiliki Kebudayaan Yang berbeda Dalam Merawat Jenazah Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 halaman 207. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Lembar Aktivitas 1

Isolasi geografis tidak hanya terjadi pada sebuah pulau, carilah nama dari suku di Bali yang memiliki kebudayaan yang berbeda, terutama dalam merawat jenazah, carilah alasan mengapa kebudayaan mereka berbeda dengan masyarakat Bali pada umumnya, serta jelaskan bagaimana pemulasaraan mayat leluhur mereka!

Jawaban:

Di Bali, terdapat beberapa suku yang memiliki kebudayaan yang berbeda, seperti suku Bali Aga di Desa Trunyan dan suku Tenganan di Desa Tenganan. Kedua suku ini memiliki kebiasaan yang unik dalam merawat jenazah.

1. Suku Bali Aga di Desa Trunyan

Suku ini memiliki tradisi penguburan jenazah yang unik, yaitu dengan menempatkan jenazah di atas tanah dan membiarkannya terbuka di bawah pohon Taru Menyan yang hanya tumbuh di kawasan desa tersebut. Masyarakat menganggap pohon ini mampu menghilangkan bau busuk dari jenazah.

2. Suku Tenganan di Desa Tenganan

Suku ini memiliki tradisi penguburan jenazah dengan meletakkan jenazah di dalam gua yang telah bersih dan dihiasi dengan bunga.

Alasannya:

Alasan mengapa kebudayaan kedua suku tersebut berbeda dengan masyarakat leluhur mereka bisa jadi disebabkan oleh isolasi geografis yang terjadi di daerah tersebut. Desa Trunyan dan Desa Tenganan terletak di daerah yang cukup terpencil dan tidak mudah dijangkau. Hal ini mungkin membuat kedua suku tersebut tidak terpengaruh dengan budaya luar yang datang dari luar Bali. Selain itu, suku Bali Aga di Desa Trunyan juga diyakini sebagai keturunan orang-orang dari pedalaman Bali yang telah bermigrasi ke wilayah pantai pada masa lalu. Kedatangan mereka ke wilayah pantai mungkin telah membawa perubahan dalam kebiasaan mereka, termasuk dalam merawat jenazah.

Dalam hal ini, isolasi geografis dapat memengaruhi perkembangan kebudayaan suatu daerah dan memungkinkan terbentuknya tradisi dan kebiasaan yang unik. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya pelestarian keanekaragaman budaya di Indonesia.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.