Jawaban Latihan 7.2 halaman 182 Histogram Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Latihan 7.2 halaman 182 Histogram Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 182. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 7 Statistika. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Latihan 7.2

Ayo Bekerja Sama

Ayo bekerja sama dalam melengkapi tabel di bawah ini agar waktu yang diperlukan menjadi lebih sedikit.

1. Kalian pernah belajar mengenai perkalian dari 0 × 0 sampai 12 × 12. Lengkapilah tabel perkalian di bawah ini.

Jawaban:

Kalian bisa membuat kelompok hasil perkalian di atas dengan mengelompokkan ke dalam kelas-kelas dengan panjang kelas 10. Sebagai contoh, kelas pertama adalah kelas 0-9, kelas kedua: 10-19, kelas ketiga: 20-29, dan seterusnya sampai kelas: 140-149.

a. Buatlah tabel frekuensi dengan panjang kelas 10.

Jawaban:

b. Lalu gambarlah histogramnya.

Jawaban:

c. Menurut kalian, apakah hasil kali tersebut akan terdistribusi merata ke setiap kelas yang panjang kelasnya 10? Atau apakah ada kelas tertentu yang memiliki hasil kali lebih banyak dari kelas lainnya?

Jawaban:

Tidak merata. Kelas 0-9 memiliki frekuensi yang terbanyak.

d. Sekarang buatlah histogram lainnya dengan panjang kelas 20, dimulai dari 0-19, 20-39, 40-59, dan seterusnya.

Jawaban:

e. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan dari kedua histogram yang kalian hasilkan.

Jawaban:

Persamaan, kelas terbesar adalah kelas pertama. Kebanyakan data berkumpul di dua kelas yang pertama dan semakin ke kanan, frekuensi kelas semakin kecil. Kebanyakan data terkumpul di sebelah kiri histogram. Perbedaannya terletak pada lebar kelas dari kedua histogram di atas.

2. Dari sebuah survei terhadap siswa SMP mengenai berapa banyak waktu yang mereka habiskan bersama orang tua mereka di akhir pekan, diperoleh hasil survei sebagai berikut.

Tabel 7.3 Waktu yang Dihabiskan Siswa di Akhir Pekan

Jika kalian ingin membandingkan hasil survei siswa laki-laki dengan hasil survei siswa perempuan, kalian bisa menampilkannya dalam 2 buah diagram lingkaran.

Gambar 7.6 Perbandingan Diagram Lingkaran Siswa Laki-Laki dan Perempuan

Ayo Berpikir Kritis

a. Mengapa data yang ditampilkan dalam bentuk persentase?

Jawaban:

Karena banyaknya siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak sama, dan kita akan membandingkannya.

b. Kalian juga bisa menampilkan data-data di atas dalam grafik batang ganda, di mana dalam setiap kategori memiliki 2 batang, yang satu menunjukkan persentase banyaknya siswa laki-laki di kategori tersebut dan yang lainnya menunjukkan persentase siswa perempuan.

Lengkapilah diagram batang berikut.

Gambar 7.7 Diagram Batang Ganda Waktu Akhir Pekan Siswa

jawaban:

Ayo Bernalar

Dengan memilih representasi grafik yang tepat, akan memudahkan kita dalam membandingkan 2 kelompok data.

c. Menurut kalian, diagram manakah yang lebih mudah digunakan untuk membandingkan 2 kelompok data? Berikan alasan dari pilihanmu.

Jawaban:

Dengan grafik diagram batang ganda, siswa dapat melihat perbandingan dua kelompok data dengan lebih baik karena pada kategori yang sama, diagram batang dari kedua kelompok data ditampilkan berdampingan. Misalnya ternyata kelompok siswa perempuan lebih banyak di 3 kategori yaitu “sepanjang Sabtu Minggu”, “hanya 1 hari” dan “hanya ½ hari”. Kelompoksiswa laki-laki hanya lebih banyak di kategori “kurang dari ½ hari”.

3. Dani sering bermain games online sehingga nilai kuis matematikanya jelek. Orang tua Dani melarang Dani untuk bermain games online sampai hasil nilai kuis matematika Dani berubah secara signifikan. Guru matematika Dani setiap minggu memberikan kuis matematika dengan nilai tertinggi 100. Dani membuat grafik batang untuk menunjukkan kepada orang tuanya bahwa nilai kuisnya sudah membaik dalam 5 minggu terakhir.

Ayo Berpikir Kritis

a. Panjang batang nilai kuis 5 Dani tiga kali lebih tinggi dari panjang batang nilai kuis 1-nya. Apakah nilai kuis 5-nya tiga kali dari nilai kuis 1-nya?

Jawaban:

Nilai kuis pertama Dani adalah 40, dan nilai kuis ketiga Dani adalah 55. Jadi, tidak benar kalau nilai kuis ke-5 Dani tiga kali nilai kuis pertamanya.

b. Orang tua Dani mengatakan bahwa grafik batang yang dibuat Dani menyesatkan karena dari grafik ini terlihat ada perbaikan signifikan dari nilai kuis Dani dibandingkan dengan kenyataannya. Hal manakah pada grafik ini yang menyebabkan grafik ini memberikan kesimpulan yang salah?

Gambar 7.8 Diagram Batang Buatan Dani

Jawaban:

Pada sumbu y, tidak memiliki skala yang sama. Dari 0 ke 35 digambarkan sangat pendek sehingga tidak memberikan gambaran data yang sesungguhnya.

Penguatan Karakter

c. Buatlah diagram batang yang baru yang dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan menggambarkan performa Dani yang sebenarnya di kuis matematika mingguan.

Jawaban:

(Penguatan karakter) Diagram batang yang baru dapat memberikan hasil lebih akurat dan menggambarkan performa Dani yang sebenarnya di kuis Matematika mingguan:

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *