Jawaban Latihan 4.1 dan Latihan 4.2 halaman 101 Perbandingan Trigonometri Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Latihan 4.1 dan Latihan 4.2 halaman 101 Perbandingan Trigonometri Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 101. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 4 Perbandingan Trigonometri. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Latihan 4.1

1. Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12!

Gambar 4.12
Segitiga dengan Sisi XYZ

Jawaban:

V = Sisi depan

X = Sisi samping

Z = Sisi miring

2. Putri menamakan sisi segitiga sebagai berikut:

a. Sisi depan adalah sisi m.

b. Sisi samping adalah sisi n.

c. Sisi miring (hipotenusa) adalah sisi o.

Coba tuliskan anjuran untuk Putri memperbaiki pemahamannya! Dalam anjuran kalian, pastikan ada penjelasan alasannya.

Jawaban:

Putri harus memperhatikan letak sudut yang dirujuk. Sisi depan sudut 30º adalah sisi n, bukan sisi m. Sisi samping sudut 30º adalah sisi m, bukan sisi n. Putri sudah benar mengidentifikasi sisi miringnya yaitu sisi o.

Latihan 4.2

1.

Apakah kalian dapat mencari nilai perbandingan tan 70o? Jelaskan Mengapa!

Jawaban:

Tidak bisa. Untuk mencari nilai perbandingan tangen, segitiga yang dirujuk haruslah segitiga siku-siku. Segitiga pada soal ini tidak memenuhi kriteria segitiga siku-siku karena tidak ada sudut siku-sikunya.

2. Bagilah tugas dengan teman sekelasmu untuk membuat 3 segitiga siku-siku yang salah satu sudutnya sebesar 40o. Pastikan ukuran ketiga segitiga tersebut berbeda-beda. Tandai sudut siku-siku dan sudut 40º serta nama setiap sisinya.

3. Carilah nilai perbandingan sisi depan dan sisi samping sudut 40º menggunakan salah satu segitiga yang sudah dibuat.

4. Carilah nilai tan 40ª menggunakan salah satu segitiga yang sudah dibuat.

5. Diskusikan dengan teman sekelasmu: Apakah jawaban nomor 2 dan 3 setiap dari kalian sama? Apakah nilai tan 40o berupa nilai perbandingan? Jelaskan alasanmu!

Jawaban:

Untuk soal nomor 2, 3, 4, dan 5:

Kesimpulan yang diharapkan siswa dapatkan melalui kegiatan latihan ini adalah bahwa nilai tan 40o berupa nilai perbandingan yang benar adanya pada segitiga sekalipun ukurannya berbeda-beda. Untuk memeriksa pemahaman siswa, guru dapat bertanya bila jawaban perbandingan tan 45o pada segitiga dengan ukuran berbedabeda akan sama atau berbeda

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *