Jawaban Latihan 3.5 dan Latihan 3.5 halaman 91 Bentuk Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Latihan 3.5 dan Latihan 3.5 halaman 91 Bentuk Penjumlahan dan Pengurangan Vektor Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 91. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 3 Vektor dan Operasinya. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Latihan 3.5

1. Perhatikan dua vektor di bawah ini.

a. Gambarkan 2A

b. Gambarkan 3B

c. Gambarkan 2A + 3B

Jawaban:

2 A + 3 B

2. Buat dua titik A(3, 2) dan B(–6, 8) dalam sistem koordinat Kartesius.

a. Gambarkan vektor posisi OA dan OB.

b. Gambarkan hasil pengurangan vektor OB dengan OA.

c. Buat pengurangan kedua vektor dengan menggunakan vektor kolom.

Jawaban:

OA – OB = (-6 8) – (3 2) = (-9 6)

Hasil secara komponen sesuai dengan hasil secara grafis yang ditunjukkan oleh vektor a.

3. Perhatikan gambar vektor-vektor di bawah ini. Operasikan vektor-vektor secara grafis dan komponen. Gunakan kertas berpetak untuk operasi vektor secara grafis.Tentukan juga panjang vektor hasil penjumlahan.

a. EF + GH
b. 2 EF – GH
c. EF + GH + CD
d. EF – GH + 2 CD
e. EF + GH + CD + AB
f. EF – 3 GH – CD

Jawaban:

4. Perhatikan peta Papua di bawah ini.

a. Gambarkan vektor Jayapura-Wamena, yaitu JW dan vektor Jayapura-Nabire, yaitu JN.

b. Gambarkan pengurangan vektor JW dengan vektor JN.

Jawaban:

Resultan dari JW – JN

Latihan 3.6

1. Jika vektor a = (x1 y1) dan b = (x2 y2) tunjukkan bahwa a + b = b + a

Jawaban:

Menunjukkan sifat komutatif

2. Mengapa metode jajar genjang merupakan salah satu metode penjumlahan vektor?

Jawaban:

Metode jajar genjang merupakan salah satu metode penjumlahan vektor karena sebenarnya jajar genjang mempunyai dua pasang sisi yang sejajar

Ayo Berpikir Kritis

3. Buktikan bahwa A, B, dan C kolinier terletak pada satu garis dengan menunjukkan bahwa AB dan BC paralel. Tentukan titik A, B, dan C terlebih dahulu.

Jawaban:

Misalkan A (-3, 2, -1), B (1, 5, -6) dan C (5, 8, -11)

Vektor baris dari AB adalah (4 3 -5) dan AC juga adalah (4 3 -5)

AB dan AC memiliki titik pangkal yang sama dan keduanya sejajar maka titik A, B, dan C segaris.

4. Tentukan panjang vektor resultan.

Jawaban:

Resultan vektor

5. Buatlah 3 vektor sembarang a, b, dan c pada kertas berpetak. Gambarkan hasil 2a + b –2c.

Jawaban:

Siswa membuat 3 vektor sembarang a, b, dan c pada kertas berpetak.
Gambarkan hasil 2a + b -2c.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *