ohgreat.id-Jawaban halaman 60 Setelah berapa tahun Stalaktit Terbentuk? Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 60. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Setelah berapa tahun?
Terdapat banyak stalaktit di berbagai gua di Pacitan. Pada gua-gua stalaktit, terdapat beberapa tempat di mana air menetes dari atap gua dan akibatnya sebuah batu terbentuk seperti es beku. Batu yang terbentuk dari proses ini selama bertahun-tahun dinamakan stalaktit.
1. Ketika kita mengukur panjang dari sebuah stalaktit di gua stalaktit, diketahui panjangnya 5 cm. Jika stalaktit tersebut bertambah panjang 1 cm setiap 30 tahun, setelah berapa tahunkah panjang stalaktit menjadi 15 cm?
Jawaban:
Sebaiknya peserta didik bernalar tentang berapa tahun yang dibutuhkan dari stalaktit yang semula 5 cm menjadi 15 cm,
30 : 1 = x : 10
x = 300
Jawaban: 300 tahun
2. Untuk masalah pada nomor 1 di halaman sebelumnya, Dewi memisalkan panjang stalaktit setelah x tahun adalah y cm, membuat tabel berikut, dan mencari dalam berapa tahun panjang stalaktit menjadi 15 cm. Lengkapi tabel dan carilah dalam berapa tahun stalaktit menjadi 15 cm.
Jawaban:
Berurutan dari kiri tabel, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15
Berdasarkan tabel, setelah 300 tahun
3. Untuk soal pada nomor 2, dapatkah kita menyatakan bahwa y adalah fungsi dari x? Dapatkah kita menyatakan bahwa mereka memiliki hubungan senilai atau berbalik nilai, yang sudah kita pelajari di SMP Kelas VII?
Jawaban:
Ketika nilai x kita tentukan, hanya satu nilai y yang muncul, jadi y bisa kita katakan sebagai fungsi dari x.
Karena nilai pembagian y/x dan perkalian xy tidak konstan, maka tidak dapat kita katakan perbandingan senilai atau perbandingan berbalik nilai.
Penggunaan 2
Saat mengamati fungsi, peserta didik perlu ingat agar mereka membuat tabel untuk mencari tahu hubungan antara x dan y.
Di sini, peserta didik ingatkan bahwa nilai numerik yang mereka inginkan (belum mereka ketahui) dapat diperoleh dengan membuat tabel dan melengkapinya.
Penggunaan 3
Peserta didik mengulas kembali definisi fungsi yang sudah mereka pelajari di kelas VII. Usahakan peserta didik mengamati dan mengonfirmasikan definisi fungsi “Jika Anda menentukan nilai x, hanya satu nilai y yang sesuai”.
Selain itu, peserta didik mengonfirmasi karakteristik perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai yang mereka pelajari di kelas VII.
Karakteristik perbandingan senilai:
a. Menyatakan dengan persamaan y = ax, dengan a adalah konstanta perbandingan senilai.
b. Ketika nilai x berubah menjadi dua kali, tiga kali, dan seterusnya, maka secara berurutan nilai y juga berubah menjadi dua kali, tiga kali, dan seterusnya.
c. Grafiknya berupa garis yang melewati titik (0, 0).
Karakteristik perbandingan berbalik nilai:
a. Menyatakan sebagai y = a/x , dengan a adalah konstanta perbandingan berbalik nilai.
b. Ketika nilai x berubah menjadi 2 kali, 3 kali, dan seterusnya, maka secara berurutan nilai y menjadi 1/2 kali, 1/3 kali, dan seterusnya
c. Grafiknya adalah kurva ganda.
Jadi, y adalah fungsi dari x, tetapi ingatkan peserta didik bahwa fungsi tersebut berbeda dari fungsi yang telah mereka pelajari sejauh ini.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***