Jawaban Garis Sejajar dan Sudut halaman 102 Garis Sejajar dan Segi Banyak Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Garis Sejajar dan Sudut halaman 102 Garis Sejajar dan Segi Banyak Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 102. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Menyelidiki Sifat-Sifat Bangun Geometri. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Garis Sejajar dan Sudut

Sudut-Sudut Bertolak Belakang

Q.Pada gambar di sebelah kanan, garis ℓ dan m berpotongan. Jika ∠a = ∠60°, berapakah besar sudut ∠b, ∠c, dan ∠d?

Jawaban:

∠b = 60°, ∠c = 120°, ∠d = 120°

Seperti  pada gambar di atas, empat sudut terbentuk dari perpotongan dua garis ℓ dan m. Dua sudut yang saling berlawanan, seperti ∠a dan ∠b, ∠c dan ∠d dinamakan sudut-sudut yang saling bertolak belakang.

Pada gambar di kanan, berapa pun besar ∠c, kita dapat menyatakan

∠a = 180° – ∠c
∠b = 180° – ∠c.

Dari hasil ini, dapat kita simpulkan bahwa

∠a = ∠b.

Soal 1

Pada gambar di bagian , jelaskan mengapa ∠c = ∠d.

Jawaban:

∠c = 180° – ∠a, ∠d = 180° – ∠a

Karena itu, ∠c = ∠d


Soal 2

Pada gambar di sebelah kanan, tampak tiga garis berpotongan di satu titik. Carilah besar ∠a, ∠b, dan ∠c.

Jawaban:

∠a = 45°, ∠b = 75°,∠c = 60°

Sudut Sehadap dan Sudut Dalam Berseberangan

Pada gambar di sebelah kanan, dari sudut-sudut yang dibentuk oleh dua garis ℓ dan m, dan garis n yang memotong ℓ dan m, maka sudut-sudut seperti ∠a dan ∠e, ∠b dan ∠f, ∠c dan ∠g, ∠d dan ∠h dinamakan sudut-sudut sehadap.

Selain itu, sudut-sudut seperti ∠b dan ∠h, ∠c dan ∠e disebut sudut-sudut dalam berseberangan.

Soal 3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut menggunakan gambar di sebelah kanan.

(1) Tentukan sudut yang sehadap dengan ∠c.

Jawaban:

∠g

(2) Tentukan sudut dalam berseberangan dari ∠f.

Jawaban:

∠d

Garis Sejajar dan Sudut Sehadap

Q. Seperti ditunjukkan pada gambar di kanan, gambarlah garis-garis sejajar dengan menggunakan penggaris siku-siku. Mengapa kita dapat menggambar garis-garis sejajar dengan cara ini?

Jawaban:

Karena peserta didik bisa menggambar dua garis lurus yang berpotongan pada sudut yang sama dengan satu garis lurus.

Jika kita menggambar dua garis ℓ dan m yang dipotong garis n sehingga sudut sehadap besarnya sama, maka garis ℓ dan m sejajar. Oleh karena itu, pada gambar di kanan, dapat kita simpulkan bahwa

Jika ∠a = ∠b, maka ℓ // m.

Jika garis n memotong dua garis sejajar ℓ dan m, maka sudut sehadap besarnya sama. Oleh karena itu, pada gambar di kanan, kita dapat menyimpulkan bahwa

Jika ℓ // m, maka ∠a = ∠b

Soal 4

Pada gambar di kanan, tentukan garis-garis yang sejajar. Nyatakan jawabanmu dengan menggunakan simbol garis-garis sejajar. Selain itu, dari ∠x, ∠y, dan ∠z, manakah yang besarnya sama?

Jawaban:

ℓ//n, ∠x = ∠z

Garis Sejajar dan Sudut Dalam Berseberangan

Soal 5

Pada gambar di kanan, ∠a = ∠b penjelasannya seperti berikut. Isilah [] dengan sudut-sudut yang tepat.

Jawaban:

∠a = [∠c]
[∠c] = [∠b]
[∠a] = [∠b]

Jika kita buat garis n yang memotong dua garis sejajar ℓ dan m yang sejajar, maka sudut-sudut dalam berseberangan yang terbentuk besarnya sama. Oleh karena itu, pada gambar di Soal 5 , dapat kita simpulkan bahwa

Jika ℓ // m, maka ∠a = ∠b.

Soal 6

Pada gambar di kanan diketahui ℓ // m. Carilah besar ∠x dan ∠y.

Jawaban:

∠x = 100°; ∠y = 55°

Hal-hal yang telah kita selidiki sejauh ini dapat dirangkum sebagai berikut.

Soal 7

Pada gambar berikut, jika ℓ // m, carilah besar ∠x dan ∠y.

Jawaban:

(1) ∠x = 130°

(2) ∠x = 120°, ∠y = 40°

Soal 8

Pada gambar di sebelah kanan, jika ∠a + ∠d = ∠180°, maka jelaskan mengapa ℓ // m.

Jawaban:

Dari gambar tersebut, ∠c + ∠d = 180°

Karena itu,

∠c = 180° – ∠d ①

Juga, dari ∠a + ∠d = 180°,

∠a = 180° – ∠d ②

Dari ①, ②,

∠c = ∠a

Karena sudut dalam berseberangan bersarnya sama, maka l//m

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *