Jawaban Eksplorasi 7.4 halaman 189 Mean Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Eksplorasi 7.4 halaman 189 Mean Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 189. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 7 Statistika. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Eksplorasi 7.4

Ayo Bereksplorasi

OSIS Sekolah A yang beranggotakan 10 orang akan melakukan aksi sosial untuk membantu para korban bencana alam. Mereka sepakat untuk mengumpulkan pakaian bekas layak pakai untuk membantu para korban bencana alam. Adapun jumlah baju yang dikumpulkan setiap pengurus OSIS adalah sebagai berikut.

3 5 7 10 5 3 4 6 9 8

a. Tentukanlah nilai mean, median, dan modus dari jumlah baju yang dikumpulkan oleh para pengurus tersebut.

Jawaban:

Mean = 60/10 = 6, median = (5+6)/2 = 5,5 dan modus = 5

b. Keesokan harinya, ada dua siswa yang bukan pengurus OSIS, namun mereka terinspirasi dengan aksi sosial yang dilakukan oleh para pengurus OSIS. Mereka langsung ikut menyumbangkan baju layak pakai sebanyak 20 dan 22 buah. Tentukan mean, median, dan modus dari kumpulan data yang baru.

Jawaban:

Data baru menjadi:
3 3 4 5 5 6 7 8 9 10 20 22

Mean = 102/12 = 8,5, median = (6 + 7)/2 = 6,5 dan modus = 5

Ayo Berdiskusi

Bagaimana penambahan data berpengaruh terhadap ukuran pemusatan?

Minta siswa melakukan pengamatan, ukuran pemusatan mana yang memiliki perubahan paling besar karena adanya tambahan 2 data baru. (Modus dan Median, nilainya cenderung tetap atau tidak terpengaruh dengan data yang ekstrem/pencilan, sedangkan nilai mean terpengaruh dengan data pencilan).

Di subbab C, siswa akan diberikan data yang sangat ekstrem agar dapat melihat perubahan yang terjadi.

Jika seandainya siswa ke-12 bukan menyumbang 22 buah, namun menyumbang 100 pakaian,

3 3 4 5 5 6 7 8 9 10 20 100

maka sebelum menghitung ukuran pemusatan yang baru, diskusikan di kelas mengenai ukuran pemusatan manakah yang akan berubah. Siswa dengan pemahaman yang baik akan menjawab mean akan berubah secara signifikan, sedangkan nilai median dan modus relatif tetap. Minta siswa membuktikannya dengan menghitung ukuran pemusatan itu berdasarkan data yang baru.

Mean = 180/12 = 15, median = (6 + 7)/2 = 6,5 dan modus = 5

Mean berubah secara signifikan. Median dan modus tidak berubah.

Jadi data yang ekstrem hanya berpengaruh pada mean, tapi tidak pada median dan modus.

Pada subbab C. Median dan Kelas Modus Data Kelompok , siswa akan melihat ketika data tunggal dikelompokkan menjadi data kelompok, ukuran pemusatan data tunggal tidak berbeda atau relatif sama dengan data kelompok.

Dari data tunggal pada kegiatan eksplorasi 3 mengenai penjualan sepatu dengan banyak data = 30 buah, minta siswa menghitung mean data tunggal terlebih dahulu:

Lalu minta siswa membandingkan dengan mean data kelompok = 42,6.

Mean data tunggal dengan mean data kelompok dapat dikatakan relatif sama, sehingga pengelompokkan data tunggal menjadi data kelompok tidak akan mengubah nilai mean secara signifikan.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *