Jawaban Eksplorasi 6.1 dan Eksplorasi 6.2 halaman 147 Menyelidiki Fungsi Kuadrat Terbuka ke Atas dan Ke Bawah Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Eksplorasi 6.1 dan Eksplorasi 6.2 halaman 147 Menyelidiki Fungsi Kuadrat Terbuka ke Atas dan Ke Bawah Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 147. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 6 Fungsi Kuadrat. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Eksplorasi 6.1

Menyelidiki fungsi kuadrat terbuka ke atas

Gambar 6.3 Lintasan Mobil

1. Isilah tabel dengan jarak tempuh mobil terhadap waktu.

Jawaban:

2. Bagaimana hubungan antara jarak dengan waktu?

Jawaban:

Jarak tempuh bertambah jika waktu bertambah tetapi pertambahan tidak sama untuk setiap detik.

3. Gambarkan grafik jarak terhadap waktu pada kertas berpetak.

Jawaban:

Jarak (m) terhadap waktu (detik)

4. Apakah hasilnya menggambarkan bentuk parabola?

Jawaban:

Hasilnya menggambarkan bentuk parabola tidak utuh.

 

Eksplorasi 6.2.

Menyelidiki fungsi kuadrat terbuka ke bawah

Bola dijatuhkan dari keadaan diam pada posisi 0. Lintasan bola diberikan dalam gambar.

Gambar 6.4 Lintasan Bola

1. Lengkapi tabel dengan menggunakan penggaris.

Jawaban:

Jawaban:

Jarak tempuh bertambah jika waktu bertambah tetapi pertambahan tidak sama untuk setiap detik.

2. Gambarkan grafik posisi terhadap waktu pada kertas berpetak.

Jawaban:

Jarak (m) terhadap waktu (detik)

3. Mengapa posisi menggunakan tanda negatif?

Jawaban:

Posisi menggunakan tanda negatif karena gerak benda berada di bawah titik O.

4. Apakah hasilnya menggambarkan bentuk parabola?

Jawaban:

Bentuk grafik merupakan parabola tidak utuh.

Kaitkan hasil eksplorasi siswa dengan menunjukkan bahwa bentuk grafik adalah setengah parabola.

 

Eksplorasi yang barusan kalian lakukan berkaitan dengan apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kalian perlu eksplorasi fungsi kuadrat yang lebih mendalam untuk menemukan hal-hal yang sangat menarik.

Sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu contoh di bawah ini.

1. Buatlah grafik fungsi f(x) = x² dengan cara:

a. Melengkapi Tabel 6.1

Jawaban:

Menggambar Grafik

b. Plot setiap titik pada Tabel 6.1 ke dalam sistem koordinat. Koordinat titik yang didapatkan dari Tabel 6.1 adalah (-2,4), (-1,1), (0,0), (1,1), dan (2,4)

Jawaban:

c. Hubungkan titik-titik dalam sistem koordinat sehingga didapatkan grafik fungsinya.

Jawaban:

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *