Jawaban Ayo Mencoba dan Berpikir Kritis halaman 53 Menemukan Konsep Pythagoras Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Ayo Mencoba dan Berpikir Kritis halaman 53 Menemukan Konsep Pythagoras Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman 53. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teorema Pythagoras. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Menemukan Konsep Pythagoras

Ayo Mencoba

Sebagai stimulus kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari Teorema Pythagoras dan memveriikasi kebenarannya. Pembuktian Teorema Pythagoras erat kaitannya dengan luas persegi dan segitiga. Pythagoras menunjukkan bahwa kuadrat dari panjang sisi miring suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat dari panjang sisi lainnya. Untukmemeriksa akurasi, gunakan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Sediakan kertas HVS (atau kertas berpetak), kertas karton, pensil, penggaris, dan gunting.

2. Buatlah tiga buah persegi dari kertas yang sudah disediakan dengan panjang sisi setiap persegi adalah a = 3 satuan (3 kotak), b= 4 satuan, dan c = 5 satuan. Kemudian guntinglah ketiga persegi itu.

3. Tempel ketiga persegi tersebut di karton sedemikian sehingga dua dari empat sudut mereka saling berimpit dan membentuk segitiga di dalamnya. Tampak pada Gambar 2.3. Segitiga apakah yang terbentuk?

Gambar 2.3  Bangun Datar Pembuktian Teorema Pythagoras

4. Perhatikan luas ketiga persegi. Apakah luas persegi yang terbesar sama dengan jumlah dua luas persegi yang lebih kecil?

5. Ulangi langkah nomor 2 dan 3 dengan membuat persegi yang berukuran a = 6 satuan, b = 8 satuan, dan c = 10 satuan.

6. Setelah melakukan kegiatan tersebut, apa yang dapat kalian ketahui tentang hubungan nilai a, b, dan c?

Untuk lebih meyakinkan kalian tentang hubungan nilai a, b, dan c, lanjutkan dengan kegiatan berikut.

7. Pada kertas berpetak, gambar tiga segitiga siku-siku ABC dengan tiga ukuran yang berbeda.

a. AB = 5 satuan, BC = 12 satuan

b. AB = 8 satuan, BC = 15 satuan

c. AB = 9 satuan, BC = 12 satuan

8. Ukurlah panjang sisi yang ketiga dari setiap segitiga.

9. Lengkapi tabel berikut berdasarkan ketiga segitiga yang telah kalian buat.

Ayo Berpikir Kritis

Memperhatikan kegiatan Ayo Mencoba, tunjukkan hubungan yang kalian temukan antara luas persegi pada sisi miring dengan dua persegi lain pada sisi siku-sikunya? Selanjutnya, hubungan apakah yang dapat kalian temukan antara kuadrat dari sisi miring dengan kuadrat sisi lainnya?

Jawaban:

1. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati kegiatan Ayo Berpikir Kritis. Buat siswa saling berpasangan untuk bekerja sama supaya lebih meningkatkan pemahaman satu sama lain.

2. Guru dapat memberikan ilustrasi yang sudah diberikan ataupun dapat memberikan ilustrasi lain, yang dapat membantu siswa menemukan hubungan dari hasil pengamatan setelah melakukan kegiatan Ayo mencoba. Berikut alternatif yang dapat guru gunakan.

a. AB = 5 satuan, BC = 12 satuan

b. AB = 8 satuan, BC = 15 satuan

c. AB = 9 satuan, BC = 12 satuan

3. Berikan hasil perhitungan seperti kolom pada poin 2 kepada siswa, Guru bisa mengosongi bilangan yang kosong pada tabel, supaya siswa dapat berpikir kritis. Selanjutnya, siswa dapat menentukan hubungan dari bilangan-bilangan yang sudah ada, seperti.

a. 13² = 5² + 12²
AC² = AB² + BC²

b. 17² = 15² + 8²
AC² = AB² + BC²

c. 15² = 12² + 9²
AC² = AB² + BC²

Tugas guru dapat memberikan perhitungan lain, misalkan menggunakan bilangan-bilangan yang berbentuk bilangan desimal ataupun bilangan yang lain.

4. Instruksikan kepada setiap pasangan untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dilanjutkan memberikan kesimpulan.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *