Jawaban Ayo Berpikir Kritis halaman 73 Tripel Pythagorast Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Ayo Berpikir Kritis halaman 73 Tripel Pythagorast Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman 73. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teorema Pythagoras. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Tripel Pythagoras

Tangram
Tangram adalah jenis permainan pola yang terdiri dari tujuh buah atau potongan yang terpisah. Istilah Tangram dapat diartikan sebagai tujuh papan keterampilan. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menyusun kembali tujuh buah potongan yang ada menjadi pola atau gambar yang utuh dalam berbagai bentuk sesuai dengan outline atau siluet yang diberikan.
Gambar 2.6 Tangram
Permainan Tangram merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan mental, dan mudah dimainkan serta cocok untuk segala usia. Permainan ini dapat melatih imajinasi untuk membentuk bangun lain seperti bentuk geometris, huruf, angka, perahu, hewan dan benda lain.

Contoh 2.3

Sebagai latihan untuk menambah pemahaman, perhatikan contoh berikut.

1. Putri suka sekali dengan tumbuhan sehingga saat pergi ke suatu tempat selalu memperhatikan taman yang menurutnya bagus. Gambar taman di bawah ini dilihat oleh Putri dan dia berkeinginan untuk membuat seperti taman tersebut di rumahnya. Taman tersebut berbentuk segitiga, karena di rumahnya tempat kosong untuk taman berbentuk segitiga siku-siku, maka dia ingin membuktikan apakah taman di tempat yang ditemuinya itu juga berbentuk segitiga siku-siku atau bukan. Setelah diukur panjang sisi taman adalah 4 meter, 5 meter, dan 6 meter.

Alternatif penyelesaian
Misalkan sisi terpanjang adalah c, maka :
a= 5m, , b= 4m dan c= 6m
c² = 6² = 36
a² + b² = 5² + 4²
= 25 + 16
= 41
Karena c² ≠ a² + b², maka segitiga tersebut bukan segitiga siku-siku.
Nilai c² < a² + b², maka segitiga tersebut adalah segitiga lancip.

2. Perhatikan gambar berikut.

DG = = 10 24 cm, GE cm , dan FG = 15 cm .
a. Hitunglah panjang DF dan EF.
b. Tentukan jenis Segitiga DEF .
Alternatif penyelesaian

a.Hitunglah panjang DF dan E

DF² = DG² + GF²
       = 10² + 15²
   DF² = 100 + 225
       = 325
   DF  = V325
  EF² = FG² + GE²
      = 15² + 24²
  EF² = 225 + 576
      = 801
   EF = V801

b. Pada Segitiga DEF , sisi terpanjang adalah DE. Sehingga

DE² = (10 + 24)²
    = 34²
    = 1156
DF² + EF² = 325 + 801
          = 1126
Karena DE² > DF² + FE², maka Segitiga DEF adalah segitiga tumpul di F.
Ayo Berpikir Kritis
Pak Ahmad menyampaikan bahwa bilangan-bilangan yang memenuhi tripel Pythagoras didapat dengan cara lain seperti berikut.
a. Pilihlah sebarang bilangan ganjil yang dimisalkan sebagai panjang sisi terpendek dari suatu segitiga
b. Gunakan rumus M = (S² – 1)/2
S = panjang sisi terpendek
M = sisi tegak lainnya
c. Berdasarkan langkah sebelumnya, kalian sudah mendapatkan sisi tegak lain dari suatu segitiga
d. Hitunglah panjang hipotenusa menggunakan rumus c² = a² + b²

Setujukah kalian dengan pak Ahmad? Mengapa aturan tersebut juga hanya berlaku jika sisi terpendeknya adalah bilangan ganjil?

Jawaban:
Pada kegiatan ini, guru meminta siswa untuk melakukan pembuktian terhadap rumus yang diberikan. Apakah rumus tersebut dapat digunakan untuk menentukan Tripel Pythagoras.
Berikut petunjuknya.
a. Pilihlah sebarang bilangan ganjil yang dimisalkan sebagai panjang sisi terpendek dari suatu segitiga
b. Gunakan rumus M = (S² – 1)/2 = (S² – 1)/2 = 8/2 = 4
S = 3
M = 4
c. Berdasarkan langkah sebelumnya, kalian sudah mendapatkan sisi tegak lain dari suatu segitiga
d. Panjang hipotenusa dimisalkan c, maka
c² = 4² + 3²
c = V(16 + 9)
c = V25 = 5, sehingga pasangan bilangan 3, 4, dan 5 adalah Tripel Pythagoras

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *