Jawaban Ayo Berpikir Kreatif halaman 19 Hubungan Bilangan Pangkat dan Akar Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Ayo Berpikir Kreatif halaman 19 Hubungan Bilangan Pangkat dan Akar Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 19. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 1 Eksponen dan Logaritma. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Hubungan Bilangan Pangkat dan Akar

Perhatikan kembali Contoh 5 sebelumnya. Fungsi eksponen yang menyatakan peluruhan dosis obat di dalam tubuh pasien adalah dalam fungsi f(x) = 50.(0,5) pangkat x, dengan x adalah waktu yang dibutuhkan obat tersebut untuk meluruh sebanyak setengah dosis dari dosis sebelumnya. Jika kalian ingin mengetahui banyaknya dosis yang meluruh setelah 30 menit, bagaimana cara yang kalian lakukan?

Fungsi untuk permasalahan tersebut adalah f(x) = 50 (0,5) pangkat x

Setelah 30 menit, banyak dosis obat yang meluruh adalah f(1/2) = 50.(0,5) pangkat ½

Akan mudah bagi kalian untuk menentukan hasil penghitungan dengan pangkat bilangan bulat positif. Sementara bentuk (0,5) pangkat ½ tentu menyulitkan untuk menentukan hasil perpangkatannya dengan penghitungan manual.

Bentuk lain dari (0,5) pangkat½ adalah √0,5. Hal ini disebut bentuk akar. Bentuk akar didefinisikan sebagai berikut.

Contoh 6

Ayo Berpikir Kreatif

Apakah bentuk √a+b = √a + √b benar? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban:

Bentuk √a+b = √a + √b tidak benar karena misalkan kalian mengambil nilai a = 4 dan b = 9, maka memperoleh:

√16+9 = √25 = 5

√16 + √9 = 4 + 3 = 7

Siswa boleh mengambil bilangan lainnya dan membuktikan bahwa hal tersebut tidak berlaku.

Merasionalkan Bentuk Akar

Supaya merasionalkan bentuk akar, maka yang dapat dilakukan adalah dengan mengalikannya dengan bentuk akar sekawannya.

Untuk merasionalkan bentuk a/√b dapat melakukan dengan cara mengalikan dengan sekawannya yaitu √a/√b , sehingga diperoleh:

dengan mengalikannya dengan sekawannya. Bentuk √a + √b dan √a – √b adalah sekawan, serta bentuk a + √b dan a – √b juga sekawan.

Ayo Berpikir Kreatif


Jawaban:

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *