ohgreat.id-Jawaban Ayo Berlatih halaman 10 Bilangan Berpangkat Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman 10. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka BAB 1 Bilangan Berpangkat. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Bilangan Berpangkat
Ayo Berlatih
1. Tulislah dalam bentuk bilangan berpangkat.
a. 0,5 × 0,5 × 0,5 × 0,5 = ………..
b. (-6)×(-6)×(-6) ×(-6) ×(-6) = …………
c. 5 × 5 × 5 × 5 × a × a × a =………
d. (-3b)×(-3b)×(-3b)×(-3b) = …………
e. (2×2)×(2×2)×(2×2) = ………..
Jawaban:
a. 0,5×0,5×0,5×0,5 = 0,0625 = 0,5^4
b. (-6)×(-6)×(-6) ×(-6) ×(-6) = -7.776 = (-6)^5
c. 5×5×5×5×a×a×a = 625a^3 = 5^4 a^3
d. (-3b)×(-3b)×(-3b)×(-3b) = (-3)^4 b^4
e. (2×2)×(2×2)×(2×2) = 64 = 4^3
2. Nyatakan bilangan berpangkat berikut dalam perkalian berulang.
a. (3a)^3
b. (-6y)^4
c. (1,5a)^3
d. (xyz)^3
Jawaban:
a. (3a)^3 = (3a)×(3a)× (3a)
b. (-6y)^4 = (-6y)×(-6y) ×(-6y) ×(-6y)
c. 1,5^5 = 1,5×1,5 ×1,5×1,5×1,5
d. (xyz)^3 = (xyz) × (xyz) × (xyz)
3. Tentukan hasil dari bilangan berpangkat berikut.
a. (-3)^6
b. (-5)^5
c. 2^3 y^4
d. (2/5)^3
Jawaban:
a. (-3)^6 = (-3)× (-3)× (-3)× (-3)× (-3)× (-3) = 729
b. (-5)^5 = (-5)× (-5)× (-5)× (-5)× (-5) = – 3.125
c. 2^3 y^4 = 8y^4
d. (2/5)^3 = 8/125
4. Tentukan nilai x dari persamaan berikut.
a. 3^x = 81
b. 6^x = 1.296
c. x^5 = 3.125
d. 4^x = 4.096
Jawaban:
a. 3^x = 81 x = 3
b. 6^x = 1296 x = 4
c. x^5 = 3125 x = 5
d. 4^x = 4096 x = 6
Ayo Berkomunikasi
5. Coba diskusikan dengan temanmu.
Tentukan bilangan mana yang lebih besar : 2022^2023 atau 2023^2022
Jawaban:
Petunjuk : gunakan bilangan kecil perbandingan, misalnya 3^4 dengan 4^3 ternyata lebih besar 34, sehingga 2022^2023 lebih besar daripada 2023^2022
Ayo Berpikir Kritis
6. Dua temanmu punya pendapat, yaitu
a. Dwi Lestari berpendapat bahwa (3a)^4 nilainya sama dengan 3a^4. Bagaimana menurut pendapat kalian? Coba jelaskan alasan kalian.
Jawaban:
(3a)^4 = (3a) x (3a) x (3a) x (3a) = 81a^4
3a^4 = 3a^4
Jelas tidak sama karena (3a)^4 semua yang ada di dalam kurung dipangkatkan, sedangkan 3a^4 yang dipangkatkan hanya a saja.
b. Christina berpendapat bahwa
1) -(5×5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)×(-5)
2) -(5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)
Bagaimana menurut kalian? Coba jelaskan pendapat kalian.
Jawaban:
1) -(5×5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)×(-5)
-(5×5×5×5) tidak senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)×(-5),
karena -(5×5×5×5) = -625, sedangkan (-5)×(-5)×(-5)×(-5) = 625
2) -(5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5)
-(5×5×5) senilai dengan (-5)×(-5)×(-5),
karena -(5×5×5) = -125 dan (-5)×(-5)×(-5) = -125
Ayo Berpikir Kritis
7. Apa yang dapat kalian simpulkan dari a^n
a. Jika a bilangan negatif, dan n bilangan genap?
Jawaban:
Hasilnya adalah bilangan bulat positif
b. Jika a bilangan negatif, dan n bilangan ganjil?
Jawaban:
Hasilnya adalah bilangan bulat negatif
8. Apa yang dapat kalian simpulkan dari a^b
a. Jika a bilangan genap, dan b bilangan genap?
Jawaban:
a^b = bilangan genap
b. Jika a bilangan genap, dan b bilangan ganjil?
Jawaban:
a^b = bilangan genap
c. Jika a bilangan ganjil, dan b bilangan genap?
Jawaban:
a^b = bilangan ganjil
d. Jika a bilangan ganjil, dan b bilangan ganjil?
a^b = bilangan ganjil
9. Tim Peneliti dari salah satu Universitas terkemuka di Indonesia sedang melakukan penelitian wabah yang melanda di dua desa x dan desa y. Ternyata tim peneliti menemukan dua virus yang berbeda sebagai penyebab dari wabah tersebut. Setelah diteliti di Laboratorium, diperoleh fakta bahwa virus di desa x dapat membelah menjadi 2 virus setiap 1 menit, sementara virus di desa y dapat membelah menjadi 3 bagian setiap 2 menit.
a. Tentukan banyak virus yang ada di desa x dan di desa y yang ada setelah 10 menit dan nyatakan dalam bentuk bilangan berpangkat.
Jawaban:
Banyak virus di desa x adalah 1.024 = 2^10, sementara banyak virus di desa y adalah 243 = 3^3
b. Setelah sehari apakah banyak virus di desa y melebihi dari banyak virus di desa x? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban:
Banyak virus di desa y tidak akan melebihi banyak virus di desa x, karena 2^n akan lebih banyak daripada 3^n.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***