Jawaban Aktivitasku Halaman 115 Menulis dan Menghafalkan Hadits Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitasku Halaman 115 Menulis dan Menghafalkan Hadits Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 halaman 115. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tīn dan Hadis tentang Silaturahm. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tīn dan Hadis tentang Silaturahmi

Aktivitasku

1. Salinlah hadis berikut!

Menulis hadis sama seperti menulis Al-Qur’an. Mulailah dari sebelah kanan ke kiri!

…………ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ………

2. Hafalkan hadis tersebut beserta artinya! Tunjukkan hafalanmu di depan Bapak/Ibu guru! (Kamu boleh menunjukkan hafalan dalam bentuk video dengan bimbingan orang tuamu di rumah.)

Jawaban:

Rasulullah SAW bersabda:

مَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أوْ لِيَصْمُتْ

Artinya: Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam” (HR Bukhari).

Ada beberapa cara untuk menghafal Hadits, yaitu:

a. Mengambil satu hadits yang akan dihafal lalu dibaca tiga kali dengan membenarkan kesalahan penulisan jika ditemukan, lalu bacaan diulang sebanyak 10 kali dengan bacaan cepat.

b. Mengulang 10 sampai 20 kali hadits tersebut dengan melihat tulisan, lalu ulanglah hadits sebanyak 10 sampai 30 kali tanpa melihat tulisannya.

c. Usahakan untuk mengulangnya di setiap keadaan, baik itu berdiri, duduk, sebelum tidur, bahkan saat kamu melangkahkan kaki ke masjid untuk shalat.

d. Tetaplah mengulang-ulang hafalan sampai 100 kali. Tiap kali bertambah jumlah pengulangan, maka hafalan semakin mendarah daging dalam ingatan.

e. Setiap orang tentu berbeda-beda dalam kecepatan mengahafal, namun dengan usaha, doa, dan niat yang baik, maka akan mendapat ganjaran yang baik pula. InsyaAllah.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar