Jawaban Aktivitas 7.3 Halaman 205 Planet atau Satelit? Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitas 7.3 Halaman 205 Planet atau Satelit? Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 205. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 7 Bumi dan Tata Surya. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 7.3

Ayo Duga

Planet atau Satelit?

Sebelum mengenal beberapa satelit alami yang ada di Tata Surya, buatlah dugaan berdasarkan pengetahuan yang sudah kalian miliki.

1. Apa pengaruh adanya satelit pada planet yang memilikinya?

Jawaban:

Pengaruh Satelit pada suatu planet sangat berpengaruh besar pada keadaan planet itu sendiri. Satelit bisa mempengaruhi gaya gravitasi dari planet dan juga mempengaruhi pasang surut cairan di planet tersebut seperti pada planet Bumi.

2. Bagaimana karakteristik satelit? Apa yang membedakannya dari planet?

Jawaban:

Karakteristik satelit berukuran lebih kecil dari pusat planet yang dilaluinya.

Yang membedakan satelit dengan planet selain dari ukurannya yaitu, satelit selalu berorbit pada planetnya karena memiliki lingkaran orbit dan revolusi yang bertumpu pada planet induknya.

Penejelasan:

Planet

Planet adalah benda angkasa yang tidak memiliki cahaya nya sendiri dan  memiliki bentuk seperti bulatan. Planet-planet yang ada di tata surya bergerak mengelilingi sebuah bintang. Bintang yang dikelilingi oleh para planet adalah matahari. Sebagian besar planet memiliki pengikut atau pengiring. Pengikut tersebut memiliki nama satelit, yang beredar mengelilingi setiap planet.

Satelit

Satelit adalah benda langit kecil yang beredar mengelilingi benda langit lebih besar (planet), serta berada dalam gaya tarik benda langit yang lebih besar. Bersama-sama dengan planetnya, satelit beredar mengelilingi matahari dengan arah peredaran sama dengan arah peredaran planetnya. Bidang edarnya juga hampir berimpit dengan bidang edar planetnya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar