Jawaban Aktivitas 6.3 Halaman 170 Membuat Rantai Makanan Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitas 6.3 Halaman 170 Membuat Rantai Makanan Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 170. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah proses perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya melalui peristiwa makan dan dimakan.

Berdasarkan Gambar di atas tumbuhan berperan sebagai produsen karena mampu membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. Adapun belalang, katak, ular dan elang disebut konsumen karena mendapatkan makanan dari organisme lainnya. Belalang berperan sebagai konsumen I, katak sebagai konsumen II, ular sebagai konsumen III dan elang sebagai konsumen IV (konsumen puncak). Jika semua makhluk hidup tersebut mati, maka akan diuraikan menjadi senyawa anorganik melalui proses penguraian oleh organisme dekomposer. Contoh dekomposer adalah bakteri dan jamur.

Tidak semua energi berpindah dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Hanya sekitar 10% energi yang berpindah dari satu trofik ke trofik berikutnya. Lalu kemanakah energi tersebut? Ada energi yang hilang dalam bentuk panas, ada sebagian energi yang masih tersimpan dalam feses, dan tidak semua bagian makhluk hidup di makan oleh trofik di atasnya.

Faktanya di lapangan, rantai makanan tidak berdiri sendiri. Beberapa rantai makanan di dalam suatu ekosistem saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan seperti pada di bawah ini. Semakin kompleks jaring-jaring makanan yang terbentuk, semakin tinggi tingkat kestabilan suatu ekosistem.

Aktivitas 6.3

Ayo Buat

Membuat Rantai Makanan

Pergilah kalian ke kebun sekolah, kolam sekolah atau taman sekolah. Catat nama ekosistem yang kalian amati. Amati secara teliti makhluk hidup yang terdapat di dalamnya. Lalu jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa nama ekosistem yang diamati?

Jawaban:

Ekosistem yang kita amati Ekosistem Kebun/Taman sekolah

2. Makhluk hidup apa saja yang dapat ditemukan?

Jawaban:

Makhluk hidup yang kita temukan rumput, tanaman, ulat/cacing, tikus, belalang, burung, dll

3. Buatlah rantai makanan yang mungkin terjadi di ekosistem tersebut.

Jawaban:

Rumput → Belalang atau ulat → Burung pipit → Elang → Pengurai

Keterangan:

a. PRODUSEN: rumput

b. KONSUMEN T1: belalang atau bisa juga ulat

c. KONSUMEN T2: burung pipit

d. KONSUMEN T.atas: elang

e. PENGURAI: bakteri/mikroba

4. Presentasikan temuan kalian dalam bentuk media kreatif.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *