Jawaban Aktivitas 5.5 halaman 106 Faktor Yang Mendukung Kemajuan Bani Umayyah di Damaskus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitas 5.5 halaman 106 Faktor Yang Mendukung Kemajuan Bani Umayyah di Damaskus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 106. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 5 Damaskus: Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 M). Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 5.5

Cari informasi mengenai faktor-faktor yang mendukung kemajuan pada Bani Umayyah di Damaskus! Informasi ini dapat ditemukan pada buku atau sumber lain. Tugas kalian ditulis pada buku tugas.

Jawaban:

Faktor-Faktor yang Mendukung Kemajuan Pada Bani Umayyah di Damaskus

1. Faktor Politik

a. Pindahnya ibu kota negara dari Syam ke Irak dan Baghdad sebagai ibu kotanya ( 146 H).

b. Banyaknya cendikiawan yang diangkat menjadi pegawai pemerintahaan dan istana. Kholifah- kholifah Abbasiyah, misalnya Al Mansur, banyak mengangkat pegawai pemerintahan dan istana dari cendikiawan- cendikiawan Persia.

c. Mengakui Mu’tazilah sebagai madzhab resmi negara pada masa kholifah al Ma’mun pada tahun 827 M.

2. Faktor Sosiografi

a. Meningkatnya kemakmuran umat islam pada waktu itu.

b. Luasnya wilayah kekuasaan islam, yang menyebabkan banyak orang Persia dan Romawi yang masuk Islam kemudian menjadi muslim yang taat.

c. Pribadi beberapa kholifah pada masa itu, terutama pada maasa dinasti Abbasiyah I, seperti Al Mansur, Harun Al Rasyid dan Al Ma’mun yang sangat mencintai ilmu pengetahuan sehingga kebijaksanaannya banyak ditujukan pada kemajuan ilmu pengetahuan.

d. Diadakannya pengaturan, pembukuan, dan pembidangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu naqli seperti kedokteran, mantiq dan ilmu- ilmu riyadliyat, telah dimulai oleh umat islam dengan metode yang teratur.

3. Aktivitas Ilmiah

a. Penyusunan buku- buku ilmiah

b. Penerjemahan

c. Pensyarahan

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan

a. Kemajuan ilmu agama

b. Kemajuan ilmu- ilmu umum

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar