Jawaban Aktivitas 5.3 halaman 143 Identifikasi Hewan Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitas 5.3 halaman 143 Identifikasi Hewan Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 143. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Klasifikasi Makhluk Hidup

Aktivitas 5.3

Identifikasi Hewan

Identifikasi hewan berikut atau hewan yang ada di lingkungan sekolah dengan menggunakan kunci determinasi format tabel.

Gambar 5.13 Cendrawasih dan ular sanca

Sumber: wikipedia.org/Roderick Eime (2004); unsplash.com/Joshua J. Cotten (2019)

1. Tulislah hasil identifikasi untuk setiap jenis hewan yang diamati.

Jawaban:

a. Cendrawasih

Memiliki tulang belakang (Vertebrata)

Tidak memiliki rambut

Memiliki bulu (Kelas Aves)

b. Sanca

Memiliki tulang belakang (Vertebrata)

Tidak memiliki rambut

Tidak memiliki bulu

Memiliki kulit kering (Kelas Reptilia)

2. Bagaimana karakteristik hewan yang diamati dengan menggunakan kunci determinasi format tabel?

Jawaban:

a. Cenderawasih:

1b : Memiliki tulang belakang (Vertebrata)

2b : Tidak memiliki rambut

3a : Memiliki bulu

b. Sanca:

1b : Memiliki tulang belakang (Vertebrata)

2b : Tidak memiliki rambut

3b : Tidak memiliki bulu

4a : Memiliki kulit kering (Kelas Reptilia)

 

Penjelasan:

Kunci Determinasi adalah petunjuk yang dapat berfungsi untuk menentukan famili, ordo, genus atau spesies pada hewan dan tumbuhan. Kunci ini terdiri dari sederetan pernyataan yang terdiri dari dua baris dan berisi deskripsi dari ciri-ciri organisme yang tersajikan dengan ciri yang berlawanan.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk membuat kunci determinasi, termasuk kunci harus dikotom (bertentangan), sehingga satu bagian dapat diterima, sedangkan yang lain ditolak.

Hal lainnya yang perlu kita perhatikan adalah ciri dari makhluk hidup itu sendiri. Masukkan ciri yang mudah kita amati. Deskripsikan karakter dengan istilah umum sehingga dapat dimengerti oleh orang. Gunakan kalimat sesingkat mungkin. Lalu, beri nomor pada setiap kuplet. Kata pertama dari setiap pernyataan dalam satu kuplet juga harus identik.

Dalam membuat kunci determinasi haruslah  secara bertahap, mulai dari bangsa, suku, marga, atau jenis dan seterusnya. Ciri-ciri tumbuhan tersusun sedemikian rupa sehingga selangkah demi selangkah si pemakai kunci memilih satu diantara dua atau beberapa sifat yang bertentangan. Demikian seterusnya, sampai akhirnya mendapatkan suatu jawaban berupa identitas tumbuhan yang kita inginkan.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *