Jawaban Aktivitas 4.1 halaman 116 Balapan Berpindah Posisi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitas 4.1 halaman 116 Balapan Berpindah Posisi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 116. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Gerak dan Gaya. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Gerak dan Gaya

Aktivitas 4.1

Balapan Berpindah Posisi

Ajaklah dua orang teman kalian untuk adu balap pindah posisi tempat duduk. Kalian dapat menyusun empat bangku dengan jarak yang berbeda-beda. Ajak teman kalian untuk melakukan hal yang sama. Kalian dapat mengetahui jarak tempuh dari bangku pertama hingga bangku ketiga atau terakhir dengan menghitung banyaknya langkah kaki yang diperlukan. Saat kalian dan teman kalian adu balap pindah posisi dari satu bangku ke bangku terakhir dengan berjalan cepat, gunakan stopwatch atau jam tangan untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai bangku terakhir. Apakah kalian mendapatkan kelajuan dari gerakan langkah kaki yang kalian lakukan? Coba bandingkan dengan kelajuan langkah kaki teman kalian.

Gambar 4.6 Ilustrasi balapan berpindah posisi

Jawaban:

Melalui kegiatan balapan pindah posisi, kelajuan dapat kita hitung dari gerakan langkah kaki yang mereka lakukan.

Ketika saya membandingkan dengan kelajuan kaki teman, teman yang memiliki tinggi badan yang lebih tinggi dari saya akan cenderung memiliki kelajuan yang lebih besar.

Hal ini terjadi karena ketika berjalan, orang yang lebih tinggi biasanya memiliki langkah kaki yang lebih panjang.

Dengan panjangnya langkah kaki yang lebih besar, maka akan menempuh jarak yang lebih jauh dalam waktu yang sama dengan orang yang memiliki tinggi badan yang lebih pendek.

Sehingga, orang yang lebih tinggi akan memiliki kecepatan yang lebih besar dalam melakukan gerakan langkah kaki tersebut.

Namun, kelajuan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya seperti kondisi fisik, kesehatan, dan faktor lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, selain tinggi badan, terdapat juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi kelajuan seseorang.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar