Jawaban Aktivitas 10.1 Halaman 265 Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan Tartil dan Perhatikan Makhraj serta Hukum Bacaannya Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Aktivitas 10.1 Halaman 265 Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan Tartil dan Perhatikan Makhraj serta Hukum Bacaannya Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10 halaman 265. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 10 Peran Tokoh Ulama dalam Penyebaran Islam di Indonesia (Metode Dakwah Islam Oleh Wali Songo di Tanah Jawa). Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 10.1

Ayo Tadarus

Sebelum memulai pelajaran, marilah kita tadarus Al-Qur`an terlebih dahulu!

1. Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 berikut ini secara bersama-sama dengan tartil!

Jawaban:

Bacalah Q.S. an-Nahl/16: 25 dengan tartil

Ali bin Abi Thalib dalam Syarh Mandhumah al Jazariyah, tartil adalah mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat berhentinya. Lalu, menurut Abu Ishaq dalam Lisan al Arab, tartil adalah membaca dengan jelas. Hal ini tidak bisa dilakukan jika membaca terburu-buru. Membaca Al Qur’an dengan jelas hanya bisa jika menyebut semua huruf, dan memenuhi cara pembacaan huruf dengan benar.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ternyata menganjurkan membaca dengan tartil . Selain itu, dalam ayat Al Qur’an sendiri, Allah juga menganjurkan membaca dengan tartil . Dalam Al Qur’an surat al Muzammil: 4 berbunyi, “Dan bacalah Al Qur’an itu dengan tartil.”

Inti dari membaca dengan tartil adalah membaca dengan pelan-pelan, jelas setiap hurufnya, tanpa berlebihan, demikian dikutip dari Kitab al Adab as Syalhub.

Surat An-Nahl Ayat 25

لِيَحْمِلُوٓا۟ أَوْزَارَهُمْ كَامِلَةً يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۙ وَمِنْ أَوْزَارِ ٱلَّذِينَ يُضِلُّونَهُم بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ أَلَا سَآءَ مَا يَزِرُونَ

Arab-Latin: Liyaḥmilū auzārahum kāmilatay yaumal-qiyāmati wa min auzārillażīna yuḍillụnahum bigairi ‘ilm, alā sā`a mā yazirụn

Artinya: (ucapan mereka) menyebabkan mereka memikul dosa-dosanya dengan sepenuh-penuhnya pada hari kiamat, dan sebahagian dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan). Ingatlah, amat buruklah dosa yang mereka pikul itu.

2. Perhatikan makhraj dan hukum bacaannya!

Jawaban:

 Perhatikan Makhraj dan Hukum Bacaan

Makhorijul huruf adalah merupakan tepat keluarnya huruf dalam melafalkan huruf al-Qur’an. Pengertian makhraj dari segi bahasa adalah tempat keluar. Sedangkan dari segi istilah makhraj dapat berarti tempat keluarnya huruf. Mengetahui tempat keluarnya huruf-huruf hijaiyyah adalah sangat penting karena hal ini menjadi dasar dalam melafadkan huruf hijaiyyah secara benar.

Pengertian di atas dapat kita pahami bahwa makhraj merupakan tempat keluarnya huruf-huruf yang sudah ditentukan yaitu uruf hijaiyyah, dimana dalam membaca al-Qur’an makhorijul Qur’an harus kita ketahui dan benar-benar kita pahami dalam rangka untuk menciptakan bacaan al-Qur’an yang baik dan benar.

Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 25

Keterangan:

1,2 dan 4 Hukum bacaan Ikhfa, Ikhfa Syafawi, Mad Jaiz Munfasil dan Mad Silah Tawilah

3 Hukum Bacaan Idgham Bigunnah, Mad Lazim, Idgham Mimi+ Gunnah, Mad Farq

5 Hukum Bacaan Iqlab dan Mad wajib Muntasil

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *