Ayo Bereksplorasi halaman 151 Penyajian Relasi Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Ayo Bereksplorasi halaman 151 Penyajian Relasi Matematika Jilid 2 SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP/Mts Kelas 8 halaman151. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika Jilid 2 SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Relasi dan Fungsi. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Relasi dan Fungsi

Penyajian Relasi

Ayo Bereksplorasi

Hasil pengumpulan informasi mata pelajaran favorit oleh lima siswa kelas VIII dapat disajikan pada Tabel 4.1 berikut.

Tabel 4.1 Mata Pelajaran Favorit Siswa Kelas VIII

Silakan diskusikan untuk mempresentasikan temuan data topik yang diinginkan dalam tiga cara yang berbeda, yaitu: (1) diagram panah, (2) himpunan pasangan berurutan, dan (3) pemaparan koordinat.

Pembahasan

Informasi data pada Tabel 4.1 di halaman sebelumnya, dapat disajikan dengan tiga cara, yaitu cara diagram panah, cara diagram Cartesius, atau cara himpunan pasangan berurutan. Berikan perhatian khusus pada deskripsi berikut untuk memahami informasi data tersebut.

Misalkan himpunan A = {Aisyah, Burhan, Cintia, Durahman, Eiman}, himpunan B = {Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Kesenian, Keterampilan, Olahraga}, dan “mata pelajaran favorit” adalah relasi antara himpunan A dan B.

Cara Pertama: Diagram Panah

Pada Gambar 4.5 menunjukkan adanya relasi “mata pelajaran favorit” dari himpunan A ke himpunan B. Anak panah mewakili anggota himpunan A yang terkait dengan anggota himpunan B.

Gambar 4.5 mata pelajaran favorit

Cara Kedua: Pemaparan Koordinat

Pemaparan Koordinat adalah pendekatan kedua untuk menggambarkan hubungan antara himpunan A dan B. Anggota himpunan A berada pada sumbu horizontal, sedangkan anggota himpunan B berada pada sumbu vertikal. Noktah atau titik melambangkan setiap pasangan anggota himpunan A yang terhubung dengan anggota himpunan B. Pada Gambar 4.5 menunjukkan pemaparan koordinat dari relasi “mata pelajaran favorit” berdasarkan data pada Tabel 4.1.

Gambar 4.6 Pemaparan Koordinat Favorit

Cara Ketiga: Himpunan Pasangan Berurutan

Jika data pada Tabel 4.1 di atas disajikan dengan cara pasangan berurutan, maka data tersebut dapat ditulis seperti uraian berikut.

Berikut ini penulisan dengan cara Himpunan Pasangan Berurutan dari himpunan A ke himpunan B.

{(Aisyah, Matematika), (Aisyah, IPA), (Burhan, IPA), (Burhan, IPS),
(Burhan, Kesenian), (Cintia, Keterampilan), (Cintia, Olahraga),
(Durahman, Bahasa Inggris), (Durahman, Kesenian), (Eiman,
Matematika), (Eiman, IPA), (Eiman, Keterampilan)}

Penyajian pada uraian tersebut di atas mengilustrasikan bahwa ada tiga macam cara yang dapat digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara himpunan A dan B.

Contoh 4.4

Apabila diketahui suatu himpunan A = {2, 3, 5}; himpunan B ={1, 4, 5, 6}; dan relasi dari A ke B adalah “kurang dari”, maka coba diskusikan bentuk relasi dari kedua himpunan tersebut:

1. sajikan dengan cara diagram panah, lalu tentukan: domain, kodomain dan range;

2. sajikan dengan cara koordinat Cartesius;

3. sajikan dengan cara himpunan pasangan berurutan.

Alternatif penyelesaian

1. diagram panah

Domain = {2, 3, 5}

Kodomain = {1, 4, 5, 6}

Range = {4, 5, 6}

2. koordinat Cartesius

3. himpunan pasangan berurutan

Himpunan pasangan berurutan = {(2,4) ; (2,5) ; (2,6) ; (3,4) ; (3,5) ; (3,6) ; (5,6)}

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan komentar